54 Mahasiswa HIMAPMA UMP Gelar Bakti Sosial

Advertisement
KALIJERING, (pituruhnews.com) - Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika (Himapma) Universitas Muhammadiyah Purworejo menggelar  Bakti Sosial  Himapma 2020 di Desa Kalijering.

Kegiatan baksos ini dilaksanakan selama tiga hari, mulai tanggal 28 Februari hingga 01 Maret 2020. Dalam baksos Himapma ini  diikuti sebanyak 54 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo. Tema yang diusung dalam baksos yaitu Gencarkan Aksimu, Tebarkan Manfaat Untuk Sekitarmu.

Rangkaian kegiatan bakti sosial ini antara lain himapma mengajar, berbagi, pentas seni, penyuluhan dan pemberdayaan. Himapma juga mengadakan bazar dan pasar murah yang bertempat di Balai Desa Kalijering, Kecamatan Pituruh.
bazar murah
Romadi Susanto selaku Ketua Himapma menyampaikan bahwa kegiatan baksos ini merupakan latihan KKN (Kuliah Kerja Nyata) atau bisa disebut dengan Mini KKN. Yang biasanya KKN diadakan selama satu atau dua bulan KKN ini digelar selama tiga hari yang intinya mahasiswa latihan kuliah kerja nyata di lingkungan masyarakat.

"Dengan adanya kegiatan dari mahasiswa UMP ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan masyarakat Desa Kalijering. Sedangkan bagi mahasiswa, kegiatan ini dapat menambah ilmu pengetahuan dari warga masyarakat yang tempatnya dijadikan baksos, " ucapnya.

Ia juga menambahkan bahwa baksos ini merupakan kegiatan tahunan yang sudah diagendakan sesuai jadwal dan jurusan dari Mahasiwa Pendidikan Matematika.
penyerahan pohon aren
Kepala Desa Kalijering, Suroyo sangat mendukung adanya kegiatan mahasiwa Universitas Muhammadiyah Purworejo yang ada di Desa Kalijering.

"Diharapkan dengan kegiatan yang diadakan para mahasiswa  ini yang sifatnya pemberdayaan masyarakat dapat meningkatkan kapasitas yang berkaitan dengan segala hal, " ucapnya.

"Kita bisa mengambil contoh seperti kegiatan bakti sosial ini yang sesuai dengan kinerja dan kebutuhan pemberdayaan masyarakat. Dengan adanya kegiatan yang seperti ini masyarakat secara umum mengapresiasi secara positif, walaupun saat ini belum terlihat implementasi daripada kegiatan-kegiatan tersebut, " Kata Suroyo.

Sementara itu, Tursi salah satu warga desa Kalijering mengungkapkan, "sangat senang dengan adanya kegiatan bakti sosial ini. Selain harga murah, baksos ini bisa membantu masyarakat untuk mencari kebutuhan keseharian dengan harga murah".

Selain baksos, mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Purworejo juga mengadakan sosialisasi pengembangan budidaya jamur. Hasil baksos himapma 2020 akan diinfaqkan ke panti asuhan yang ada di Kabupaten Purworejo. Sebagai penutup rangkaian kegiatan baksos himapma, pada Minggu pagi (01/02) diadakan  penanaman  20 pohon aren.

Reporter : Luthfi
Editor : Bayun
Baca Juga
Advertisement
Advertisement