Notification

×

Iklan


SDN SIGENUK Adakan Pembelajaran Kearifan Lokal Bidang Pangan

Senin, 29 Agustus 2022 | 18:21 WIB Last Updated 2022-08-30T11:24:17Z

GIRIGONDO, (pituruhnews,com) - Dalam rangka penerapan Proyek Pengembangan Profil Pelajar Pancasila (P5), SD Negeri Sigenuk, Girigondo mengadakan pembelajaran praktik tentang kearifan pangan lokal di halaman sekolah. Kegiatan pembelajaran praktik tersebut yaitu membuat dawet Girigondo yang sudah terkenal di berbagai penjuru. Senin, 28 Agustus 2022.

Dengan mengundang langsung narasumber yang sudah puluhan tahun menekuni bidang pembuatan dawet (asli Girigondo) yakni Bapak Turut, para siswa sangat antusias menyaksikan cara pembuatan dawet Girigondo tersebut.

Menurut Kepala Sekolah SD Negeri Sigenuk, Muh Zaenal, S. Pd kegiatan ini ini dilakukan dalam rangka Proyek Pengembangan Profil Pelajar Pancasila (P5) bagi kelas 1 dan kels 4 yang sudah menerapkan Kurikulum Merdeka.

“Kegiatan ini sebenarnya ditujukan untuk kelas 1 dan kelas 4 yang sudah menerapkan Kurikulum Merdeka, P5 merupakan pembelajaran yang menberikan pengalaman langsung sesuai dengan karakteristik lingkungan sekitar agar anak memiliki kompetensi global dan berperilaku yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari” tutur Muh Zaenal, S. Pd

Ditambahkan, Fitriah Arniasih, S. Pd (guru kelas 1) karena di lingkungan sekolah ada kearifan lokal bidang pangan yaitu dawet Girigondo yang sangat terkenal, maka sangat cocok untuk dikenalkan kepada anak-anak.

“Anak-anak antusias sekali mengikuti kegiatan ini. Mereka tidak segan untuk bertanya dan mencatat tentang bahan dan alat yang digunakan untuk membuat dawet Girigondo kepada narasumber” ungkap Fitriah Arniasih, S. Pd.

Kegiatan ini diakhiri dengan minum dawet bersama. _Nik

Iklan

×
Berita Terbaru Update