Notification

×

Iklan

Peranan Guru Terhadap Siswa Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid 19

Monday, 27 December 2021 | 19:50 WIB Last Updated 2021-12-27T12:50:59Z

 

Akibat dari merebaknya pandemi Covid 19 di Indonesia terhitung sejak Maret 2021 lalu tentu sangat merubah pola hidup kita semua. Bahkan sampai sekarang ini pandemi belum kunjung selesai. Tak terkecuali bidang pendidikan yang sangat terdampak dari pandemi ini, menjadikan semua proses pendidikan dilakukan secara daring ( online ). Tentu ini akan sangat mempengaruhi proses pembelajaran siswa, siswa akan menjadi sangat jenuh dalam belajar.

Dalam hal ini guru dituntut harus mampu membuat pembelajaran daring ini tetap berjalan dengan baik dan tidak membosankan agar siswa tidak merasa jenuh. Sebagai guru harus bisa memotivasi siswa agar tetap belajar dengan semaksimal mungkin di masa pandemi seperti sekarang ini. Walaupun sulit untuk bisa belajar secara maksimal, tetapi sebagai guru tetap harus menginspirasi siswanya agar tetap belajar dengan baik di rumah masing-masing.

Peranan guru kini sangatlah penting terhadap siswanya mengingat proses pembelajaran tidak bisa bertatap muka lagi secara langsung. Guru harus bisa mengupayakan dengan semaksimal mungkin supaya siswa bisa memahami materi yang telah disampaikan.

Guru harus memberikan materi atau tugas kepada siswa disertai motivasi-motivasi agar tetap semangat dan tidak jenuh dalam belajar ditengah-tengah merebaknya pandemi Covid 19. Guru juga harus memberikan masukan-masukan yang positif agar siswa tidak merasa ketakutan dan kekhawatiran yang berlebihan terhadap pandemi Covid 19 ini.

Sebagai guru sepatutnya juga harus menghimbau kepada siswa agar terhindar dari virus tersebut. Dengan selalu menggunakan masker, menjaga jarak dengan orang lain, selalu cuci tangan pakai sabun, menjauhi kerumunan, dan pola makan yang sehat secara teratur. Demi membantu memutuskan rantai penularan Covid 19. Kita juga harus selalu berpikir positif dan tetap menjaga imun tubuh agar tetap sehat.

Sebagai guru yang terutama juga harus memperhatikan siswanya agar tidak terlalu stres akibat tugas-tugas yang diberikan oleh guru. Alangkah baiknya seorang guru mengajar dengan daring juga tetap memberikan penjelasan kepada siswa, bukan hanya tugas secara terus-menerus, dikarenakan siswa juga membutuhkan penjelasan dari guru untuk memahami materi yang diberikan.

Dalam menyampaikan materi guru harus bisa membuat suasana pembelajaran menjadi hidup, bukan hanya dengan metode ceramah, tetapi lebih ke pembelajaran yang inovatif, seperti tanya jawab kepada siswa, games, dan lain sebagainya. Dengan demikian siswa akan lebih cenderung semakin semangat dan lebih senang dalam belajar.

Proses pembelajaran secara daring mengharuskan seorang guru dapat menguasai teknologi dengan baik. Guru harus aktif dan inovatif terhadap teknologi masa sekarang ini sesuai dengan situasi saat sekarang ini. Alangkah baiknya guru dapat menguasai beberapa cara untuk mendukung proses pembelajaran secara daring, contohnya melalui wa, google classroom, zoom, google meeting, dan lain sebagainya. Guru juga harus cermat dalam menentukan metode pembelajaran yang akan digunakan dalam pembelajaran daring tersebut.

Dengan demikian, seorang guru sangatlah berperan penting bagi siswa demi mendukung berlangsungnya proses pembelajaran secara daring dapat berjalan dengan baik di masa pandemi seperti sekarang ini.

Penulis : Andi Pratama / Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo

Iklan

×
Berita Terbaru Update