KSU Mikat Al Khidmah Diminta Bangun Karakter Kreatif Inovatif dan Dinamis

Advertisement
PURWOREJO, (pituruhnews.com) - Suatu organisasi seperti koperasi harus mampu beradaptasi dengan lingkungannya. Jika tidak maka akan tergilas oleh adanya perubahan lingkungan. Koperasi era revolusi industri 4.0 juga mangharuskan koperasi untuk dapat beradaptasi dan bertransformasi dalam menghadapi lingkungan yang senantiasa dinamis tersebut.

Hal itu dikatakan Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM saat menghadiri Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Serba Usaha (KSU) Mikat Al Khidmah yang dikelola PCNU Kabupaten Purworejo, Sabtu (22/02/2020). Turut mendampingi Kabag Kesra Drs H Fatkhurrohman MM, Kabag Humas dan Protokol Rita Purnama SSTP MM dan Camat Purworejo Sudaryono Ssos.

Bupati melanjutkan, langkah awal yang perlu dilakukan dalam transformasi koperasi adalah membangun karakter kreatif dan inovatif bagi insan penggerak koperasi. Kreatifitas mengharuskan insan koperasi dapat berpikir berbeda dibandingkan insan yang lain, sedangkan inovatif mengharuskan insan koperasi dapat bertindak berbeda dengan insan yang lain. 
rapat 
"Dengan insan yang kreatif dan inovatif akan dapat lebih cepat beradaptasi dengan lingkungannya. Dengan berbagai upaya dan dukungan semua pihak, eksistensi koperasi akan semakin kokoh sebagai pilar ekonomi kerakyatan di negeri," katanya.

Menurutnya, keberhasilan koperasi bukan hanya ditentukan oleh pengurus, namun sangat ditentukan oleh peran aktif dari masing-masing anggota. 

"Pengurus koperasi harus dapat melakukan terobosan baru untuk menambah produk-produk layanan yang sudah ada, baik bersifat komersial maupun bentuk-bentuk layanan yang bersifat sosial," ujarnya.
tamu undangan
Bupati menambahkan, Nahdlatul Ulama (NU) telah banyak memberikan sumbangsih dalam berbagai bidang kepada bangsa ini. 

"Terutama dalam membangun SDM Islami melalui bidang pendidikan, dimana kita bisa melihat bagaimana pondok-pondok pesantren," tuturnya.

Selain itu, NU juga berperan dalam meningkatkan pemberdayaan dan kesejahteraan umat, termasuk melalui koperasi-koperasi yang didirikan di berbagai tempat. Termasuk KSU Mikat Al Khidmah yang dikelola PCNU Kabupaten Purworejo ini. 

"Modal sebesar 28,5 miliar yang saat ini dimiliki oleh KSU Mikat Al Khidmah sungguh luar biasa besar. Mungkin kedepan dapat memberikan pinjaman untuk ibadah umroh. Saya rasa ini terobosan yang cukup baik dilakukan.  Saya yakin, kebersamaan akan meneguhkan semangat untuk membangun NU dan seluruh anggotanya agar dapat hidup sejahtera," imbuh Bupati.
sambutan bupati Purworejo
Sementara itu, Manager KSU Mikat Al Khidmah Ardian irfansya, SE mengatakan bahwa rapat tahunan tutup buku tahun 2019 KSU Mikat Al Khidmah, merupakan  pertanggungjawaban resmi sesuai dengan undang-undang semua koperasi harus mengadakan rapat anggota tahunan.

KSU Mikat Al Khidmah berdiri sejak tahun 2008 higga sampai saat ini sudah berusia 12 tahun, dengan anggota mencapai kurang lebih 2720 anggota.

"Saya berharap untuk semua anggota KSU Mikat Al Khidmah kedepan kepada anggota untuk lebih aktif terhadap simpanan pokok, wajib, sukarela, ataupun pembiayaannya. " ucapnya.

"Bagi  warga masyarakat Nahdlatul Ulama, diharapkan usegera bergabung dengan koperasi kami, karena koperasi kami merupakan lembaga resmi di bawah naungan Nahdlatul Ulama PCNU kabupaten Purworejo. " tambah Ardian.
pengurus KSU Mikat Al Khidmah
Rapat tahunan tutup buku tahun 2019 ini sekaligus reorganisasi pengurus KSU Mikat Al Khidmah, karena di setiap AD/ART dilaksanakan setiap  3 tahun sekali.

"Reorganisasi kali ini merupakan yang kelima sejak didirikannya KSU Mikat Al Khidmah. " imbuhnya.

"Pemilihan ketua pengurus KSU Mikat Al Khidmah dilaksanakan secara aklamasi yang terpilih H. Slamet Widodo, SE beliau merupakan wakil ketua KSU Mikat Al Khidmah tahun kemarin. " pungkasnya.
Baca Juga
Advertisement
Advertisement