Notification

×

Iklan

Pembelajaran Di Era Pandemi

Monday, 27 December 2021 | 19:24 WIB Last Updated 2021-12-27T12:24:53Z

 

Pandemi menghantam berbagai sector di Indonesia. Tak hanya sector ekonomi yang mulai kewalahan, ektor pariwisata, sector transportasi dan manufaktur juga kebakaran jenggot dalam menghadapi pandemic ini. Sektor pendidikan pun memngalami perubahan besar. Kini, sector pendidikan memiliki wajar dan system baru. Saat ini, proses kegiatan belajar mengajar memang tidak hanya dilakukan di sekolah saja. Proses kegiatan belajar mengajar lebih di tekankan dengan kegiatan pembelajaran daring ataupun blanded learing. Hal ini juga menimbulkan pro dan kontra dalam masyarakat. Kegelisahan dari kedua orang tua terkait kegiatan belajar mengajar sangat tinggi.

Hal ini dikarenakan pembelajaran daring yang tidak cukup efektif karena anak menganggap rumah itu untuk tempat bermain ataupun bersantai, bukan tempat untuk belajar. Disamping itu, dalam era Globalisasi ilmu pengetahuan yang merupakan sumber bahan ajar juga berkembang begitu cepat. Dengan Heterogenitas siswa dalam berbagai dimensi ( Intelektual, kultural dan ekonomi) terus berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai objek belajar juga menjadi tuntutan guru dalam memberikan materi kepada siswa. Ditambah lagi proses kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring. Pembelajaran jarak jauh yang dilakukan guru lewat media online seperti Whatsapp, Google Meet, Google Form dan jenis lainnya.

Namun demikian sistem ini perlu desain dan teknik pembelajaran yang khusus agar dapat diterapkan. Evaluasi kebijakan perlu dilakukan untuk mengevaluasi sistem pembelajaran jarak jauh yang selama ini dilaksanakan di sekolah pada semua jenjang pendidikan.

Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan penulis, diperoleh gambaran bahwa pembelajaran jarak jauh dinilai belum efektif dan maksimal apabila diterapkan pada sekolah yang infrastrukturnya belum memadai.

Hal ini dikarenakan pembelajaran jarak jauh berbasis teknologi memerlukan pendekatan yang berbeda dalam hal perencanaan, pelaksana dan evaluasinya. Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh, peserta didik membutuhkan perhatian khusus, terutama sarana prasarana yang digunakan, jaringan internet yang memadai dan motivasi diri agar dapat mengikuti proses pembelajaran yang bersifat mandiri.

Permasalahan pembelajaran jarak jauh diantaranya adalah belum meratanya akses jaringan internet, gawai yang belum memadai, mahalnya biaya kuota, belum meratanya penguasaan iptek di kalangan pendidik atau guru, belum siapnya pelaksanaan proses belajar mengajar menggunakan metode pembelajaran jarak jauh, dan kesulitan orang tua dalam mendampingi anak-anaknya melakukan kegiatan belajar mengajar menjadi kendala yang ditemui selama proses pembelajaran jarak jauh.

Disamping itu, tentunya ada juga kelebihan dan kekurangan dalam pembelajaran

Kelebihan pembelajaran daring :

1.      Dapat diakses dengan mudah.

2.      Biaya lebih terjangkau.

3.      Waktu belajar menjadi lebih fleksibel.

4.      Dapat memiliki wawasan yang luas.

Kekurangan pembelajaran daring :

1.      Keterbatasan askes internet.

2.      Berkurangnya interaksi dengan pengajar.

3.      Sulitnya memahami materi.

4.      Minimnya orang tua ataupun guru dalam proses belajar mengajar.


Dengan model pembelajaran daring saat ini, ada beberapa peserta didik yang menerima pembelajaran daring alasannya karna model pembelajaran daring lebih santai, menyenangkan, fleksibel, efisien, singkat, praktis, cepat, tepat, aman, mudah, hemat waktu, hemat tenaga. Cara itu juga bisa dilakukan jarak jauh tanpa berkumpul di tempat yang sama.

Selain itu manfaat lain dari model pembelajaran dalam jaringan adalah orang tua bisa mengawasi anak-anaknya belajar, membuat siswa atau guru menjadi melek teknologi, mempercepat era 5.0, meningkatkan kemampuan dibidang ilmu teknologi. Siswa juga menjadi lebih kreatif dalam menyelesaikan tugas mereka, dapat mengkondisikan diri senyaman mungkin untuk belajar tanpa aturan yang formal.

 Penulis :Fitria Amanah Widasari / Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo

Iklan

×
Berita Terbaru Update