Notification

×

Iklan

Penyuluh Pegang Kunci Keberhasilan Sektor Pertanian

Saturday, 20 March 2021 | 08:26 WIB Last Updated 2021-03-20T01:26:55Z




PURWOREJO, (pituruhnews.com)
- Bupati Purworejo R H Agus Bastian SE MM menghadiri acara silaturahim dan ramah tamah dengan Tenaga Harian Lepas – Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian (THL-TBPP) Kabupaten Purworejo, Kamis (18/03/2021). Acara yang digelar di hotel Ganesha ini juga dihadiri oleh Sekda Drs Said Romadhon, Kepala Dinas Pertanian Pangan Kelautan Perikanan, Sekretaris Badan  Kepegawaian Daerah dan pejabat terkait lainya.

Dikutip, purworejokab.go.id Bupati menyampaikan apresiasi kepada seluruh THL-TBPP karena telah aktif melakukan pendampingan serta membantu tugas penyuluh PNS. "Pembangunan pertanian yang dijalankan di Indonesia telah memberikan pelajaran berharga bahwa kegiatan penyuluhan pertanian bukanlah sekedar faktor pelancar tetapi terbukti sebagai pemegang kunci keberhasilan dari sektor pertanian," katanya. Dikatakan bahwa Pelaksana melalui penyuluh pertanian, teknologi baru yang berkaitan dengan perbaikan usaha tani dapat di adopsi oleh  para petani. Penyuluh pertanian juga dijadikan ujung tombak dalam upaya penanganan masalah kritis baik preventif maupun represif. 

Menurutnya,  walaupun pada masa pandemi ternyata sektor pertanian mampu memberikan kontribusi yang signifikan pada pertumbuhan ekonomi daerah. “Kedepan tagline Tresno Purworejo Larisi Purworejo akan terus kita galakan, saya akan mewajibkan ASN untuk membeli beras lokal berkualitas premium sehingga akan memotivasi petani untuk berlomba-lomba lebih produktif lagi dan itu adalah salah satu upaya kami dalam rangka meningkatkan stabilitas produksi pertanian,” tandasnya.

Lebih lanjut dijelaskan Bupati, keberadaan THL-TBPP  sangatlah penting untuk mengatasi kekurangan tenaga penyuluh PNS yang setiap tahun terus berkurang karena purna tugas sedangkan rekrutmen tenaga penyuluh baru sangat minim. penyuluh memiliki peran krusial dalam pembangunan pertanian yakni sebagai ujung tombak dari kebijakan pemerintah . "Oleh karenanya penyuluh dituntut untuk terus belajar dan mengupgrade pengetahuan tentang teknologi terbaru pertanian agar dalam menyampaikan edukasi dan mencerdaskan pola pikir ,sikap dan pengetahuan petani dalam meningkatkan taraf hidupnya," kata Bupati.

Disisi lain Ketua Paguyuban THL-TBPP Agus Nugroho menyampaikan terimakasih atas kehadiran Bupati dalam acara silaturahim ini. Dirinya mengungkapkan paguyuban THL-TBPP  siap mensukseskan program – program pemerintah daerah maupun pemerintah pusat di sektor pertanian. 

Agus juga mengungkapkan bahwa THL-TBPP mengharapkan dapat masuk dalam program P3K untuk meningkatkan kesejahteraanya. “Kami dari paguyuban sudah matur tentang permohonan kami dan kami sangat lega  tadi juga sudah dijawab oleh beliau akan dipelajari mekanisme aturannya seperti apa dan akan diupayakan oleh pemerintah daerah,” pungkasnya.

Iklan

×
Berita Terbaru Update