36 Gudep Butuh Ikuti Pesta Siaga Kwaran Ranting Butuh

Advertisement
BUTUH, (pituruhnews.com) - Kwaran Ranting Kecamatan Butuh mengadakan Kegiatan  Pesta Siaga Tahun 2020, di Lapangan Siaren, Desa Lubangsampang, Kecamatan Butuh, Purworejo, Sabtu, 22/02/2020.

Pesta Siaga Kwaran Ranting Butuh ini bertujuan dalam rangka persiapan mengikuti Pesta Siaga Tingkat Cabang Purworejo yang akan diadakan pada 6 sampai 7 Maret 2020 di Kwartir Ranting Grabag.

Peserta yang akan dipilih dan dikirim tingkat kwarcab ini sebanyak 4 regu, yaitu  2 regu siaga putra dan 2 regu putri.
peserta pesta siaga
Pesta Siaga Kwartir Ranting Butuh ini diikuti sebanyak 36 pangkalan gugus depan yang terbagi  32 sekolah dasar (SD) dan 4 madrasah ibtidaiyah (MI), dengan jumlah peserta keseluruhan sebanyak 144 pramuka siaga baik putra dan putri.

Turut hadir dalam pesta siaga ini Camat Butuh Bunda Gelis Utami sebagai inspektur upacara, serta Waka Kwarcab Purworejo Soekoso, DM, unsur mabiran, penggalang dan pembina gudep seluruh kecamatan Butuh.

Dikatakan, Ketua Penyelenggara Eko Kartiyah bahwa pesta siaga kwaran ranting butuh ini diikuti sebanyak 36 gugus depan masing-masing satu barung putra dan putri, dengan sebanyak 72 barung sekecamatan Butuh.

Tujuan kegiatan pesta siaga ini merupakan sebagai langkah awal persiapan untuk mencari duta dari Kwaran Butuh untuk mengikuti kegiatan Pesta Siaga tingkat Kwarcab yang akan dilaksanakan pada tanggal 6 dan 7 Maret  2020 di Kwaran Grabag.

"Pesta Siaga ini diharapkan dapat membentuk karakter generasi yang mandiri, disiplin dan bertanggung jawab. " ucapnya.

"Semoga ini kegiatan ini masih tetap bisa berlangsung sebagai kegiatan agenda rutin dan kita bisa menghasilkan duta duta yang nantinya bisa berbicara ditingkat kwarcab. " imbuhnya.
unsur mabiran dan kwaran kecamatan Butuh
Pesta Siaga Kwaran Ranting Butuh dimenangkan untuk kategori Barung Tergiat Putra diperoleh juara I Gudep SDN Andong, juara II Gudep MI Lubangindangan dan juara III Gudep SDN Kedungagung.

Sedangkan untuk Barung Tergiat Putri diperoleh Gudep SDN Ketug, Gudep SDN Andong, dan Gudep SDN Dlangu. Kategori Pendirian Tenda diperoleh Gudep SDN Sruwohrejo, Gudep SDN Lugurejo, Gudep SDN Lugu. Untuk Kategori Karnaval diperoleh Gudep SDN Andong, Gudep SDN Kaliwatu, Gudep SDN Lugu. Pemenang pesta siaga putra yaitu Gudep SD N Andong, Mi Lubangindangan, Sd N Kedungagung, dan untuk putri SD N Ketug, SD N Andong, SDN Dlangu.
foto pemenang
Camat Butuh Bunda Gelis Utami menambahkan bahwa sangat mengapresiasi kegiatan pesta siaga kwaran Butuh. Mesti sempat diguyur hujan antusias peserta sangat tinggi.

"Selain kegiatan pesta siaga digelar, kita juga mengadakan doa bersama atas tragedi SMP N 1 Turi Kabupaten Sleman mudah-mudah tidak membuat trauma yang berkepanjangan, jika akan mengadakan suatu agenda hendaknya dipertimbangkan secara matang. " ucapnya.

"Walaupun saya baru pertama dikecamatan Butuh, diharapkan pelaksanaan tahun ini lebih baik dari tahun kemarin dan untuk pelaksanaan akan datang semoga lebih baik dari tahun ini. " tambah Gelis.

"Semoga dengan adanya kegiatan pesta siaga ini, nantinya baik penggalang, penegak dan pandega menjadi pramuka yang lebih handal, lebih peduli terhadap sesama, tidak hanya generasi handphone yang sedang viral saat ini. Supaya lebih bijak dalam menggunakan gadget. " pungkasnya.

Reporter : Purnomo
Editor : Luthfi
Baca Juga
Advertisement
Advertisement