Notification

×

Iklan




Efektivitas Pembelajaran Tematik Pada Peserta Didik

Sunday, 11 April 2021 | 21:03 WIB Last Updated 2021-04-11T14:03:07Z

by : https://www.kompasiana.com/

Di zaman sekarang ini indonesia telah mengalami perubahan kurikulum dimana dulu menggunakan KTSP dan sekarang menggunakan K13. Pada pendidikan sekolah dasar pada saat ini menggunakan pembelajaran tematik. Pembelajaran   tematik  merupakan pendekatan   dalam   pembelajaran dengan  cara  sengaja  mengaitkan  atau  memadukan  beberapa  kompetensi  dasar  (KD) dan  indikator  dari  kurikulum  atau  standar  isi  (IS)  dari  beberapa  mapel  menjadi  satu kesatuan  untuk  dikemas  dalam  satu  tema.  


Dengan  adanya  kaitan  tersebut  maka peserta  didik  akan  memperoleh  pengetahuan  dan   keterampilan  secara  utuh  sehingga pembelajaran  menjadi  lebih  bermakna bagi  peserta  didik. Pembelajaran  tematik diartikan sebagai pembelajaran yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata  pelajaran  sehingga  dapat  memberikan  pengalaman kepada peserta   didik. Menurut saya pemisahan dalam mata pelajaran menjadi tidak begitu jelas. Fokus  pembelajaran  diarahkan  kepada  pembahasan  tema-tema  yang  paling  dekat yang berkaitan dengan  kehidupan peserta didik. 


Pembelajaran tematik dapat memberikan pengalaman langsung kepada siswa Dengan  pengalaman  langsung  ini,  peserta  didik dihadapkan pada  sesuatu  yang  nyata  ( konkret  )  sebagai  dasar  untuk  memahami    hal-hal  yang lebih abstrak. Pembelajaran ini juga menyajikan   konsep-konsep   dari   berbagai   mata   pelajaran   dalam   suatu   proses   pembelajaran peserta   didik mampu memahami  konsep-konsep  tersebut  secara  utuh.  Hal  ini  diperlukan  untuk  peserta didik dalam memecahkan permasalahan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari.


  Pembelajaran Tematik diterapkan di sekolah dasar karena untuk menumbuhkan pemahaman siswa atas konsep yang dipelajari serta kreativitasnya dalam memaknai pembelajaran tingkat tinggi yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berpikir anak. Pembelajaran ini memerlukan guru yang kreatif baik dalam menyiapkan kegiatan belajar bagi anak, juga dalam memilih kompetensi dari berbagai mata pelajaran dan mengaturnya agar pembelajaran menjadi lebih bermakna, menarik, dan menyenangkan.


Oleh : Okti Mahendri

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Universitas Muhammadiyah Purworejo



Iklan

×
Berita Terbaru Update