Notification

×

Iklan

Aliran Sesat

Thursday, 30 December 2021 | 21:08 WIB Last Updated 2021-12-30T14:08:16Z

      

Hallo everyone! Kalian sudah tahu belum apa yang dimaksud dengan masalah sosial? Kalau belum tahu, yuk simak tulisan ini sampai selesai. Masalah sosial adalah suatu ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan dan masyarakat yang membahayakan kehidupan kelompok sosial. Masalah sosial muncul akibat terjadinya perbedaan yang mencolok antara nilai dalam masyarakat dengan realita yang ada.  Yang bisa menjadi sumber masalah sosial yaitu seperti proses sosial dan bencana alam. Terdeteksinya masalah sosial dalam masyarakat biasanya ditetapkan oleh lembaga yang memiliki kewenangan khusus seperti tokoh masyarakat sekitar, pemerintah, organisasi sosial, dan lain-lain. Salah satu permasalahan sosial yang ada di Indonesia adalah aliran sesat. Aliran sesat adalah  suatu doktrin atau kepercayaan yang bertentangan dan tidak sejalan dengan yang seharusnya. Aliran sesat memang tidak selalu dapat dilihat langsung di masyarakat, terkadang ada aliran sesat yang menganjurkan untuk bertentangan dengan agama atau pemerintah, tentu hal tersebut bisa merugikan beberapa pihak.

        Dengan berkembangnya teknologi dan komunikasi selain berdampak positif, hal tersebut juga membawa dampak negatif juga, yaitu mudah masuknya hal-hal yang menyimpang atau tidak sesuai dengan kebudayaan Indonesia dari negara lain. Meski dari pemerintah sudah mengupayakan untuk menyaring sebagian hal-hal tersebut namun tidak semuanya bisa tersaring, terutama aliran sesat.  Apalagi anak muda zaman sekarang yang tidak pernah mau ketinggalan oleh perkembangan teknologi dan komunikasi, itulah mengapa aliran sesat mayoritas menjangkit kaum-kaum muda bangsa Indonesia.

         Aliran sesat sangat mudah mempengaruhi siapapun, mulai dari kalangan remaja hingga orang tua sekalipun. Kalangan yang mudah terpengaruh aliran sesat adalah mereka yang kurang mengetahui tentang hukum agama yang mereka anut, oleh karena itu hal yang paling penting untuk mencegah aliran sesat adalah dengan meningkatkan keimanan serta ketaqwaan kita terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Bagaimana, sudah paham belum apa yang dimaksud dengan permasalahan sosial utamanya mengenai aliran sesat? Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk kita semua, terimakasih.

Penulis : Rahma Hofifah/Mahasiwa PGSD UMP


Iklan

×
Berita Terbaru Update