Notification

×

Iklan

Dampak Positif Dan Negatif Pembelajaran Jarak Jauh

Tuesday, 28 December 2021 | 21:41 WIB Last Updated 2021-12-28T14:41:21Z

 

Oleh :Inggrit Nada Prahasdita

Virus corona membuat perubahan aktivitas dari berbagai aspek kehidupan manusia saat ini, salah satunya dalam pendidikan. Sejak ditetapkannya pendidikan daring pada maret 2020 lalu, kegiatan belajar mengajar tidak perlu datang ke sekolah melainkan menggunakan teknologi komunikasi dari rumah.

Perubahan ini memberikan banyak dampak positif untuk para pelajar dan mahasiswa bahkan guru, seperti berikut ini :

1. Pendidik dan anak didik memiliki banyak waktu di rumah bersama keluarga

Dengan adanya wabah covid 19, banyak aturan baru yang tercipta guna menanggulangi resiko bahaya yang kemungkinan terjadi. Salah satunya dengan penerapan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh), siswa dan guru tidak perlu melakukan tatap muka secara langsung jadi tidak perlu pergi ke sekolah sehingga bisa dilakukan didalam rumah.

2. Siswa bisa diawasi langsung oleh orang tua

Pada dasarnya setiap anak memiliki potensi yang tidak terbatas. Tetapi ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi apakah mereka pada akhirnya dapat memenuhi potensi tersebut. Para ahli meyakini bahwa peran orang tua dalam kehidupan seorang anak berdampak luas dan dengan pengawasan orang tua anak akan mudah untuk memantau perkembangannya secara langsung. Keterlibatan orang tua sangat penting agar anak berprestasi di sekolah. Beberapa orang tua mungkin berpikir bahwa itu adalah peran guru untuk mengajar, bukan mereka. Namun kepercayaan seperti itu tidak merugikan orang tua dan anak. Anak-anak tidak mulai dan berhenti belajar hanya selama hari sekolah. Mereka selalu terbiasa belajar, di rumah, dengan teman, dan melalui pengaruh lain.

3. Hemat uang transportasi dan jajan

Tidak perlu ke sekolah mengurangi biaya pengeluaran untuk transportasi dan jajan. Saat dirumah bila merasa lapar bisa makan tanpa harus membeli jajan dan makanan yang tersedia lebih sehat daripada beli jajan diluar.

4. Mau atau tidak, anak pasti harus mengeksplorasi teknologi

Dalam pembelajaran jarak jauh, tokoh utama dalam kegiatan ini adalah teknologi komunikasi. Banyak aplikasi-aplikasi untuk dijadikan sebagai media pembelajaran sehingga, mau atau tidak anak harus paham dan menguasai fitur-fitur yang disediakan.

5. Guru menjadi lebih akrab dan melek teknologi

Tidak dapat dipungkiri bahwa proses pembelajaran di tengah pandemi harus dilakukan melalui metode online. Sehingga penggunaan perangkat teknologi sangat dibutuhkan. Selama pandemi ini, banyak dilakukan pelatihan bagi para guru dengan tujuan memberikan pembinaan guna menentukan metode pembelajaran yang bisa diterapkan pada saat pandemi, yang tentunya berbasis teknologi.

Disamping dampak positif tersebut, pembelajaran jarak jauh juga ada dampak negatif seperti cuitan netizen di twitter berikut ini :

1.       Gangguan sinyal


 

2.       Banyak varian tugas

3.       Beda suasana

4.       Tidak dapat uang saku

5.       Bosan

6.       Tugas memakan banyak penyimpanan data pada hp

7.       Sakit punggung


Itulah dampak positif dan negatif dari adanya virus covid 19 pada aspek pendidikan. Meski telah terjadi musibah yang menimpa bukan berarti kita menyerah begitu saja, ada banyak jalan untuk keluar. Musibah itu awalnya penuh duka, namun perlahan tetapi pasti akan berganti menjadi sukacita dan bahagia. Musibah mengajarkan pentingnya bersikap optimistis karena kehidupan itu tidak selamanya dalam kesulitan dan kedukaan. Badai pasti berlalu karena, “Sesungguhnya kesulitan selalu dibarengi kemudahan.” (QS ash-Sharh [94]: 6). Have a nice day and stay safe!





Iklan

×
Berita Terbaru Update