Notification

×

Iklan

Pendidikan Dimulai Dari Membiasakan Membaca

Wednesday, 29 December 2021 | 16:14 WIB Last Updated 2021-12-29T09:14:42Z

 

Pendidikan adalah hal yang paling penting dalam kehidupan umat manusia, melalui pendidikan seseorang mendapatkan ilmu., sehingga mumpuni menjalani hari-hari, mampu untuk memenuhi harapan dan kebutuhan untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas. Pendidikan juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kemajuan sebuah negara dan membaca merupakan salah satu bagian dari pendidikan yang harus sering dilakukan oleh setiap orang.

Namun sementara ini minat baca masyarakat kita sangat rendah. Pola pikir membaca hanya sekedar hobi/kegemaran masih sering kita dengar. Pendapat ini menjadikan seseorang tidak mau membaca hanya karena bukan termasuk salah satu hobinya. Padahal kita semua tak bisa memungkiri bahwa membaca adalah kunci dari gudang ilmu. Bahkan ada pepatah yang mengatakan bahwa membaca adalah membuka jendela dunia, karena dengan membaca maka kita bisa mengetahui banyak hal. Namun Kemampuan dan kemauan membaca seseorang dipengaruhi pengetahuan dan keterampilan orang itu sendiri, yang artinya banyaknya pengetahuan seseorang akan membantu dirinya dalam melakukan banyak hal yang sebelumnya tidak diketahui, sehingga orang tersebut akan menggali informasi salah satunya dengan membaca.

Rendahnya minat baca sangat mempengaruhi kualitas suatu negara, karena dengan rendahnya minat baca tidak mengetahui perkembangan ilmu pengetahuan dan informasi di dunia, di mana pada akhirnya akan berdampak pada ketertinggalan dalam bernegara. Untuk itu, agar tidak jauh ketinggalan oleh negara tetangga sangat diperlukan motivasi agar seseorang tumbuh  minat membaca sejak dini, tentu saja dengan berbagai upaya, tidak hanya dari sekolah tetapi dari dukungan keluarga dan masyarakat sekitar.

Secara bersama-sama masyarakat bisa menciptakan lngkungan yang mendukung seperti menyediakan perpustakaan untuk mendukung proses pembelajaran, sementara itu, pemerintah mengeluarkan kebijakan-kebijakan dalam penyediaan bahan informasi yang dibutuhkan dan tidak harus identik dengan buku saja, mengingat sekarang sudah di zaman serba digital, segala informasi terkini telah tersedia di dunia internet dan media elektronik lainnya.

Sementara kita generasi muda penerus bangsa, bisa memulai dari diri kita sendiri dan harus tetap optimis, mau bekerja keras untuk terus giat belajar apapun kondisinya jangan menjadi halangan, agar kita nanti bisa merubah nasib negeri ini dari ketertinggalan dunia pendidikan dan menjadikan membaca adalah kebutuhan bagi kita semua, tak ada lagi waktu yang terbuang tanpa membaca, sehingga suatu saat nanti bangsa ini bisa menjadi mercusuar dunia.

Sekian dari saya yang tidak pandai beropini dan ini hanya goresan curahan hati seorang mahasiswi yang ingin menjadi guru. Pocut Adinda Permata/Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Iklan

×
Berita Terbaru Update