Notification

×

Iklan


BKDAPM (Eks.PNPM) Laporan Tahun Anggaran 2021 dan Rencana Kerja 2022 di Aula Kecamatan Pituruh

Monday, 7 March 2022 | 22:36 WIB Last Updated 2022-03-07T15:40:52Z

PITURUH, (pituruhnews.com) - Bertempat di Aula Kecamatan Pituruh, Badan Kerjasama Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat (BKDAPM) Kecamatan Pituruh menggelar Laporan Kegiatan BKDAPM (Eks.PNPM) Tahun Anggaran 2021,  Recana Kegiatan Tahun Anggaran 2022 dan Musyawarah Antar Desa (MAD), Senin, 07/03/2022.


Kegiatan ini turut hadir dalam Musyawarah Antar Desa (MAD) Kepala Desa 49 Desa se-kecamatan Pituruh, Ketua BPD, Perwakilan Perempuan Kecamatan Pituruh. Dan juga Forkompimca Pituruh yaitu Polsek, Koramil/09 Pituruh dan Juga Pemerintah Kecamatan Pituruh.

Diungkapkan, Diah Atmaji Ketua UPK bahwa kegiatan Badan Kerjasama Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat (BKDAPM) ini merupakan kegiatan laporan tahunan yang digelar oleh Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) yang sekarang menjadi BKDAPM.


"Kegiatan ini tidak hanya laporan tahunan saja, namun sekaligus sosialisasi Transformasi UPK DAPM Eks.PNPM menjadi Bumdesma. Rangkaian acara ini yaitu tidak hanya satu saja tetapi juga penyampaian laporan kegiatan kelembagaan tahun anggaran 2021 dan rencana kerja 2022." ucapnya.


Diah juga mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan bisa tersampaikannya sosialisasi transformasi kepada masyarakat dengan adanya Badan Kerjasama Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat (BKDAPM) di Kecamatan Pituruh. 


"Adanya BKDAPM ini dapat menjadikan pelestarian aset dan perlindungan badan hukum, dengan harapan apapun bentuk regulasinya tetap mengutamakan pemberdayaan dan pengentasan masy miskin melalui kegiatan-kegiatan pengembangan ekonomi yang berdaya guna dan tepat sasaran dan tentunya tidak lepas dari dukungan semua pihak terutama pemdes se-kecamatan Pituruh." tuturnya.

Sementara itu, Camat Pituruh Bangun Erlangga Ibrahim yang hadir dalam acara tersebut menyampaikan banyak terima kasih kepada bapak ibu yang telah hadir, untuk bersama sama melaksanakan musyawarah antar desa dalam rangka laporan keuangan BKDAPM tahun 2021, mengingat momentum MAD ini sangat penting dalam rangka mengawal akuntabilitas pelaksanaan program Dana Amanah Pembedayaan Masyarakat. 


"Melalui kegiatan ini terkhusus kami sampaikan terimakasih kepada jajaran BKAD, UPK dan lembaga kelengkapan lainnya yang telah mengabdi dan berkinerja melaksanakan tugas dan fungsi sebagai pelaksana program ini, semoga kedepan program ini senantiasa semakin baik dan lancar serta memberikan kemanfaatan bagi masyarakat Pituruh."ucapnya.


Ia juga mengatakan berterimakasih kepada Kepala DPPPMD Kabupaten Purworejo beserta jajaran yang telah hadir untuk menyaksikan dan mengawal pelaksanaan MAD BKDAPM di Kecamatan Pituruh, dengan harapannya  ini bisa memberikan semangat bagi kita semua dan juga menguatkan komitmen kita bersama untuk mengawal transisi perubahan dari BKDAPM menuju BUMDES Bersama.


"Pada kesempatan yang baik ini, saya juga akan disosialisasikan terkait kebijakan transformasi yang sedang kita siapkan bersama secara serentak. Untuk itu mohon dukungan segenap komponen agar kedepannya kita bisa mengawalnya dengan optimal." terang Bangun.


Tidak hanya itu, Bangun Erlangga juga menyampikan, selanjutnya setelah dicermati kondisi keuangan kita masih dalam posisi baik, namun kondisi pandemi covid tidak sedikit menjadi kendala bagi kita untuk bagaimana surplus bisa jauh lebih optimal. Untuk itu pada kesempatan yang baik ini pula, kami berpesan kepada segenap masyarakat untuk terus mendukung upaya upaya gugus tugas dalam rangka penanganan covid 19, khususnya dalam hal percepatan vaksinasi. Selain itu kami berharap para pemanfaat SPP dapat menjaga komitmen dan kepercayaan yang diberikan, sehingga hal ini akan berdampak baik pada perkembangan perguliran DAPM Kecamatan Pituruh.


"Saya berharap untuk teman-teman BKDAPM tetap semangat, insyallah segala hal yang sudah kita niati dan rencanakan dengan baik, kita laksanakan dengan baik, semoga akan memberikan kebaikan dan kemanfaatan bagi kita semua." tambahnya.


"Semua secara umum pihak-pihak terkait selalu mendukung, karena BKADPM ini ada payung hukum yang jelas, makan akan lebih bisa berkembang dengan adanya bumdesma, dengan secara khusus BKDAPM ini salah satu bentuk pemberdayaan masyarakat dan utamanya pengentasan kemiskinan." tutup Minat Hartono ketua Ketua BKAD Kecamatan Pituruh.(PN/LT)

Iklan

×
Berita Terbaru Update