Notification

×

Iklan


KKNT UM Purworejo Kelompok 02 Selenggarakan Simulasi Bank Sampah dan Pelatihan Pemanfaatan Sampah

Senin, 13 Februari 2023 | 18:28 WIB Last Updated 2023-02-13T13:48:56Z

Pertambahan penduduk yang semakin meningkat menimbulkan perubahan pola masyarakat yang mengakibatkan bertambahnya volume, jenis dan karakteristik sampah yang beragam. Dalam pengelolaan sampah masyarakat belum sesuai dengan dengan metode yang berwawasan lingkungan sehingga menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan. Oleh karena itu diperlukan suatu adanya pengelolaan sampah yang dapat menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat salah satunya dengan Bank Sampah. Bank sampah adalah sebuah tempat yang bertujuan untuk mengumpulkan sampah-sampah yang sudah dipilah-pilah berdasarkan jenisnya. Hasil pengumpulan sampah-sampah tersebut nantinya akan disetorkan ke berbagai tempat seperti tempat untuk pembuatan kerajinan ataupun pengepul sampah. Sampah yang ditabung lalu ditimbang dan dihargai dengan sejumlah uang akan tetapi uang tersebut tidak langsung diberikan, melainkan dicatat di buku tabungan. Uang akan diberikan dengan kesepakatan bersama misalnya pada hari raya idul fitri, atau bisa juga untuk membayar pajak bangunan, dan lain sebagainya.

Bank sampah memiliki beberapa manfaat bagi manusia dan lingkungan seperti membuat lingkungan bersih, menyadarkan masyarakat akan pentingnya kebersihan linhgkungan dan membuat sampah menjadi barang ekonomis. Manfaat bank sampah untuk masyarakat adalah untuk mendapatkan imbalan berupa uang yang dikumpulkan kedalam rekening tabungan yang mereka miliki. 

Program kerja mengenai simulasi bank sampah dan pelatihan pemanfaatan sampah di bawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan UMPurworejo yaitu Bapak Agus Budi Santoso, S.H.,M.H yang dilaksanakan pada hari senin tanggal 23 Januari 2023.  Program kerja ini telah dilaksanakan pengabdian masyarakat dari Bank Sampah Sejahtera dengan berkolaborasi bersama KKNT Kelompok 2 Universitas Muhammadiyah Purworejo. Kegiatan pengabdian tersebut dengan judul “Simulasi Bank Sampah dan Pelatihan Pemanfaatan Sampah”. Dengan diadakanya kegiatan program kerja ini masyarakat Desa Bayan sangat antusias dan senang.


Kegiatan tersebut di hadiri oleh Pemerintahan Desa Bayan yang diwakili oleh Kepala Desa Bayan, Ibu-ibu PKK, Karang Taruna, dan Perwakilan dari masyarakat Desa Bayan. Pada kegiatan simulasi bank sampah tersebut mengundang pemateri yaitu Lambang Subarkah yang merupakan ketua dari Bank Sampah Sejahtera Desa Salam, Kecamatan Gebang, Kabupaten Purworejo.


Penanggung jawab program kerja ini yaitu Siti Zainatun Umaro menyampaikan tujuan diadakannya simulasi bank sampah dan pelatihan pemanfaatan sampah yaitu untuk menambah pengetahuan terkait bank sampah dan mengubah mindset bahwa sampah masih mempunyai nilai jual yang tinggi setelah melalui beberapa proses. Simulasi bank sampah tersebut sangat berguna untuk Desa Bayan karena di desa Bayan belum ada Bank Sampah sehingga dengan diadakannya sosialisasi dari Ketua PKK Desa Bayan sangat mendukung.

Kepala Desa Bayan yaitu Arwan Setiyanto, A.Md. dan Ketua PKK Desa Bayan memberikan sambutan dan dukungan terhadap diadakannya kegiatan simulasi bank sampah dan pelatihan pemanfaatan sampah bahwa dengan adanya acara ini akan memberikan motivasi terhadap masyarakat Desa Bayan untuk mulai peka terhadap sampah yang masih mempunyai nilai jual yang tinggi. Lambang Subarkah menyampaikan materi mengenai simulasi bank sampah dan praktek membuat bunga melati dari plastik bekas yang diikuti oleh ibu PKK.


Setelah kegiatan pendampingan simulasi bank sampah dan pelatihan pemanfaatan sampah Desa Bayan, Kecamatan Bayan, Kabupaten Purworejo dengan mitra berjalan lancar, mahasiswa kelompok 2 KKN-T UMPurworejo berharap di Desa Bayan segera mendirikan Bank sampah dan membuat SK bank sampah agar program kerja dari bank sampah ini bisa berkelanjutan menjadi lebih baik lagi dan berguna untuk masyarakat Desa Bayan.


Anggota Kelompok 02 :

1. Noval Dwi Parasyan 192510074

2. Siti Zainatun Umaro 192180114

3. Retno Febriyanti 192180001

4. Nugraheni Wahyu D.S 192210069

5. Nur Hartini 192210083

6. Raysita Cahya A. 192180108

7. Anis Budiarti 192180012

8. Dwi Ari Nuryanto 192110033

9. Didi Nur Arif 192180109

10. Kurnia Yoga Pratama 192180048

Penulis : Siti Zainatun Umaro & Retno Febriyanti (PGSD)

Iklan

×
Berita Terbaru Update