Notification

×

Iklan

Tantangan Pembelajaran di Sekolah, Masa Pandemi dan Dampak yang di Timbulkan

Monday, 20 December 2021 | 07:50 WIB Last Updated 2021-12-20T00:50:25Z

ilustrasi/google
Pada masa pandemi Covid-19 ini memang memberikan banyak sekali tantangan yang sangat terasa pada pendidikan yang ada di Indonesia. Tantangan demi tantangan dalam pendidikan sudah terlewati, ada yang bisa melewati ada juga yang gagal melawati tantangan ini. Tantangan ini dapat menimbulkan berbagai dampak terhadap pelaksanaan pembelajaran, mulai dari dampak negatif hingga dampak positif.

Pandemi ini membuat pembelajaran yang ada di sekolah menjadi tidak teratur dan membutuhkan adaptasi-adaptasi baru guna melaksanakan pembelajaran. Dalam pembelajaran membutuhkan teknologi-teknologi canggih. Hal ini mengakibatkan sekolah-sekolah di pelosok mengalami kendala dalam melaksanakan pembelajaran karena diharuskan melakukan pembelajaran dari rumah atau secara online.

Mungkin untuk orang yang tinggal di daerah kota, sudah terbiasa dengan teknologi-teknologi ini, lain halnya dengan siswa-siswa yang berada di pelosok mereka mengalami kesulitan dalam melakukan pembelajaran secara online. Mulai dari perangkat yang di gunakan dan jaringan yang tidak memenuhi syarat untuk melakukan pembelajaran secara online. Hal tersebut membuat siswa-siswa menjadi bermalas-malasan melakukan pembelajaran. Sering kali para siswa menunda-nunda pekerjaan yang telah diberikan oleh gurunya. Akibatnya guru pun menjadi bingung juga dengan hal tersebut, karena guru harus merekap nilai dari siswa-siswanya.

Sebenarnya tidak hanya siswa yang mengelami kendala dalam melakukan pembelajaran secara online, guru pun juga mengalami kendala. Guru harus menyusun RPP Daring (Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran secara Dalam Jaringan). Semua ini harus saling menyesuaikan agar pelaksanaan pembelajaran berjalan dengan lancar dan semua materi dapat tersampaikan, siswa pun dapat memahami semua pembelajaran yang di sampaikan oleh gurunya. 

Tetapi seiring dengan berjalannya waktu, pembelajaran secara online ini sudah mulai terbiasa, justru siswa-siswa lebih santai dari rumah dalam mengikuti pembelajaran. Selain itu, pandemi ini membuat perubahan dan memunculkan trobosan-trobosan baru dalam sistem pembelajaran. Mulai dari teknologi yang digunakan maupun dari sistem-sistem pembelajaran yang lebih modern. Semua dapat mengunakan teknologi yang maju, lebih modern dan canggih. Guru dan siswa harus dapat mengikuti perkembangan teknologi yang dari taahun ke tahun mengalami perkembangan terutama dalam dunia pendidikan.

Oleh karena itu, pandemi ini mempunyai banyak sekali tantangan dalam melaksanakan pembelajaran. Hal ini mengakibatkan munculnya berbagai dampak positif dan juga punya dampak negatif. Semua itu dapat terlewati jika kita bisa melalukan adaptasi-adaptasi baru. Seperti membiasakan menggunakan perangkat-perangkat pembelajaran. 

Tetapi akhir-akhir ini sekolah-sekolah sudah mulai di buka tetapi sistemnya masih secara bergantian, tidak langsung semua. Tetapi tak lupa juga menerapkan protokol kesehatan yang ketat seperti memakai masker dan cuci tangan menggunakan sabun. Kita berharap semoga pandemi ini segera berakhir dan pendidikan yang ada di Indonesia dapat kembali berjalan normal.

Penulis : Gita Kumalasari

Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Universitas Muhammadiyah Purworejo

Iklan

×
Berita Terbaru Update