48 Anggota Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan Dilantik

Advertisement
PURWOREJO, (pituruhnews.com) - Bawaslu Kabupaten Purworejo melantik 48 anggota Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Pamwascam), pada Senin, 23/12/2019, di Ballroom Hotel Plaza Purworejo. Anggota Panwascam dikukuhkan dengan mengambil sumpah dan janjinya untuk mengawasi tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Purworejo Tahun 2020.

Ketua Bawaslu Kabupaten Purworejo Nur Kholiq SH SThI MKn mengatakan Panwascam diminta menjalankan tugas pengawasan dengan sebaik-baiknya. "Mari jaga integritas pengawas dan patuh terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan," katanya. 

Selama proses tahapan seleksi ada sebanyak 274 peserta yang mendaftar. "Sebanyak 249 peserta yang lolos seleksi," kata kholiq saat prosesi pelantikan berlangsung. 
pelantikan
Menurutnya, mereka yang tidak lolos administrasi rata-rata karena tidak memenuhi persyaratan yang dibutuhkan. "Termasuk usia yang masih dibawah 25 tahun,” jelas Kholiq.

Menurut Kholiq, di Kabupaten Purworejo ada sebanyak 13 anggota Panwascam perempuan. "Keterwakilan perempuan ini sebagai bentuk perhatian Bawaslu Purworejo untuk melibatkan pengawas perempuan di kecamatan," katanya. 

Kholiq berharap Panwascam yang sudah dikukuhkan dapat melakukan pengawasan sesuai kapasitas pengawas. Anggota Panwascam yang sudah berhasil lolos seleksi merupakan sumberdaya pengawas memiliki kapasitas pengawasan yang sudah teruji.
penandatanganan surat
Hadir dalam pelantikan Panwascam Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Provinsi Jawa Tengah, Anik Sholihatun, SPd MPd. Anik mengucapkan selamat kepada Panwascam dan mengapresiasi atas bergabungnya pengawas perempuan di Kabupaten Purworejo.

"Sebuah prestasi yang baik untuk Kabupaten Purworejo karena telah memberikan kesempatan kepada pengawas perempuan untuk ikut menjadi bagian dari penyelenggara pemilu," kata Anik. 

Dihadapan para Panwascam Anik mengatakan, kemampuan soliditas pengawas diuji dalam menentukan Ketua dan Divisi di setiap kecamatan. "Jangan harap dapat melakukan proses pengawasan kalau menentukan ketua masih menimbulkan beragam persoalan," kata Anik.

Sementara itu, Abdul Azis, S.Pd. selaku kordiv. SDM dan organisasi mengatakan anggota Panwascam ini melalui seleksi yang cukup ketat dan Panwascam yang sudah dilantik akan melakukan pengawasan hingga tahapan penyelenggaraan pemilihan Pilkada 2020 berakhir.

Peserta dari Kecamatan Pituruh, ada 15 pendaftar yang lolos administrasi, melalui tahapan dua tes tertulis dan wawancara. Dan yang lolos dilantik menjadi komisioner panwascam Kecamatan Pituruh ada tiga orang yaitu Nanang Dwi Handoyo, Mugiarto dan Wiji Astuti.
Panwascam Pituruh
Diungkapkan, Nanang Dwi Handoyo Panwas Terlantik Kecamatan Pituruh bahwa tindakan setelah dilantik akan bersinergi kepada pejabat pemerintah dan stakeholder terkait akan bersinergi bersama untuk menyongsong Pilbup 2020.

"Saya merasa bangga, menjadi penyelenggara bukan hanya peserta pemilu saja. Penyelenggara Pemilu Bupati Purworejo 2020, kedepannya kita juga banyak PR demi mewujudkan pemilu di kabupaten Purworejo yang berintegritas dan bisa dicontoh di kalangan kabupaten-kabupaten lainnya, " ucapnya.

"Saya juga berharap khususnya panwascam kita akan mengubah kecamatan Pituruh yang dulunya zona merah, kita akan memprioritaskan mengubah zona merah itu menjadi zona hijau, " imbuh Nanang.

"Dengan adanya pilgub ini, Pituruh itu harus lebih maju daripada kecamatan-kecamatan lainnya. " pungkasnya.

Reporter : humas bawaslu
Editor : Luthfi
Baca Juga
Advertisement
Advertisement