Notification

×

Iklan

Keren !!! Kabupaten Purworejo Raih Penghargaan Dari Kemenhub

Kamis, 17 November 2022 | 11:48 WIB Last Updated 2022-11-17T13:52:22Z

PURWOREJO, (pituruhnews.com) - Kabupaten Purworejo menjadi salah satu dari sembilan kabupaten/kota yang menerima penghargaan dalam ajang Railway Safety Awards 2002 yang digelar Kementerian Perhubungan. Purworejo mendapat penghargaan sertifikat sebagai kabupaten yang berperan aktif dalam upaya peningkatan keselamatan di perlintasan.


Penghargaan diserahkan Direktur Keselamatan Perkeretaapian Kemenhub Edi Nursalam kepada Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH di Padang, Rabu (16/11/2022). Dalam acara itu, Wabup didampingi Kepala Dinas Perhubungan Drs Hery Raharjo MSi.


Menurut Wabup, penghargaan itu merupakan bentuk apresiasi atas kinerja Pemkab Purworejo, yang turut aktif mengimplementasikan upaya menjaga keselamatan warga yang berada di sekitar perlintasan kereta api sebidang. 

“Sementara ini yang sudah dilakukan adalah dengan menerjunkan personil untuk ikut melakukan penjagaan di sejumlah perlintasan kereta api,” ungkapnya.


Dijelaskan, jumlah perlintasan sebidang dengan palang pintu yang dijaga personil Pemda/Dishub ada 5 titik, yaitu di Bapangsari, Krendetan, Tegalkuning, Bayem dan Andong. Sedangkan pada perlintasan tidak sebidang ada 1 titik yakni di underpass Bayan. Masing-masing titik dijaga oleh 4 orang secara bergantian, sehingga jumlahnya ada 24 orang.


Direktorat Keselamatan Perkeretaapian Edi Nursalam mengungkapkan penghargaan Railways Safety Awards 2022 diberikan kepada pemerintah daerah yang telah memiliki andil besar dalam keselamatan perkeretaapian. 


'Sudah saatnya kita memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada daerah, yang telah mendukung program keselamatan perkeretaapian", katanya.


Edi mengatakan, penghargaan ini merupakan hasil penilaian dari para pakar dan ahli transportasi yang telah menilai peran pemerintah daerah dalam mendukung peningkatan  keselamatan, khususnya melalui penataan dan pengelolaan perlintasan sebidang. 


Dalam Penghargaan Railways Safety Award Tahun 2022 ini, Ditjen Perkeretaapian  menganugerahkan Anubawa Tama Sakatha Nirmala kepada Pemerintah Kabupaten Tangerang sebagai juara 3, Kabupaten Kendal sebagai juara 2, dan Kabupaten Blitar sebagai juara 1 untuk kategori Kabupaten/Kota. Sementara untuk kategori Provinsi juara 3 diraih oleh Provinsi Jawa Timur, juara 2 diraih oleh Provinsi Banten, dan juara 1 diraih oleh Provinsi Jawa Tengah. 


Selain itu, Ditjen Perkeretaapian juga memberikan sertifikat apresiasi kepada sembilan kabupaten/kota yaitu Sukoharjo, Magetan, Muara Enim, Serang, Kabupaten dan Kota Probolinggo, Kebumen, Serang, dan Purworejo. Sedangkan plakat apresiasi diberikan kepada Provinsi Sumatera Barat, Kota Padang, Kabupaten Batu Bara, Sidoarjo, Bojonegoro, dan Lamongan. (prtkl)

Iklan

×
Berita Terbaru Update