Notification

×

Iklan


Peringati HUT Pramuka k-61, Kwarran Ranting Pituruh Gelar Malam Renungan dan Upacara Ulang Janji

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 23:41 WIB Last Updated 2022-08-14T01:01:17Z
PITURUH, (pituruhnews.com) - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Pramuka ke-61, Kwaran Ranting Kecamatan Pituruh menggelar kegiatan malam upacara renungan dan ulang janji di lapangan SMP N 20 Purworejo, Sabtu malam, 13/08/2022 pukul 19.00 WIB.

Upacara Pramuka ini adalah salah satu perenungan terhadap usaha dan karya yang telah dilakukan oleh setiap pramuka demi Kepramukaan dan Gerakan Pramuka. Upacara di awali dengan menyalakan obor api abadi, yang selanjutnya akan diestafetkan kepada 10 petugas pembawa obor. yang mana setelah obor menyala, pembawa obor mengucapkan Dasadarma Pramuka secara bergantian, kemudian setelah semua obor menyala, obor tersebut digunakan untuk menyalakan api unggun, serta selanjutnya melafalkan ulang janji (Tri Satya Pramuka) bersama-sama.
Kegiatan renungan dan ulang janji ini diikuti oleh seluruh anggota kwarran ranting kecamatan Pituruh. Ikut hadir juga dalam acara ini Mabiran Ickbal Nugroho, SSTP, MIP,  Mabiran Kapten Inf Muhtafin Soleh, S.Pd.I, dan anggota Polsek Pituruh Wiyono. 

Usai upacara ulang janji, Mabiran Ickbal Nugroho mengucapkan selamat dan sukses pada peringatan hari ulang tahun pramuka ke-61. Untuk kegiatan malam ini merupakan renungan dan upacara ulang janji yang mana salah satu kegiatan tahunan dalam rangka menyambut HUT Pramuka ke-61.

"Rangkaian dalam rangka memperingati hari pramuka ini, besok kita akan melaksanakan kegiatan upacara hari ulang tahun pramuka yang akan digelar di lapangan besar desa Pituruh, Minggu,14/08/2022 pukul 07.30 WIB." ucapnya.
Ickbal Nugroho menambahkan bahwa ini merupakan tahun pertama kegiatan peringatan HUT Pramuka bisa digelar dan diperingatan seperti saat ini, usai tiga tahun vakum dengan adanya pandemi covid-19. "Walaupun sudah dalam kondisi aman, saya juga berpesan kepada semua adik-adik pramuka harus tetap menerapakan protokol kesehatan demi untuk menjaga kesehatan diri sendiri maupun orang lain." tambahnya

Mabiran Kapten Infanteri Muhtafin Sholeh menambahkan bahwa untuk kegiatan malam ini yaitu upacara ulang janji ini mempunyai makna membacakan dasa darma pramuka, "Pembacaan dasa darma pramuka ini bertujuan untuk mengenang dan introspeksi saat ulang taun, yang mana kedepan nilai nilai dasa darma pramuka tetap ditanamkan pada diri kita masing." tambah Muhtafin.
Sementara itu, Ridho panitia penyelenggara kwaran ranting Pituruh mengucapkan selamat hari pramuka ke-61, "Pramuka bergerak melangkah untuk mendidik karakter generasi muda, baik dari gugus depan siaga, penggalang, penegak dan gudepter ranting." ucapnya.

"Dihari ulang tahun semoga pramuka akan membawa nama baik pramuka, sesuai dengan tema yang dibawakan pada HUT Pramuka ke-61 ini yaitu Mengabdi Tanpa Batas untuk Membangun Ketangguhan Bangsa adalah tema Hari Pramuka Ke-61 Tahun 2022. Dengan adanya acara peringatan ini semoga tetap bersinergi dengan semua elemen masyarakat terutama dengan para pramuka yang ada di kecamatan Pituruh."tutupnya.

Rangkaian acara ini yaitu setelah upacara ulang janji juga diadakan doa bersama dan dilanjut dengan pemotongan  tumpeng.

Link Dokumentasi Foto : PRAMUKA ULANG JANJI 2022

Iklan

×
Berita Terbaru Update