Notification

×

Iklan


Mahasiswa KKN UM Purworejo Kenalkan Budikdamber untuk Ketahanan Pangan dan Peluang Usaha di Tengah Pandemi Covid-19

Monday, 7 March 2022 | 21:27 WIB Last Updated 2022-03-07T14:27:29Z

BUTUH, (pituruhnews.com) - Pandemi covid-19 yang terjadi saat ini berdampak kepada perekonomian masyarakat, salah satunya menimbulkan krisis pangan. Banyak warga yang kehilangan pekerjaan hingga menurunnya penghasilan. Di tengah ancaman virus covid-19 yang masih tinggi, masyarakat harus dapat memenuhi kebutuhan konsumsi pangan yang memadai. Dengan kondisi ini, mahasiswa KKN UM Purworejo kenalkan Budidaya Ikan dalam Ember (Budikdamber) kepada warga desa Dlangu, Kecamatan Butuh, Kabupaten Purworejo.


Budikdamber ini cocok diterapkan oleh masyarakat khususnya bagi mereka yang kesulitan dalam memenuhi kebutuhan pangannya secara mandiri selama pandemi Covid-19. Budikdamber juga menjadi solusi potensial bagi budidaya perikanan dan pertanian di lahan yang sempit dengan penggunaan air yang lebih hemat.

Pelaksanaan program kerja ini dilakukan melalui penyuluhan tentang budikdamber serta pelatihan pembuatan budikdamber dengan memberikan pengetahuan tentang apa itu budikdamber, alat dan bahan yang digunakan, cara pembuatan, cara perawatan ikan, cara penanaman kangkung, teknik pergantian air serta keuntungan budikdamber. Pembuatan budikdamber dinilai cukup mudah karena hanya memerlukan alat dan bahan seperti ember 70 liter, gelas plastik, solder, cutter,kawat jaring, tali, arang/rock wool, benih lele dan bibit kangkung. Ikan lele dapat dipanen dalam waktu sekitar 1,5 hingga 2 bulan masa pemeliharaan, sedangkan sayur kangkung dapat dipanen setelah pemeliharaan sekitar 2-3 minggu.

Warga Desa Dlangu sangat antusias serta mengapresiasi adanya sosialisasi budikdamber ini. "selain untuk kesibukan dalam rangka stay at home juga bisa menambah pengetahuan, memperoleh hasil pangan dari ikan/sayur sebagai ketahanan pangan dari budikdamber ini" Dengan dilaksanakannya program kerja tersebut, diharapkan dapat menginspirasi masyarakat Desa Dlangu yang ingin melakukan kegiatan usaha dengan mendapatkan hasil panen dengan cara efisien.

Tim KKN Universitas Muhammadiyah Purworejo telah menyelenggarakan Penyuluhan Budidaya Ikan Skala Kecil yang baik dan benar untuk menyukseskan BUDIKDAMBER (Budi Daya Ikan Dalam Ember) Di Desa Dlangu Kecamatan Butuh Kabupaten Purworejo. Dosen Pembimbing Lapangan: Basuki, M.Pd.B.I


Penulis: Endah Kurniawati, Dewi Setia Cahyani, Kevin kurniawan, Kiky Surya Pratama, Kurniawan Budi Prasetyo. (Purworejo 24 Januari 2022)


Iklan

×
Berita Terbaru Update