Notification

×

Iklan

Kenakalan Anak Dan Remaja

Monday, 27 December 2021 | 10:57 WIB Last Updated 2021-12-27T03:57:48Z

ilustrasi gambar/kumparan.com
 

Kenakalan remaja. Ya satu kata yang sangat familiar di telinga masyarakat sekitar. Bahkan anak-anak pun tak asing dengan hal satu ini. Kenakalan remaja terdengar negatif di masyarakat. Tindakan yang lekat dengan kehidupan masyarakat bahkan para pelajar yang masih duduk di bangku sekolah.Kenakalan remaja bahkan sekarang ini sangat marak di setiap daerah mulai dari pelosok sampai kota pun mengalaminya, seperti halnya tradisi di setiap daerah, yang semakin bertambah taun yang harusnya menurun namun bertambah seiring berjalanya waktu. Kenakalan remaja seperti dilestarikan oleh anak muda dari sd sampai ke perguruan tinggi . Dari kalangan ini lah menjadi faktor maraknya kejahatan di sekitar masyarakat.

Perlu diketahui bahwa ada beberapa faktor menjadi pendorong kenakalan pada remaja bahkan anak-anak di usia produktif. Salah satunya dari orang terdekat kita yang kurang memperhatikan kondisi anak pada umunya. Peran orang tualah yang terpenting dalam mendidik anak agar tidak mengikuti hal yang tak sewajarnya dilakukan. Mengapa orang tua masuk dalam faktor tersebut ? kawan-kawan pasti tahu ada beberapa orang tua yang bekerja sebagai pegawai atau karyawan yang setiap waktunya hanya bekerja tanpa ada waktu untuk keluarganya. Nah, Oleh sebab itu anak-anak kurang adanya perhatian dan kasih sayang serta kepedulian dari orang tuanya. Sehingga anak-anak terpeengaruh dengan lingkungan bermainnya.

Selain karena faktor orang tua, lingkungan setempat yang anak-anak tinggalipun bisa menjadi faktor pendukung kenakalannya. Mengapa itu bisa terjadi ? Perlu kalian ketahui bahwa lingkunganlah yang sangat rentan dengan pergaulan yang tidak baik. Selain itu dengan adanya lingkungan yangtidak stabil juga mambuat anak semakin bebas dengan kegiatannya. Tidak hanya sekali dua kali namun sudah berulang kali banyak kejadian kenakalan di lingkungan setempat dan membuat resah warga. Salah satnnya adalah pergaulan bebas remaja yang kian meraja lela di dunia remaja. Tak hanya laki-laki yang berbuat namun wanita pun banyak yang telah melakukannya demi kesenangan semata.

Dengan begitu masa depan anak dapat terganggu jika mereka mengikuti pergaulan tersebut. Tidak hanya sikap yang dinilai buruk namun prestasi belajarpun akan menurun karna kemalasan yang ada pada diri anak untuk belajar dan lebih mementingkan berjumpa, nongkrong bahkan bermain game bersama temannya. Tak hanya itu saja pergaulan pun bisa memicu keinginan untuk merokok dan melakukan tindakan kriminal jika keinginan tersebut tidak terpenuhi.Selain itu bagi perempuan yang mengijak remaja pun akan merasa bebas untuk bergaul dengan temannya. Akibatnya dapat terjadi hal yang diluar dugaan para orang tua. Oleh karena itu sebagai orang tua harus menjaga, mendidik agar anak-anak memiliki kepribadian yang bagus.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa orang tua menjadi pemicu dan hal yang sangat penting bagi anak-anaknya. Selain dari pergaulan, orang tua bisa mengajak hal yang positif seperti mengaji dan melakukan hal yang sekiranya membuat hati bahaagia. Selain itu orang tua pun harus menyempatkan waktu untuk berkumpul dengan keluarganya meski hanya beberapa jam saja. Dengan itu anak akan merasa nayam dan diperhatikan oleh kedua orang tuanya.. Jagalah anak kita maka duniamu akan sejahtera.

Penulis : Ira Herawati W.P

Iklan

×
Berita Terbaru Update