Notification

×

Iklan

Dampak Positif Dan Negatif Hp Bagi Pelajar

Thursday, 30 December 2021 | 14:35 WIB Last Updated 2021-12-30T07:35:55Z

 


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh 

Pada kesempatan kali ini, saya akan menulis pendapat saya mengenai permasalahan teknologi dan sosial.

Menurut saya, pada jaman yang modern ini teknologi canggih sering kita temui pada anak-anak di usia ramaja seperti anak sekolah bahkan sekolah dasar misalnya TK sekalipun banyak yang sudah menggunakan perangkat gadget contohnya HP,Tablet. Sampai ada sebagian orang tua yang dengan bangga memperlihatkan bahwa anaknya sudah menggunakan dan menenteng HP android generasi terbaru kesana kemari. Sebenarnya seberapa besarkah manfaat HP terhadap anak-anak diusia seperti ini ? Manfaat hp pada anak usia dini sebenarnya tidak terlalu menguntungkan. Bahkan dapat berdampak buruk jika kurangnya pengawasan dari orang tua. Hp pada anak usia dini hanya bermanfaat untuk mengurangi rasa bosan pada anak, bermain game, dan selebihnya mungkin karena orang tua kekurangan ide untuk menyenangkan anak.

Tetapi paling tidak beberapa catatan berikut dapat menjadi acuan bagi kita untuk menjawab apakah benar HP memberi manfaat yang besar bagi anak-anak kita atau bahkan sebaliknya. Salah satu contoh dampak positif penggunaan HP pada anak yaitu dapat untuk mempermudah komunikasi. Misalnya saja ketika orang tua atau pihak keluarga akan menjemput anak ketika pulang sekolah/selesai melakukan kegiatan diluar rumah. Jika untuk dampak negatif itu banyak sekali, hp dapat mengganggu Perkembangan Anak. Dengan canggihnya fitur-fitur yang tersedia di hand phone (HP) seperti kamera, permainan (games) akan mengganggu siswa dalam menerima pelajaran di sekolah. Tidak jarang mereka disibukkan dengan menerima panggilan, sms, miscall dari teman mereka bahkan dari keluarga mereka sendiri. Lebih parah lagi ada yang menggunakan HP untuk mencontek (curang) dalam ulangan/ujian. Bermain HP saat guru menjelaskan pelajaran dan sebagainya. Kalau hal tersebut dibiarkan, maka generasi yang kita harapkan akan menjadi budak teknologi.

Tetapi dengan adanya teknologi dimanapun kita berada, di negara manapun kita berada, kita dapat mengetahui informasi-informasi, seluk beluk atau kejadian-kejadian di tempat lain seakan-akan ada di tempat sekeliling kita. Itulah kemajuan ilmu pengetahuan, terutamanya teknologi di bidang informasi, yang telah mengiring umat manusia menjadi suatu kesatuan, diantaranya yang sudah tidak asing lagi bagi kita yakni : TV, Headphone, dan Internet.

Jadi internet memiliki dampak positif dan negatif tergantung bagaimana kita memanfaatkan teknologi informasi ini, terutama kaum pelajar dan mahasiswa dimana mereka mengelolah TI, sebagai alat ilmu pengetahuan untuk mengapai kesuksesan.

 

Penulis : Rico Narendra Sakti Putra (Mahasiswa UMP)

 


Iklan

×
Berita Terbaru Update