Notification

×

Iklan


Grebeg Budaya Dalam Rangka Hari Jadi Kabupaten Purworejo Ke-192 Akan Diikuti Oleh Kecamatan Se-Kabupaten Purworejo

Rabu, 15 Februari 2023 | 08:22 WIB Last Updated 2023-02-15T01:22:29Z

PURWOREJO, (pituruhnews.com) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo akan menggelar Grebeg Budaya yang akan diikuti oleh 16 Kecamatan se- Kabupaten Purworejo Rabu, 15 Februari 2023 di Amphitheater Alun- Alun Kabupaten Purworejo.


Lomba Budaya antar kecamatan se- Kabupaten Purworejo merupakan wujud kemeriahan dan bentuk pastisipasi masyarakat dalam merayakan Hari Jadi Kabupaten Purworejo yang ke- 192 dalam konteks masyarakat tradisi. Grebeg Budaya akan menampilkan beragam jenis kesenian tradisional yang berasal dari 16 kecamatan se- Kabupaten Purworejo.


Wasit Diono, S.Sos selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo menuturkan, “Grebeg Budaya menjadi salah satu event kebudayaan dalam rangkaian peringatan hari jadi ke-192 Kabupaten Purworejo tahun 2023, grebeg budaya ini juga baru akan digelar untuk pertama kalinya”.


“Kesenian tradisional perwakilan kecamatan se- Kabupaten Purworejo yang akan tampil di grebeg budaya merupakan kesenian tradisional yang merupakan ciri khas kecamatan masing- masing, sehingga harapannya kegiatan ini dapat menyemangati kepada para seniman dalam nguri- uri kebudayaan daerahnya”, ujarnya lagi.


Pada kesempatannya yang sama, Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo, Dyah Woro Setyaningsih, S.Sos, MM menyampaikan bahwa, “Kesenian tradisional perwakilan kecamatan yang akan tampil di Grebeg Budaya diantaranya ada Dolalak yang merupakan kesenian khas Kabupaten Purworejo yang sudah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda (WBTb) oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI pada tahun 2019, Cingpoling yang sudah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda (WBTb) oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI pada tahun 2021, Kesenian Kuda Kepang, Musik Bambu, Kesenian Gojek Lesung dan masih banyak lainnya”.


“Pada Grebeg Budaya kali ini grup kesenian yang tampil akan dinilai oleh Dewan Juri yang telah disiapkan dan nantinya akan ada kejuaraan untuk grup kesenian yang tampil”, tambahnya lagi.


Event Grebeg Budaya dapat disaksikan langsung di Amphitheater Alun- Alun Kabupaten Purworejo pukul 19.00 WIB dan juga akan disiarkan secara Live Streaming di channel Youtube Kebudayaan Purworejo Official. Untuk informasi kebudayaan lainnya ikuti kami di Instagram @kebudayaanpurworejo_offical.


Iklan

×
Berita Terbaru Update