Notification

×

Iklan

Pembelajaran Daring Era Pandemi Covid-19

Wednesday, 29 December 2021 | 16:17 WIB Last Updated 2021-12-29T09:17:20Z

 

Pembelajaran selama pandemi Covid-19 ini memberikan dampak pada dunia Pendidikan di Indonesia. Akibat dari pandemi ini dalam dunia Pendidikan adalah diterapkannya pembelajaran secara daring, banyak kendala saat menerapkan pembelajaran daring ini mulai dari pembiasaan tidak tatap muka secara langsung di sekolah, guru yang mengajar berbasis aplikasi Pendidikan dan juga murid yang membiasakan diri belajar digital dirumah tanpa bertatap muka langsung dengan guru.

Kendala-kendala tersebut memicu permasalahan kebelangsungan proses pembelajaran, lokasi rumah para siswa yang kadang kala tidak terjangkau jaringan internet, tidak meratanya subsidi kuota Pendidikan dari pemerintah di daerah daerah pelosok juga menjadi beberapa faktor kenda-kendala dalam proses pembelajaran.

Sebagai seorang guru yang dituntut untuk menyesuaikan proses pembelajaran daring ini membuat para guru menjadi belajar tentang aplikasi yang digunakan secara daring dalam dunia Pendidikan seperti web berbasis Pendidikan serta aplikasi google classroom, telegram dan sebagainya. Guru juga harus menyesuaikan dalam menerangkan materi dan pemberian tugas, karena tidak bertatap muka secara langsung siswa kadang kala kurang paham terhadap materi yang diberikan,sehingga guru harus mencari cara agar materi yang disampaikan dapat menarik dan membuat paham.

            Pembelajaran secara daring juga membuat para orang tua harus mengawasi dan menemani saat proses pembelajaran daring berlangsung, karena siswa kelas rendah sekolah dasar yang baru belajar tentang dunia digital juga perlu bimbingan yang konsisten tentang penggunaan aplikasi yang digunakan. Orang tua juga harus belajar menggunakan aplikasi serta ikut berperan aktif dalam pembelajaran daring.

Pembelajaran daring menimbulkan banyak kendala yang cukup menyulitkan guru dan peserta didik dalam berinteraksi, namun dengan pembelajaran daring juga menimbulkan dampak yang baik bagi dunia Pendidikan di Indonesia, dengan begitu para guru, siswa serta orang tua menjadi tidak gagap teknologi lagi karena diharuskan dapat menggunakan web dan aplikasi di handphone.

Harapan untuk dunia Pendidikan di Indonesia agar semakin dapat berinovasi serta makin kreatif dalam mengembangkan media pembelajaran serta pendekatan pembelajaran yang efektif digunakan pada saat proses pembelajaran. Semoga Indonesia menjadi negara yang mampu mencetak generasi bangsa yang cinta tanah air dan mau berkembang.

Penulis : Esafani Auraningtyas/Mahasiswa UMP

Iklan

×
Berita Terbaru Update