Notification

×

Iklan

Masalah Sosial Dan Teknologi

Senin, 27 Desember 2021 | 11:01 WIB Last Updated 2021-12-27T04:01:25Z

 

Di era yang serba maju dengan adanya  kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi membawa dampak besar terhadap kehidupan sosial. Adanya teknologi bagi masyarakt memang perlu mendapatkan apresiasi yang luar biasa. Seluruh masyarakat memang layak mengacungkan jempol dan berterimakasih pada teknologi. Karena masyarakat mampu menjelajahi dunia dengan teknolgi, hingga akhirnya masyarakat mampu menjelajahi seluruh dunia berkat adanya teknologi. Selain itu juga teknologi telah mempermudah masyarakat dalam berkomunikasi melalui seluler pintar,mempermudah masyarakat dan para akademis, mahasiswa, dan para pelajar lainnya dalam mengakses informasi-informasi yang mengenai tugas-tugas mata kuliah maupun mata pelajaran lainnya.

 Akan tetapi, teknologi tidak selamanya mampu memberi dampak baik bagi masyarakat . Adakalanya teknologi membawa dampak buruk bagi sebagian masyarakat di dunia. Dampak buruk itu hadir dalam kehidupan para tenaga kerja kita yang terancam akan kehilangan mata pencaharian, maraknya kasusu PHK yang terjadi pada tenaga kerja karena peran mereka telah di ganti dengan kehadiran mesin-mesin yang memiliki tenaga besar di banding dengan manusia. Ribuan manusia telah menjadi pengangguran akibat perusahaan lebih memilih memanfaatkan teknologi dari pada harus membayar upah tenaga kerja yang cukup mahal. Sehingga melahirkan angka kemiskinan yang semakin meningkat serta ketimpangan sosial.

Para petani terpaksa harus rela menjadi pengangguran , karena lahan pertanian mereka terkuras habis hanya untuk pembanguan industri. Bahkan sering terjadi konflik agraria antara pengusahaan dengan para petani, penguasa dengan para petani. Selain itu pula teknologi membawa mimpi buruk juga bagi kesehatan masyarakt, dengan meningkatnya penggunaan kendaraan bermotor maupun mobil yang melahirkan banyak polusi sehingga menggangu terhadap kesehatan masyarakt banyak. Polusi bertebaran dimana-mana sehingga ruang bagi udara bersih sudah tidak ada lagi. Pencemaran lingkungan semakin merajalela akibat dari limbah-limbah industri.

Dampak lainnya, yaitu marakknya kasus pelechan seksual yang terjadi dimasyarakt akibat dari menyalah gunakan seluler pintar (HP) dalam kehidupan sehari-sehari. Mirisnya lagi kasus ini bukan hanya terjadi di kalangan masyarakt awam, tapi juga telah merambat di kalangan pejabat dan para intelektual yang berada pada instansi-instansi pendidikan seperti sekolah-sekolah maupun perguruan tinggi. Kendati pun itu tidak semuannya, namun kerap kali kita dengar pemberitaan di berbagai media-media bahwa kasus pelechan seksual ini selalu terjadi di instansi-instansi ini.

Dengan adanya teknologi ini, sehinnga mempermudah masyarakat untuk mengkases video-video yang berbau porno. Sehingga melahirkan kejahatan seksual yang sering kali terjadi di tengah kehidupan masyarkat kita. Bahkan masih banyak dampak-dampak sosial lain yang di akibatkan oleh teknologi sekarang. Ini semua akibat dari kita terlalu lalai dalam menngunakan teknologi sehingga berdampak besar terhadap kehidupan sosial, sering kali kita menyalahgunakan teknologi ke hal-hal yang tidak baik. Sehingga kita harus benar-benar menggunakan dan memnafaatkan teknologi itu dengan sebaik-baiknya jangan sampai salah menggunakannya.

Maka dari itu, ayo kita sama-sam bijak dalam menngunakan teknologi dalam kehidupan sehari-hari, dan jangan samapai kita mau menjadi budak teknologi yang dapat menjerumuskan kita ke dalam hal yang tidak baik. Nah cara agar kita tergolong ke orang yang bijak menggunakan teknologi adalah dengan menngunakan teknologi untuk hal-hal yang positif, menngunakan teknologi pada waktu dan tempat yang tepat, menggunakan teknologi sesuai kebutuhan, alokasikan waktu untuk bermain teknologi ,membuat aturan dan batasan. Jadi mulai dari sekarang kita terapkan cara bijak dalam menggunakan teknologi agar hidup kita aman dan tentram.

Penulis : Bernika Nafa Dimiati/Mahasiswa UMP

Iklan

×
Berita Terbaru Update