Notification

×

Iklan

Permasalahan Sosial Akibat Pengaruh Globalisasi

Monday, 27 December 2021 | 19:00 WIB Last Updated 2021-12-27T12:00:32Z

 

Saat ini, globalisasi menjadi fenomena yang sangat mempengaruhi kehidupan masyarakat di seluruh dunia, baik secara positif maupun negatif. Akibat dari globalisasi, teknologi mengalami perkembangan yang sangat signifikan. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terutama setelah munculnya internet, sangat mempercepat proses globalisasi yang semakin mempersatukan dunia.

Namun, akibat dari globalisasi tentunya dapat menghadirkan berbagai permasalahan sosial dalam masyarakat. Hal ini dikarenakan globalisasi memiliki dua sisi yang bertolak belakang. Satu sisi menjanjikan kemajuan bagi kehidupan sedangkan disisi yang lain dapat menyebabkan munculnya berbagai bentuk permasalahan sosial. Ketika bersentuhan dengan budaya lain, tentu ada nilai-nilai dari luar yang kita adaptasi secara sadar maupun tidak sadar. Jika kita hanya menggambil hal baiknya saja tentu tidak ada masalah. Sayangnya, ada juga yang justru meniru hal-hal yang buruk sehingga meningkatkan kejahatan yang menjadi permasalahan dalam masyarakat.

Salah satu permasalahan yang disebabkan oleh globalisasi adalah kenakalan remaja. Kenakalan remaja merupakan pelanggaran atau penyelewengan nilai-nilai dan norma yang dilakukan remaja dalam suatu tatanan aturan yang berlaku dalam masyarakat. Masa remaja merupakan masa transisi, dimana remaja mengalami perubahan dalam dirinya baik dari segi fisik, emosional, maupun sosial

Kenakalan remaja sangat beragam, contohnya seperti kabur daari rumah, tawuran, membawa senjata tajam, balap liar atau kebut-kebutan di jalan, bahkan tindakan yang mengarah pada kriminalitas atau perbuatan yang melanggar hukum seperti mencuri, pembunuhan, mengkonsumsi obat-obatan terlarang, seks bebas dan Tindakan kejahatan lainnya.

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab kenakalan remaja yaitu faktor keluarga, faktor lingkunga sosial dan faktor sekolah. Saat berada pada tahap perkembangan awal remaja sebagian besar umumnya dihabiskan di lingkungan rumah atau pada pengawasan keluarga. Sehingga, nilai-nilai yang dianut orang tua akhirnya terpola keanaknya sehingga muncul pendapat bahwa segala hal negatif pada anak bukan dari faktor bawaan atau keturunan, melainkan karena proses Pendidikan atau sosialisasi dalam keluarga.  

  Lingkungan merupakan hal yang sangat berpengaruh dalam pembentukan sikap dan sifat remaja. Remaja yang salah memilih tempat atau teman dalam pergaulannya maka akan berdampak negatif terhadap perkembangan dirinya, sehingga perlu adanya pendampingan serta penanganan khusus orang tua untuk anak-anak mereka agar tidak terjerumus dalam kenakalan remaja.  

Sebagai remaja generasi penerus bangsa, kita harus pintar memilah dampak-dampak yang baik dari globalisasi. Beberapa hal yang dapat diupayakan remaja untuk menghadapi globalisasi antara lain:

a.       Memanfaatkan gaya instant untuk hal yang positif bukan negatif

b.      Memperkuat ideologi Pancasila

c.       Berperan sebagai penggerak kemajuan bangsa

d.      Menjadikan budaya sendiri sebagai prioritas

e.       Tidak bergantung pada modal asing

f.       Tidak meninggalkan sejarah-sejarah perjuangan

g.      Membedakan mana yang baik dan buruk untuk diikuti

h.      Memiliki acuan dan pegangan diri yang kuat

 

Penulis

Mei Rofidatul Marfufah NIM 212180112

Kelas C Semester 1

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Purworejo

Iklan

×
Berita Terbaru Update