Notification

×

Iklan

Pendampingan Belajar Ala Mahasiswi PGSD UMPurworejo

Wednesday, 30 December 2020 | 07:38 WIB Last Updated 2020-12-30T00:38:45Z


Mahasiswa/i Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Purworejo mengadakan pendampingan belajar disekitar tempat tinggal mereka.


Sistem pembelajaran yang dilaksanakan untuk pendampingan belajar dengan anak-anak SD kali ini berbeda dengan sistem les pada umumnya yang belajar membaca, menulis, mengerjakan, dinilai dan sebagainya. Pendampingan belajar yang dilakukan kali ini menggunakan sistem media pembelajaran konvensional dan multimedia interaktif.


Pendampingan belajar dengan siswa SD/MI yang dilakukan kali ini menggunakan media pembelajaran ular tangga dan flashcard untuk pembahasan materi tumbuhan dan hewan.


Pada permainan ular tangga anak-anak diajarkan untuk bermain tapi sambil belajar (istilah nya ada sambil menyelam minum air), sedangkan untuk permainan flashcard anak-anak di tuntut untuk menceritakan sesuatu yang ada di kartu di depan teman-teman yang lain. Nah dari situ siswa akan mampu mengingat, memahami materi lebih dalam, serta melatih softskill dari anak sejak dini.


Mengapa penggunaan media sekarang ini menjadi alternatif pembelajaran yang sangat bermanfaat?


Tidak hanya dimasa sekarang media pembelajaran sangat dibutuhkan. Bahkan jika para pendidik mengetahui, sebenarnya media pembelajaran sangat dibutuhkan oleh para siswa/i terutama siswa/i SD/MI untuk memudahkan mereka memahami materi yang disampaikan oleh para guru.


Peran media dalam pembelajaran sangatlah penting terutama bagi siswa. Bisa dikatakan seperti itu karena sudah terbukti bahwa dengan media pembelajaran yang menarik, minat dan motivasi belajar siswa dapat ditumbuhkan.. Proses belajar yang membosankan di dalam kelas juga dapat dihilangkan dengan menggunakan media yang menyenangkan bagi siswa. Media pembelajaran dapat juga dimanfaatkan sebagai saluran untuk menyampaikan informasi atau materi pembelajaran secara verbalistis (ceramah) serta merangsang perhatian dan mengaktifkan siswa.

Penulis :  Silvya Damayanty / Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo

Iklan

×
Berita Terbaru Update