Notification

×

Iklan

Disporapar Purworejo Gelar Workshop Penguatan Kewirausahaan Bagi Pemula

Selasa, 06 Desember 2022 | 20:20 WIB Last Updated 2022-12-06T23:08:07Z

PURWOREJO, (pituruhnews.com) - Upaya mendorong perekonomian di Indonesia, Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Purworejo menggelar Workshop Penguatan Kewirausahaan Pemula di Hotel Sanjaya Inn, Selasa, (06/12/2022) siang.

Peserta workshop ini diikuti oleh 16 kecamatan yang masing-masing mengirimkan pelaku usaha sebanyak dua orang. Dalam workshop ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Purworejo Stefanus Aan Isa Nugroho, SSTP, M.Si Ketua Forum UMKM Kabuapten Purworejo dari STIE Rajawali Dr. Hesti Respatinongsih, SE. M.Par, Nur Hidayat Komisi IV DPRD Kabupaten Purworejo dan Kabid Koperasi dan UMKM DinKUKMP Nur Hadi tri onggo, SH, M.Ap dan Aziz Ihfaningrum Pelaku Usaha Keripik Hanafi.


Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Purworejo Stefanus Aan Isa Nugroho dalam sambutannya mengucapkan banyak terimakasih kepada semua peserta workshop penguatan kewirausahaan pemula. "Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pembinaan kepada generasi muda, pemuda pemudi yang ada di kabupaten Purworejo. Agar nantinya bisa memiliki jiwa entrepreneurship yang baik. " ucapnya.


"Workshop ini memang sengaja di pilih beberapa pemuda pemudi generasi muda di Kabupaten Purworejo, yang mana kita rangkul dengan basic dan potensi yang ada, untuk bidang kewirausahaan atau yang sudah memulai usaha di kehidupan sehari-harinya." tambahnya.

Aan menambahkan melalui kegiatan ini akan menjadi awal yang bagus dalam pembinaan kewirausahaan pemula untuk generasi muda. Dengan tujuan memberikan support dengan beberapa hal yang berkaitan dengan kewirausahaan bagi para peserta. 


"Saya juga sudah lihat beberapa peserta sudah banyak yang bergelut dan melakukan usaha mandiri di berbagai bidang, dan kegiatan ini menjadi salah satu peluang potensi besar Kabupaten Purworejo lima sepuluh tahun yang akan datang, dengan memiliki generasi muda yang sudah mapan di bidang usahanya masing masing." ucapnya.


"Kedepan di Tahun2023, kami Disporapar ingin berkolaborasi dengan Dinas KUKMP dan beberapa dinas yang lain, agar kegiatan seperti ini berkelanjutan. Artinya nanti akan dibicarakan antar dinas siapa melakukan apa, kemudian ditahap selanjutnya akan dibekali dengan apa sampe bagaimana kemudian menjangkau jejaring pasar yang ada luar sana. " imbuhnya.


"Dan tentu saja karena disini Era digital kita berkolaborasi dengan dinas seperti Kominfo,  dan kita juga ingin bergandengan tangan untuk memajukan kewirausahaan khususnya di Purworejo, melalui Disporapar melalui bidang kewirausahaan untuk pemuda. " katanya.

Narasumber Hesti Respatinongsih mengatakan, sangat mengapresiasi dengan adanya kegiatan ini, karena bisa menguatkan atau memungkinkan dengan menjadi langkah awal untuk menemukan para wirausaha-wirausaha muda yang ada di Purworejo.


"Ini akan menjadi permulaan di kegiatan kepemudaan, selain ada Pemuda Pelopor, Jambore Pemuda dan kemudian ini bisa menjadi salah satu kontribusi untuk bisa saling bersinergi dengan pelaku wirausaha muda pemula atau startup." ungkat Hesti


"Untuk data yang kami punyai, ternyata UMKM yang ada di Purworejo itu bahwa untuk pemuda ralatif sedikit karena terbukti kata ketua forum wilayah untuk pelaku usaha yang berusia 30 tahun  di Purworejo masih jarang." katanya. 


"PR kita kedepan melalui workshop ini akan menjadi salah satu motivasi pemuda untuk bisa terjun ke dunia wirausaha yang mana banyak keuntungannya, dengan besar harapan menjadi enterprenuership. " imbuhnya.


"Kedepan enterprenuer ini harus bisa beradaptasi teknologi, paling tidak pemuda yang ada di Purworejo bisa sedikit empati terhadap UMKM, melalui ini semoga termotivasi untuk menjalankan dan memiliki usaha atau Menjadi Wirausaha." ucapnya.

Sementara itu, Haris Apriyanto Setiawan peserta workshop mengatakan, kegiatan ini bisa menumbuhkembangkan mindset untuk berwirausaha secara Mandiri, dan membentuk suatu komunitas pemuda pengusaha di Purworejo.


"Ini sebagai sarana diskusi untuk ngobrol bareng didunia bisnis, dan juga untuk meningkatkan branding kita. Karena banyak sekali fasilitas fasilitas yang ada di Purworejo terutama dari dinas KUKMP untuk meningkatkan branding umkm yang kita punyai. " ucapnya.


Aan juga menambahkan untuk sektor usaha mikro seperti ini atau kewirausahaan yang sudah di mulai saat ini, kedepan kalau memang pergerakannya bagus, tentunya akan menjadi usaha baru yang memiliki pondasi yang kuat. "Besar harap pemuda yang ada di Purworejo mempunyai jiwa wirausaha, pasti akan direspon oleh Dinas KUKMP sebagai bagian dari UMKM yang ada di Purworejo. Untuk workshop ini harus bisa bersinergi bersama untuk menggali dan memikirkan dengan membuat sebuah gerakan untuk UMKM Purworejo lebih maju." pungkasnya.

Kontributor : Luthfi

Penulis : Riski

Iklan

×
Berita Terbaru Update