Notification

×

Iklan

Pemerintah Kecamatan Pituruh Gelar Rapat Koordinasi Pembangunan dan Kemasyarakatan 2021

Tuesday, 9 November 2021 | 22:33 WIB Last Updated 2021-11-09T23:58:49Z

 

PITURUH, (pituruhnews.com) - Dalam rangka rapat koordinasi Penyelenggaraan Pemerintah, Pembangunan dan Kemasyarakatan Tahun 2021 dengan tema "Membangun Sinergitas Wisata Berbasis Pertanian", Rapat Koordinasi yang digelar oleh Pemerintah Kecamatan Pituruh di Aula Kecamatan Pituruh, Selasa, 09/11/2021.


Acara ini dihadiri oleh oleh Ka.DINPUPR, Kabag Pemerintahan Setda Kab. Purworejo, DINPPKP, DINPARBUD, serta Forkopimcam Pituruh, baik Polsek dan Koramil/09 Pituruh. Dengan peserta Rakor Kepala Desa, perwakilan Gapoktan, Bumdes, pengelola wisata, forum UMKM Kecamatan Pituruh dan Komunktas Medsos.

Bangun Erlangga Ibrahim dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas dukungan dan kehadiran para narasumber dan segenap peserta dalam rapat koordinasi siang hari ini, pertemuan ini tentunya memiliki peran dan memberikan dukungan yang luar biasa demi kemajuan wilayah kecamatan Pituruh.


"Guna merespon tema rapat koordinasi kami menghadirkan beberapa unsur diantaranya  perwakilan 15 desa dengan potensi dan pertanian, 3 kelompok pengelola wisata dan bumdes, pelaku umkm di kecamatan Pituruh dan penggiat media sosial. '' ucap Bangun.


"Dalam penyampaian narasumber diharapkan tamu undangan bisa menyerap apa yang disampaikan dan diharapkan memberikan dampak positif dan kemanfaatan bagi pengembangan potensi di wilayah kecamatan Pituruh. '' imbuhnya.


"Sesuai dengan apa yang disampai salah satu narasumber dalam materinya bisa menjadi semut hitam dengan mendukung tumbuh kembangkan desa wisata di kecamatan Pituruh. " tambah bangun.

Sementara itu, Narasumber Endah Rosanti menambahkan bahwa terkait sinergitas pariwisata dengan pertanian, ini merupakan awal dari aktivitas masyarakat Pituruh yang memang berbasis pertanian merupakan potensi daya tarik wisata tematik agrowisata yang harus dikembangkan. 


"Untuk mengembangkannya agar lebih menarik dan dapat dinikmati maka perlu sentuhan pengelolaan yang terstruktur baik berbasis pemberdayaan masyarakat melalui pokdarwis atau sinergi dengan pemerintah desa melalui bumdes." ucap Endah.


"Dalam melengkapi paket wisata aktivitas tersebut dinparbud mengarahkan untuk membuat paket wisata sehingga dapat ikut melibatkan sektor-sektor lain misalnya umkm dan daya tarik wisata lainnya yang ada di  kecamatan Pituruh. Hal tersebut perlu dukungan dan sinergitas baik dari pemerintah desa, kecamatan maupun pemerintah daerah." tambah Endah


Uswatun Mufti, salah satu pelaku UMKM Cahaya Pituruh mengharapkan melalui rapat koordinasi ini tidak hanya menampilkan salah satu potensi yang diunggulkan. Hal ini bisa salah satu upaya dalam pengembangan potensi desa dibidang pertanian khususnya di wilayah kecamatan Pituruh.


"Pituruh harus bisa tampil beda dengan tampat lain, wilayah kita kan banyak kebun cengkeh didaerah Wonosido, Kaligondang dan Pamriyan, ini salah satu upaya dalam pengembangan ekowisata kebun cengkeh dengan edukasi destilasi tradisional, atau empon-empon yang banyak diwilayah kecamatan Pituruh. " kata Uswatun kepada tim Pituruh News usai kegiatan rapat Koordinasi.

Iklan

×
Berita Terbaru Update