Notification

×

Iklan

Permasalahan Sosial

Thursday, 30 December 2021 | 14:51 WIB Last Updated 2021-12-30T07:51:39Z

 


 

Masalah sosial merupakan suatu keadaan suatu masyarakat yang tidak diinginkan untuk terjadi. Masalah-masalah yang ada tentunya harus dengan cepat dihadapi dan dicari jalan keluarnnya. Masalah sosial biassanya tidak hanya menyangkut pada satu atau dua orang saja, melainkan menyangkut banyak orang atau masyarakat. Berikut beberapa kajian permasalahan sosial :

1.      Permasalahan teknologi dengan sosial

Lingkungan sosial dengan masyarakat adalah sesuatu yang tidak bisa dipisahkan seperti yang kita ketahui bahwa manusia merupakan makhluk sosial yang saling membutuhkan antara satu manusia dengan menusia lainnya. Ilmu dalam sosioloogi pun mengatakan bahwa manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri, manusia harus saling berinteraksi dan berkomunikasi dengan manusia lainnya. Tetapi, menilik fakta yang ada sekarang ini, pernyataan manusia merupakan makhluk sosial dan harus berinteraksi juga berkomunikasi perlu dikaji ulang. Kemajuan zaman, teknologi, serta globalisasi mengakibatkan perubahan tatanan dan sistem kehidupan sosial masyarakat abad ini. Terlihat dengan nyata teknologi mengalami perkembangan juga kemajuan yang sangat pesat memberikan efek yang sangat besar pula bagi kehidupan manusia saat ini. Adanya media sosial seperti instagram, facebook, tiktok, line, whatsapp, dan aplikasi lainnya yang dapat dikatakan sangat efesien dan efektif menjadi salah satu factor lahirnya manusia-manusia individualis juga egois. Mereka menganggap jika melakukan komunikasi atau kontak sosial secara langsung face to face adalah suatu hal yang riweh, wasting time, merugikan bahkan dianggap ketinggalan zaman.

 

2.      Permasalahan pendidikan dengan sosial

Dipastikan semua aspek suatu negara tidak lepas dari yang namanya permasalahan, termasuk permasalahan di bidang pendidikan. Faktanya, banyak bermacam-macam masalah pendidikan di Indonesia yang belum teratasi bahkan sampai sekarang. Hal tersebut sebenarnya sangat amat disayangkan karena bidang pendidikan merupakan salah satu factor penting yang dapat meningkatkan mutu kualitas sumber daya manusia (SDA). Tingkat mutu kualitas sumber daya manusia yang rendah menyebabkan terhambatnya kemajuan suatu negara. Karena, mau sebanyak apapun sumber daya manusia yang dimiliki oleh negara, tetapi tidak bermutu, tidak akan memberikan dampak positif apapun terhadap pertumbuhan bangsa Indonesia jika tidak segera ditangani oleh orang yang sesuai. Dengan tidak adanya pendidikan yang berkualitas tinggi, mimpi negara menjadi negara yang maju hanya akan terus menjadi mimpi.

 

 

 

 

 

3.      Permasalahn ekonomi dengan sosial

Permasalahan yang timbul karena terbatasnya jumlah sumber daya, padahal kebutuhan manusia tidak pernah habis disebbut permasalahan ekonomi. Factor-faktor yang memengaruhi permasalahan ekonomi, yaitu, SDA, SDM, modal kerja, proses distribusi, dan tingkat konsumsi. Masalah perekonomian juga kesejahteraan sosial masih terus menjadi masalah pokok di Indonesia. Berikut ini beberapa contoh permasalahan ekonomi, yaitu :

·         Dilema pertumbuhan ekonomi dengan impor

·         Daya beli yang terlihat stagnan

·         Daya saing yang rendah

·         Tidak siapnya menghadapi revolusi industry 4.0

·         Dana di desa mengalami masalah

 

4.      Permasalahann kriminalitas dengan sosial

Tidak disangka Indonesia termasuk negara yang cukup tinggi angka kriminalitasnya. Berdasarkan data di kepolisian bahwa tingkat kriminalitas di Indonesia pada awalnya mengalami penurunan. Sekitar tahun 2017 tidak terlalu banyak kejahatan terjadi, begitu pula pada tahun 2018 dan 2019. Namun, di tahun 2020, kepolisian menyatakan bahwa angka kriminalitas di Indonesia melonjak pesat. Penyebab terjadinya tindak criminal ini adalahh tingginya jumlah pengangguran di Indonesia. Hal ini dapat terjadi sebab banyaknya orang menganggur dan tidak bekerja membuat mereka menjadi putus asa juga hilangnya harapan untuk bekerja karena ketersediaan lapangan pekerjaan semakin menipis. Dengan kondisi seperti itu, mereka memilih jalan pintas seperti mencuri atau merampok demi memenuhi kebutuhan hidup yang tidak sedikit itu.

 

5.      Permasalahan kesenjangan sosial

Ketimpangan sosial karena tidak seimbangnya masyarakat sehingga terlihat dengan jelas perbedaan antara masyarakat kelas bawah, menengah, dan atas disebut kesenjangan sosial. Fenoma ini banyak terjadi di berbagai negara, termasuk Indonesia. Contoh dari kesenjangan sosial dapat dilihat dari segi ekonomi suatu masyarakat yang miskin dan kaya, rakyat dan pejabat. Penyebab dari masalah kesenjangan sosial ini karena sedikitnya lapangan kerja yang tersedia sampai kemiskinan.

Dili Arifaningtyas prodi PGSD Universitas Muhammadiyah Purworejo.

 


Iklan

×
Berita Terbaru Update