Notification

×

Iklan

Pemerintah Butuh Kontrol Pers Agar Tak Keluar Jalur

Thursday, 18 February 2021 | 08:53 WIB Last Updated 2021-02-18T01:53:34Z

 

PURWOREJO- Media massa memiliki kontribusi penting dalam pembangunan daerah, terutama dalam menyuguhkan informasi kepada masyarakat luas, termasuk dengan menyuguhkan kritik-kritik atau masukan yang membangun. Karena itu, pers di Kabupaten Purworejo diminta dapat terus ikut berkontribusi memajukan daerah melalui perannya sebagai pengontrol.

Hal itu ditegaskan oleh Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM saat memberikan sambutan dalam Resepsi Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2021 Pewarta Purworejo di Pendopo Kabupaten, Senin (15/2) malam. Prosesi potong tumpeng menjadi penanda puncak peringatan HPN 2021.

“Kami ingin bekerja sesuai rel yang ada sehingga butuh kontrol agar tidak keluar jalur,” tegasnya.

Pada bagian awal, Bupati menyebut bahwa Pers atau media massa memiliki peran yang sangat penting  dalam menyuguhkan informasi kepada masyarakat luas. Termasuk di masa pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung setahun lamanya. 

“Sehingga tema dalam Hari Pers Nasional kali ini yakni Bangkit Dari Pandemi, Pers Inspiratif Mengawal Rakyat Sehat, sungguh sangat relevan dengan kondisi aktual saat ini,” sebutnya. 

Menurutnya, masyarakat  sehat  terlahir lewat pembentukan pola pikir positif yang didapatkan lewat informasi-informasi yang baik. Sementara informasi yang baik tersebut terlahir lewat jurnalisme dan ekosistemnya yang juga berjalan baik. Maka, ekosistem dan industri  pers  harus berjalan dengan sehat  dan terlindungi, agar masyarakat dapat terus menerima kualitas informasi yang baik. 

“Negara membutuhkan kehadiran pers dengan perspektif jernihnya untuk berdiri di depan melawan kekacauan informasi, penyebaran hoaks, dan ujaran kebencian yang mengancam kehidupan demokrasi. Pers dibutuhkan untuk mewartakan berita baik dan agenda-agenda besar bangsa Indonesia, membangkitkan semangat positif yang mendorong produktivitas dan optimisme bangsa,” tegasnya. 

Ketua Pewarta Purworejo, Edy Suryana, mengatakan bahwa Resepsi HPN Pewarta Purworejo merupakan kegiatan puncak peringatan HPN tahun 2021 yang digelar oleh awak media yang tergabung dalam organisasi Pewarta Purworejo. Dalam memeriahkan HPN, sebelumnya Pewarta juga menggelar kegiatan santunan, ziarah, dan pengajian. 

“Kami berterima kasih atas dukungan dari berbagai pihak atas terselenggaranya berbagi kegiatan dalam HPN tahun ini,” katanya.

Iklan

×
Berita Terbaru Update