Notification

×

Iklan

Permasalahan Perkembangan Teknologi Pendidikan Di Indonesia

Monday, 27 December 2021 | 19:13 WIB Last Updated 2021-12-27T12:13:13Z

 

Kemajuan teknologi yang berkembang pesat telah memengaruhi segala aspek kehidupan manusia, baik dalam bidang politik, ekonomi, sosial, budaya, dan dalam bidang pendidikan. Kemajuan teknologi adalah sesuatu hal yang tidak bisa kita hindari pada zaman yang sudah modern seperti saat ini, karena semakin majunya ilmu pengetahuan maka semakin maju pula perkembangan teknologi.

Kemajuan  teknologi menyebabkan terciptanya lingkungan belajar global yang memudahkan siswa dalam mencari pengetahuan atau referensi untuk proses pembelajaran oleh berbagai sumber dan layanan belajar elektronik. Setiap teknologi mempunyai dampak positif maupun dampak negatif.

Dampak positif penggunaan teknologi dalam dunia pendidikan diantaranya, sebagai referensi untuk mencari ilmu pengetahuan yang tidak disampaikan oleh guru, adanya media massa khususnya media elektronik seperti jaringan internet, media online, membantu guru dan peserta didik dalam melakukan proses pembelajaran. Dalam hal ini adalah guru bukan satu-satunya sumber ilmu pengetahuan bagi siswa, sehingga siswa tidak perlu terlalu terpaku terhadap informasi atau ilmu yang disampaikan oleh guru, tetapi juga bisa mengakses referensi mata pelajaran langsung dari internet.

Adapun dampak negatif teknologi terhadap dunia pendidikan, diantaranya siswa menjadi malas belajar karena terlalu sering mencari referensi di internet sehingga siswa menjadi tidak mandiri dalam pengerjaan tugas dan lainnya, dengan adanya kemajuan teknologi seharusnya dapat memudahkan siswa dalam belajar, seperti penggunaan gadget, laptop dengan jaringan internet, hal inilah yang membuat siswa menjadi malas  belajar dan jarang membuka buku, padahal membaca buku merupakan hal penting dan harus dilakukan oleh setiap siswa, terkadang mereka hanya menghabiskan waktu untuk internetan mencari kesenangan sendiri bukan untuk menambah ilmu pengetahuan  seperti bermain game online, facebook, youtube, instagram, twitter,TikTok, dan lainnya akan mempengaruhi minat belajar siswa.

Permasalahan dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan diantaranya:

·         Kurang adanya infrastruktur TIK

·         Kurangnya infrastruktur telekomunikasi dan perangkat hukum yang mengaturnya.

·         Mahalnya biaya TIK dan penggunaan fasilitas TIK

Solusi Untuk Permasalahan Perkembangan Teknologi Pendidikan diantaranya:

·         Guru dan siswa sebaiknya memiliki akses terhadap teknologi digital dan internet dalam kelas, sekolah, maupun lembaga pendidikan.

·         Tersedianya materi yang berkualitas, bermanfaat, dan menyenangkan dari guru kepada siswa.

·         Guru harus memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan alat-alat dan sumber-sumber digital dalam kegiatan belajar mengajar.

·         Tersedianya dana yang cukup dari sekolah untuk menyediakan, mengembangkan dan merawat sarana prasarana TIK.

·         Adanya kemauan dan dukungan dari semua pihak, yaitu kepala sekolah, guru, wali peserta didik, serta peserta didik itu sendiri.

 

Penulis:

Athifah Nur Azizah

NIM 212180119

Kelas C Semester 1

Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)

Universitas Muhammadiyah Purworejo

Iklan

×
Berita Terbaru Update