Notification

×

Iklan


Siaga Hadapi Libur Nataru, PT KAI Daop 5 Perketat Protokol Kesehatan

Rabu, 23 Desember 2020 | 21:36 WIB Last Updated 2020-12-23T14:38:55Z


PURWOREJO, (pituruhnews.com) - PT KAI Daop 5 Purwokerto menyiagakan seluruh sarana, prasarana, dan SOM yang dimiliki untuk melayani masyarakat pengguna kerata api (KA) pada masa liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020/2021. Penerapan protokol kesehatan diperketat bagi penumpang dan petugas demi menjamin keselamatan, keamanan dan kelancaran perjalanan KA. PT KAI menetapkan masa posko angkutan Natal dan Tahun Baru 2020/2021 mulai tanggal 18 Desember 2020 sampai dengan 6 Januari 2021 atau selama 20 hari.


Informasi itu disampaikan oleh Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Eko Budiyanto, dalam konferensi pers di Stasiun Kutoarjo, Sabtu (19/12). Menurutnya, rata-rata ada 83 perjalanan KA penumpang jarak jauh yang melintas di Daop 5 Purwokerto selama masa itu dengan jumlah tempat duduk yang disiapkan sebanyak 32.010. Dan untuk memenuhi permintaan masyarakat pengguna jasa KA, Daop 5 Purwokerto mengoperasikan KA Purwajaya relasi Cilacap - Purwokerto - Gambir untuk keberangkatan tanggal 20 Desember 2020 dan 3 Januari 2021. Selain itu KA Sawunggalih Utama relasi Kutoarjo - Purwokerto - Pasarsenen dijalankan pada tanggal 18, 20, 23 Desember 20210 dan 3 Januari 2021. 


"Masyarakat dipersilahkan cek detail perjalanan kA di aplikasi KAI Acces. Tiket KA pada masa Nataru 2020/2021 dapat dipesan melalui online, seperti aplikasi KAI Access, situs kai.id, dan channel eksternal lainnya," kata Eko didampingi Kepala Stasiun Kutoarjo, Andy Febri Laksono. 


Mengantisipasi datangnya musim hujan yang bertepatan dengan masa Angkutan Nataru 2020-2021, PT KAI Daop 5 Purwokerto menugaskan 29 Petugas Pemeriksa Jalur (PP) ekstra, dan 10 Petugas Penjaga Daerah Rawan ekstra yang akan disiagakan untuk mengamankan perjalanan kA di sepanjang lintas Daop 5 Purwokerto. Daop 5 Purwokerto juga menyiapkan AMUS atau Alat Material Untuk Siaga berupa batu balas/kricak, bantalan rel, pasir, dsb yang ditempatkan di 5 titik mulai, yaitu stasiun Purwokerto, Prupuk, Sidareja, Kraya, dan Kutoarjo.


Dalam hal perlintasan sebidang PT KAI dengan tegas mengimbau kepada seluruh masyarakat pengguna jalan untuk tetap mematuhi rambu-rambu di pelintasan sebidang. UU No 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian dan UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) menyebutkan bahwa perjalanan KA mendapat prioritas di jalur yang bersinggungan dengan jalan raya. Daop 5 Purwokerto juga telah berkoordinasi dengan kewilayahan di wilayah Daop 5 Purwokerto guna membantu kelancaran perjalanan kA di perlintasan sebidang karena volume pengguna jalan pasti akan meningkaat saat libur nanti.


Dari aspek sarana, pada masa angkutan Nataru kali ini PT KAI Daop 5 Purwokerto menyiapkan 29 unit lokomotif unit kereta penolong. Semua sarana ini dalam kondisi siap operasi guna mendukung kelancaran perjalanan KA. 


Pelayanan kesehatan juga menjadi perhatian Daop 5 Purwokerto, sebanyak 4 Pos kesehatan disiapkan di 4 Stasiun, yaitu di Stasiun Purwokerto, Kroya, Cilacap dan Kutoarjo dengan 1 paramedis dan dokter on call selama 24 jam. 


Lebih lanjut Eko berpesan agar masyarakat yang akan bepergian untuk merencanakan perjalanan jauh-jauh hari menyesuaikan dengan hari libur dan cuti bersama.


"Dan bagi masyarakat tidak perlu ragu dalam menggunakan angkutan KA, karena PT KAI tetap mengoperasikan KA dengan menerapkan berbagai protokol kesehatan secara ketat dan disiplin pada setiap waktu sejak dari stasiun keberangkatan, di atas KA selama dalam perjalanan serta sampai dengan stasiun tujuan," tandas Eko.

Kontri Tim Pituruh News

Iklan

×
Berita Terbaru Update