Notification

×

Iklan

Kementerian Industri Launching Pelatihan Batik Tulis di Kendalrejo

Sabtu, 21 November 2020 | 14:25 WIB Last Updated 2020-11-21T07:25:02Z

KENDALREJO, (pituruhnews.com) - Bertempat di Balai Desa Kendalrejo, telah dilaksanakan Launching Indonesia Membatik Tulis melalui Balai Diklat Industri Jakarta Angkatan 4 Tahun 2020 Kementrian Perindustrian RI, Jum'at 20/11/2020 pukul 13.00 WIB.


Pelatihan ini akah digelar selama 18 hari mulai Jum'at, 20 November hingga 10 Desember 2020. Dengan 50 peserta, yang terbagi dua kecamatan dan 7 desa yaitu kecamatan Butuh terdiri Desa Binangun, Desa Kedungagung, Desa Kedungsari dan Desa Langenrejo. Kecamatan Pituruh terdiri Desa Kendalrejo, Desa Sikambang dan Desa Megulunglor di wilayah Kabupaten Purworejo.

Edhi Suparman, selaku Pemuda Pelopor Pariwisata Nasional Sekaligus Sebagai Sekretaris Wilayah Forum Pemuda Pelopor Propinsi Jawa Tengah Bersama Bunda Euis Rohaini MT. Sebagai Pemuda Pelopor Kewirausahan Nasional Sekaligus Ketua Wilayah Forum Pemuda Pelopor Propinsi Jawa Tengah

Melalui LPK Rajasa Cilacap milik beliau sebagai Pelaksana Balai Diklat Industri Jakarta Kementrian Perindustriaan tahun 2020. Edhi mengatakan bahwa ini momentum yang tepat untuk bangkit dan kegiatan pelatihan membatik ini merupakan salah satu gerakan sosial pelopor kemitraan masyarakat mandiri dan Jalin sinergi antar desa antar kecamatan antar kabupatn untuk menuju Indonesia maju.


"Pelatihan ini sebagai wujud menciptakan warga masyarakat yang mampu mengembangkan skill kemampuan dibidang batik tulis dan gratiiiiiissss" ucapnya.


"Dengan adanya pelatihan ini, bisa mencetak kader muda dibidang batik tulis sekaligus mencetak Pengusaha Pemula Muda  Batik khususnya diwilayah kabupaten Purworejo. Semoga di tahun 2021 mendatang ada 4 program lain dari Kementrian Perindustrian RI juga bisa dilaksanakan Program Diklatnya di wilayah purworejo". Semoga Awal Tahun 2021 juga dari Perusahaan Swasta Nasional Bernama PT. BISA hasil Karya Muhammad Abdulrohman lebih dikenal dengan sebutan mas Arman putra muda Kebumen bisa dilaunching aplikasi on line Berbasis E-commerts untuk mewadahi pemasaran Produk nasional maupun produk lokal. Imbuhnya.


Camat Pituruh Yudhie Agung Prihatno, dalam sambutannya sangat mengapresiasi dengan adanya kegiatan pelatihan batik tulis yang diselenggarakan oleh Balai Diklat Industri Jakarta Kementerian Perindustrian RI.


"Ini merupakan salah satu program bantuan pemerintah dalam bentuk pemberdayaan kepada masyarakat di tengah pandemi covid-19. " ucapnya.


"Melalui pelatihan ini peserta harus mampu menguasai ilmu yang diberikan oleh instruktur dan terampil membatik usai pelatihan, serta berpikir out of the box sebagai pengusaha agar sukses. " kata Yudhie


Ia menambahkan bahwa harapannya kegiatan tidak hanya pelatihan saja, namun bisa dilanjutkan dengan berbagai macam pendampingan sampai dengan peserta dapat mandiri baik sebagai pengrajin batik atau bahkan sebagai pengusaha batik.


Kepala desa Kendalrejo Sutoyo, dalam sambutannya sangat bangga dan mengapresi dengan terselenggaranya tempat pembukaan pelatihan batik tulis di desa kendalrejo. Lebih lanjut beliau berharap dengan adanya pelatihan ini nantinya bisa bermanfaat bagi peserta Diklat Membatik dan bisa menumbuhkan semangat kewirausahawan menuju kemandirian menghasilkan home industri di desa masing-masing.


"Saya merasa senang bisa ikut dalam pelatihan batik tulis, bisa menambah pengalaman dan mempunyai skill dibidang batik tulis. " pungkas Budi Rismayani peserta pelatihan. (PN/Lut)

Iklan

×
Berita Terbaru Update