Notification

×

Iklan




Pemenang "SMANDASA SHORT MOVIE FESTIVAL 2020" Diumumkan

Thursday, 24 December 2020 | 22:05 WIB Last Updated 2020-12-24T15:05:29Z


KALIKOTES, (pituruhnews.com) - 23 Desember 2020 dilaksanakan pengumuman pemenang Smandasa Short Movie Festival (SSMF) #3 2020. SSMF merupakan ajang tahunan festival film pendek bagi pelajar SMP/MTs di Kabupaten Purworejo dan sekitarnya. Tahun ini merupakan tahun ketiga penyelenggaraan SSMF dan mengambil tema “Aktualisasi Potensi Tradisi dan Mitos Melalui Sinematografi”. 


Tradisi dan mitos dipilih karena di kalangan masyarakat, banyak sekali hal-hal yang berhubungan dengan mitos dan tradisi, masyarakat Jawa umumnya menyebut fenomena itu dengan ora ilok atau pamali. Setiap aturan dan larangan yang ada pada masyarakat tentu memiliki tujuan dan fungsi dalam masyarakat. Kadangkala, larangan-larangan itu bersifat tidak masuk akal, namun, dengan cara yang kreatif dan menarik, media film bisa menguak maksud diberlakukannya tradisi atau mitos tersebut. 


Sedianya penganugerahan pemenang SSMF 2020 dilaksanakan pada akhir Maret, namun mengingat pandemi maka pengumuman pemenang diundur. Ketika sampai akhir tahun pandemi belum juga mereda diperkuat dengan larangan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah untuk menyelenggarakan kegiatan tatap muka, maka panitia memutuskan untuk mengumumkan pemenang melalui platform google meet. 


Dra. Setyo Mulyaningsih, M. Pd, B. I. dalam sambutannya menyatakan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman kepada OSIS dalam hal penyelenggaraan event. Selain itu, beliau juga mengapresiasi karya-karya luar biasa yang sudah masuk dan mendorong peserta untuk terus berproses. Tak hanya itu, beliau juga meminta maaf karena pengumuman harus mundur dan dilakukan secara daring.


Jumlah karya yang masuk dalam penyelenggaraan ini adalah 10 karya. Diambil 5 kejuaran. Masing-masing pemenang berhak mendapatkan hadiah berupa plakat, uang pembinaan, dan sertifikat. Untuk juara 1 mendapatkan satu juta rupiah, juara 2 mendapatkan uang 750.000, juara 3 mendapatkan uang 500.000, juara harapan 1 mendapatkan uang 350.000, dan juara harapan II mendapatkan uang 250.000. Adapun hasil dari kejuaraan tersebut adalah:

No

Judul

Asal Sekolah

Total Nilai

Keterangan

1

Mantra Pintar

SMPN 3 Purworejo

515

Juara 1

2

Qobul

SMPN 17 Purworejo

435

Juara 2

3

Mitos Duduk di Kursi Guru

SMPN 20 Purworejo

430

Juara 3

4

Sandingkala

MTS Maarif NU Pituruh

420

Juara Harapan 1

5

Petaka Petak Umpet Malam Hari

SMPN 12 Purworejo

417

Juara Harapan 2


Dalam ulasannya, Onny Suprantiyo selaku dewan juri menyatakan bahwa semua film bagus, hanya saja ada beberapa yang perlu diperhatikan, misalnya penggunaan footage dan audio yang memiliki copyright, kesesuaian ide cerita, penyutradaraan dan naskah, keaktoran, dan penerjemahan cerita ke dalam bentuk audio visual. 
pemenang juara I
Sementara Okta Adetya, selaku koordinator panitia mengatakan bahwa generasi milenial pada revolusi 4.0 dituntut untuk tidak hanya menjadi manusia-manusia konsumtif, melainkan juga produktif. Film adalah salah satu produk kreatif yang cukup dekat dengan kalangan remaja. Film pendek adalah media yang cukup efektif untuk mengaktualisasikan nilai-nilai moral, etika, tradisional, dan lain-lain. Melalui film pendek, kita dapat mengangkat budaya, karakter, kebiasaan, kearifan lokal, dan potensi daerah. 


"Ia berharap bahwa SSMF ini mampu menjadi wadah bagi teman-teman SMP berkarya dan memenuhi platform-platform media sosial yang mereka miliki dengan konten-konten positif,”. ucapnya

Damar dari SMPN 3 Purworejo mengatakan cukup terkesan bisa mengikuti kali lomba ini, karena selain bisa melatih skillnya,  juga bisa mendapatkan pengalaman yang banyak di lomba kali ini. Semoga teman-teman yang lain bisa ikutan di tahun berikutnya.” pungkasnya. (humas/SMA10)

Iklan

×
Berita Terbaru Update