Notification

×

Iklan

Pituruh Miliki Gedung Puskesmas Baru

Friday, 7 January 2022 | 08:34 WIB Last Updated 2022-01-07T01:34:05Z

 

PITURUH, (pituruhnews.com) - Masyarakat di wilayah Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo memiliki Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) baru dengan struktur bangunan dan fasilitas penunjang yang lebih memadai. Bangunan utama Puskesmas yang terletak di kompleks Kantor Kecamatan Pituruh tersebut kini telah selesai dibangun dan akan segera difungsikan.

Dikutip, metrotimes.news Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) kabupaten Purworejo, dr Sudarmi MM, saat dikonfirmasi melalui sekretarisnya, Ekaningtyas Darmi Astuti SKep Ns MM, menyebut gedung Puskesmas Pituruh yang selama ini terletak di dekat Alun-Alun Pituruh berdiri di tanah milik desa. Karena itu, Dinkes bersama pemerintah Kecamatan Pituruh berupaya untuk membangun kembali gedung Puskesmas di lahan milik Pemkab.

“Dilihat dari bangunannya, Puskesmas yang lama juga sudah tidak representatif. Nah, untuk yang baru ini sekarang lebih representif dan sesuai standar pembangunan Puskesmas,” sebutnya, Kamis (6/1).

Menurutnya, pemindahan dan pembangunan kembali Puskesmas dari tanah milik desa ke tanah milik Pemkab tersebut bukan yang pertama. Sejauh ini, pembangunan serupa telah dilakukan di beberapa kecamatan.

“Dari 27 Puskesmas, kita masih punya sekitar 13 Puskesmas yang berdiri di tanah desa. Secara bertahap kita selesaikan karena memang tidak mudah mencari lahan yang representatif sesuai standar, mulai dari letaknya, akses jalan, dan lain lain,” jelasnya.

Diungkapkan, pembangunan Puskesmas Pituruh merupakan bagian dari program peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Dengan sarana prasarana yang lebih memadai, masyarakat di wilayah Kecamatan Pituruh diharapkan dapat mengakses layanan kesehatan dengan lebih baik.

“Puskesmas Pituruh ini melayani rawat inap,” lanjutnya.

Lebih lanjut Ekaningtyas menerangkan bahwa pembangunan gedung utama Puskesmas Pituruh yang menggunakan anggaran DAK tahun 2021 tersebut telah selesai dan diserahterimakan pada 24 Desember 2021 lalu. Sementara untuk bangunan pelengkap seperti lanscape dan beberapa penunjang lain akan dikerjakan tahap berikutnya.

“Untuk bangunan utama sudah selesai 100 persen, sesuai perencanaan, dan siap ditempati. Tadi malam saya sudah komunikasi dengan kepala Puskesmas agar sesegera mungkin ditempati,” terangnya.

Sementara itu, dari pantauan metrotimes di lokasi pada Kamis (6/1) siang, tampak sejumlah pegawai Puskesmas Pituruh meninjau gedung Puskesmas baru itu. Dalam papan proyek yang ada di depan gedung tertera bahwa pembangunan dikerjakan oleh Kontraktor Pelaksana PT Putra Karya Salimindo dan Konsultan Perencana PT elcentro Engineering Consultant dengan nilai kontrak Rp6.480.988.874,13.

Project manajer PT Putra Karya Salimindo, Raditio Bachtiar MArs, saat dikonfirmasi metrotimes menyebut pembangunan telah direalisasikan sesuai target, yakni selama 180 hari. Dalam pengerjaannya, pihaknya melibatkan warga sekitar sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat.

“Untuk pekerjanya memang kita mix, tapi sejak awal kita melibatkan masyarakat setempat. Itu juga sesuai pesan Kepala Dinas agar pekerja memberdayakan warga lokal. Pada awal kita libatkan sekitar 80 orang lokal,” sebutnya.

Menurut Raditio, gedung Puskesmas Pituruh didesain dengan perencanaan yang matang sebagai bangunan yang kokoh. Hal itu mengingat Puskesmas merupakan fasilitas publik yang akan digunakan dalam jangka waktu lama dan harus terjamin keamanannya dari ancaman bencana.

“Bangunan ini punya kolom struktur banyak. Di perencanaannya memang dibuat kokoh karena ini bangunan publik, semua diperkuat. Semoga bermanfaat bagi masyarakat,” tandasnya.

Sumber : https://metrotimes.news/headline/pituruh-miliki-gedung-puskesmas-baru

Iklan

×
Berita Terbaru Update