Notification

×

Iklan


Maret Jadi Bulan WR Soepratman dan Bulan Indonesia Raya

Kamis, 10 Maret 2022 | 21:40 WIB Last Updated 2022-03-10T14:40:22Z

PURWOREJO, (pituruhnews.com) - Dalam rangka perayaan Hari Musik Nasional dan sekaligus memperingati kelahiran komponis Wage Rudolf Soepratman, Pemerintah Kabupaten Purworejo menyelenggarakan acara bertajuk Tribute To WR Soepratman di Pendopo Rumah Dinas Bupati Purworejo, Rabu malam (09/03/2022). Hadir di acara tersebut diantaranya Bupati RH Agus Bastian SE MM beserta istri Hj Fatimah Verena Prihastyari SE, Sekda  Drs Said Romadhon, para Asisten Sekda, para Kepala Perangkat Daerah terkait, Camat Kaligesing, Kepala Kantor Pos Cabang Purworejo, para tokoh seniman, jurnalis dan unsur terkait lainya.


Selain kegiatan Tribute To WR Soepratman, dilaksanakan pula sejumlah kegiatan lainya diantaranya penyerahan penghargaan Kampung Cantik, penerbitan kartu pos dan perangko edisi khusus WR Soepratman, serta penyerahan hadiah Lomba Cipta Mars Purworejo. Bupati juga mencanangkan bulan Maret sebagai Bulan WR Soepratman dan Bulan Indonesia Raya.


Bupati Agus Bastian mengapresiasi semua pihak karena telah turut serta memeriahkan peringatan Hari Musik Nasional. Dijeaskan, untuk Lomba Cipta Mars Purworejo diikuti 67 peserta dari berbagai daerah, setelah melalui seleksi ketat oleh dewan juri yang terdiri pakar dan akedemisi bidang musik, akhirnya terpilih satu Mars Purworejo yang dinilai terbaik.


"Saya meminta nantinya Mars Purworejo dapat dihafalkan oleh seluruh masyarakat Purworejo, sebagaimana kita hafal lagu Indonesia Raya dan dikumandangkan di setiap acara resmi setelah Lagu Indonesia Raya," tandasnya.


Sementara itu dalam laporanya, Kepala Dinporapar Stephanus Aan Isa Nugraha SSTP MSi menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menggali dan memperkuat gaung ke-Indonesiaan, selain itu juga untuk menjaga keberagaman, merajut kebhinekaan dan merawat kebangsaan. Dilaporkan, pada acara ini juga diumumkan juara lomba Kampung Cantik dengan peraih juara 1 Desa Pandanrejo Kaligesing, Juara 2 Desa Dlisenkulon Pituruh dan Juara 3 Desa Ganggeng Purworejo.


"Pahlawan itu di Indonesia banyak, pejuang di Indonesia lebih banyak, namun pencipta Lagu Kebangsaan Indonesia Raya hanya satu yaitu WR Soepratman yang berasal dari Purworejo," tandasnya.


Disampaikan pula pemenang Lomba Cipta Mars Purworejo yaitu juara pertama disabet oleh Leonardo Agus Wahyudi Minarko dan berhak mendapat hadiah sebesar Rp 20 juta, Juara kedua diraih oleh Dwi Suryanto dan Juara ketiga diraih oleh pasangan Amalia Putri Puspitasari dan Qantaza Rian Ardito.

Iklan

×
Berita Terbaru Update