Notification

×

Iklan


"Mbangun Deso" Kolaborasi LPK X Japan Rekrut Pemuda ke Negeri Sakura

Tuesday, 8 March 2022 | 18:36 WIB Last Updated 2022-03-08T12:05:04Z

PURWOREJO, (pituruhnews.com) - Kebutuhan Negara Jepang akan tenaga kerja asing semakin meningkat, diketahui Jepang membutuhkan tenaga kerja untuk visa "Specific Skills Worker (SSW)"  berjumlah 345.150 orang selama 5 tahun kedepan untuk 14 sektor industri. Dari jumlah tersebut, untuk kebutuhan tenaga perawat berjumlah 60.000 orang untuk lima tahun ke depan sedangkan untuk bidang industry yang dibutuhkan sebanyak 30.000 orang. 


Untuk merespon banyaknya kesempatan bekerja di Jepang tersebut akhirnya Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) X Japan menyediakan Progam Magang ke negeri Sakura. 

Direktur LPK X Japan Imam Mujahid Islam Alhaj, S.Pd mengatakan bahwa LPK miliknya sudah berdiri sejak 2012 dan mewadahi mereka yang ingin melakukan pelatihan ataupun pendidikan bahasa yang nantinya bisa digunakan untuk ketentuan magang ataupun bekerja di Jepang. LPK X Japan juga didukung oleh pengajar dan pembimbing yang kompeten di bidangnya serta berpengalaman langsung di Jepang sebagai trainer yang mampu mendidik calon peserta program praktik kerja ke Jepang agar lulus tes seleksi di perusahaan negara maupun Swasta di Jepang. 


"Kami mempunyai progam "Mbangun Ndeso" dimana yang kita rekrut adalah pemuda dan pemudi di bawah 30 tahun," katanya kepada tim media online pituruhnews.com, pada Selasa, 08/03/2022. 


Pihaknya menambahkan dengan merekrut peserta yang mayoritas pemuda, diharapkan akan memberikan perubahan di masyarakat dan dapat menciptakan lapangan pekerjaan setelah pulang bekerja di Jepang. Setelah kontrak kerja di Jepang 3-5 tahun nantinya peserta akan mendapatkan uang pesangon untuk modal usaha di kampung halaman masing-masing. 


"Sejak tahun 2012 kita sudah memberangkatkan 300 an siswa, kita harapkan setelah bekerja di Jepang para alumni dapat berperan aktif dalam berkontribusi untuk desa utamanya lewat kerja magang ke Jepang, nantinya setelah tiga sampai lima tahun menjadi wirausaha di desanya masing-masing." kata Imam Mujahid usai kegiatan sosialisasi yang diadakan di Rumah Makan Tinora Pituruh. 

Sementara itu, Kabid Tenaga Kerja dan Transmigrasi Din Perin Trans Naker Kabupaten Purworejo, Venny Yudha Apriyani, S.STP.MH, menjelaskan Penempatan kerja tahun 2021 sebanyak 3.097 orang dengan rincian Jumlah Antar kerja Lokal (AKL) sebanyak 1.955 orang dan Jumlah antar kerja antar Daerah (AKAD) sejumlah 808 orang. 


"Sedangkan Jumlah antar kerja antar negara (AKAN) sejumlah 168 orang di Kabupaten Purworejo," katanya. 

Lanjut, Anggota DPRD Kabupaten Purworejo Luhur Tri Endro Sadewo, SP.MAP yang juga hadir dalam kesempatan tersebut menyampaikan, pihaknya mendorong penuh LPK X Japan untuk menyelenggarakan progamnya di Purworejo khususnya di Kecamatan Pituruh. Progam dari LPK X Japan dirasa perlu untuk meningkatkan kondisi perekonomian masyarakat. 


"Ini merupakan pemberdayaan pemuda dan dapat menurunkan angka kemiskinan, karena ada progam kemanfaatan "Mbangun Ndeso" setelah pulang dari Jepang," katanya. 


Hal serupa dikatakan, Camat Pituruh Bangun Erlangga Ibrahim, S.STP.MM sangat mengapresiasi atas kegiatan dan progam yang dilakukan oleh LPK X Japan di Kecamatan Pituruh. Menurutnya kegiatan seperti ini dapat memberikan peluang bagi warga Pituruh dan Purworejo pada umumnya. 


"Kami mengapresiasi LPK X Japan dengan program-program nya, banyak progam yang positif yang kedepan akanemberikan alternatif kepada para pemuda untuk membangun desa," katanya. 

Kegiatan sosialisasi dihadiri oleh paguyuban kepala desa (Polosoro) se-Kecamatan Pituruh dan karangtaruna kecamatan Pituruh ini berjalan dengan lancar. Dengan mengundang Polosoro diharapkan informasi progam-progam yang ada di LPK X Japan dapat disosialisasikan kepada masyarakat luas. 


"Kami sangat mengapresiasi dan ber terimakasih kepada LPK X Japan yang telah melakukan sosialisasi, dan ini menjadi modal awal kami untuk memberikan informasi kepada warga kami yang mau ikut magang ke Jepang," tutup ketua Polosoro Kecamatan Pituruh Suhariyono, S.Kom.(PN/Lt/Bay/Pai)

Kontributor : Riphai/Bay

Editor : Bayun/Luthfi

Iklan

×
Berita Terbaru Update