Notification

×

Iklan

Mahasiwa KKN 43 UM Purworejo 2023 di Desa Brengkol Punyai Tiga Program, Kesehatan, Pendidikan dan Branding UMKM

Selasa, 07 Februari 2023 | 07:39 WIB Last Updated 2023-02-07T00:39:33Z

BRENGKOL, (pituruhnews,com) - KKN 43 Universitas Muhammadiyah Purworejo Tahun 2023 akan memaparkan kegiatan yang kami lakukan selama satu bulan ini yaitu 3 tema, yaitu Kesehatan Masyarakat, Pendidikan, Branding Produk Umkm Dengan Digitalisasi dan Publikasi Sosial Media.

Kegiatan pelatihan ini dimulai dengan penjelasan tentang pentingnya pembudidayaan tanaman warunghidup dan tamana obat/ apotek hidup untuk meningkatkan kesehatan di lingkungan Desa Brengkol. Diawali pada hari Jumat, 06 Januari 2023 pada ahru tersebut mahasiswaKKNT kelompok 43 mencari referensi dan juga mengumpulkan ide untuk membuat taman warung hidup dan apotek hidup. Kemuadiaa pada hari Sabtu, 07 Januari 2023 Mengambil polybag yang sudah tidak terpakai untuk dimanfaatkan sebagai tempat menyemai. Selanjutnya Senin, 09 Januari 2023 membeli benih untuk taman warung hidup dan apotek hidup untuk natinya di tanam. Hari selanjutnya yaitu Selasa, 10 Januari 2023 menyemai bibit tanaman warung hidup dan apotek hidup agar nantinya tubuh dengan subur.

Kegiatan selanjutnya di hari Kamis,12 Januari 2023 meminta izin dan mengajak Ibu PKK memperbaiki taman Balai Desa, lalu menebang bambu untuk pagar taman. Setelah meminta izin kemudian tepat di hari selanuutnya yaitu hari Jumat, 13 Januari 2023 mahasiswa kelompok 43 melakukan kegiatan kerja bakti membersihkan taman yang akan dijadikan sebagai tempat warung hidup dan apotek hidup bersama Ibu PKK. Hari Senin, 16 Januari 2023 menyiram bibit tanaman warung hidup dan apotek hidup yang sudah disemai dan melanjutkan memotong bambu-bambu untuk pagar tanaman.

Setelah penyiraman tanamna Selasa, 17 Januari 2023 membuat pagar untuk taman apotek hidup dan warung hidup serta membuat papan nama untuk di pasang di taman. Hari selanjutnya rabu, 18 Januari 2023 memindahkan tanaman hasil semaian untuk ditanam di polybag besar dan mengelompokkan sesuai jenisnya serta menebang bambu kedua untuk tambahan untuk membuat pagar serta melanjutkan membuat pager taman apotek hidup dan warung hidup dan menyiram tanaman di taman apotek hidup dan warung hidup. Pda Rabu, 1 Februari 2023 memasang papan nama-nama taman warung hidup dan apotek hidup yang sudah jadi dan tertata rapi.

Warung hidup di manfaatan sebagian bidang tanah untuk tanaman sayur-sayuran. Sedangkan Apotek hidup adalah pemanfaatan sebagian bidang tanah untuk ditanamani tanaman obat-obatan dan untuk keperluan sehari-hari. Disamping fungsinya sebagai obat, tanaman obat juga digunakan guna menghiasai halaman rumah, serta dapat digunakan menghadapi berbagai penyakit tanaman karena memiliki kandungan zat alami untuk mengatasinya.

Pengetahuan terkait pemanfaatan tanaman obat bagi masyarakat yang berada di desa masih sebatas pengetahuan dan pengalaman yang diwariska secara turun temurun. Budidaya tanaman warung hidup dan apotek hidup dirasa tetap penting pada kondisi saat ini karena dapat digunakan sebagai sayuran dan obat-obatan tradisional guna mengobati atau mengatasi berbagai penyakit apalagi saat ini dimana diperlukan imunitas yang cukup dan bagus. Sehingga dapat memicu masyarakat akan kesadaran dan ketertarikan menanam tanaman warung hidup dan apotek hidup.

Kegiatan Bimbingan Belajar/ Bimbel Ceria ini dimulai dengan membagikan brosur yang berisi informasi seputar kegiatan Bimbingan Belajar/ Bimbel Ceria kepada siswa/ siswi SD dan MI Desa Brengkol. Selanjuntya, pada tangal 12 Januari 2023 dilaksanakan pertemuan perdana antara siswa kelas 1-6 dengan mahasiswa KKNT Universits Muhammadiyah Purworejo. Pada hari itu mahasiswa memperkenalkan diri dan menginformasikan jadwal pelaksanaan kegiatan Bimbingan Belajar Ceria. Setiap hari Kamis dan Jumat adalah jadwal untuk Bimbingan Belajar Ceria di Balai Desa Brengkol.

Siswa juga diinformasikan bahwa kegiatan Bimbingan Belajar/ Bimbel Ceria dilaksanakan selama 3 minggu dan dimulai pukul 13.00 sampai 15.00. Sistem Bimbingan Belajar Ceria ini yaitu siswa diperbolehkan bertanya ketika mereka terdapat kesulitan dalam memahami mata pelajaran dan mengerjakan pekerjaan rumah. Kegiatan ini tidak membahas semua mata pelajaran di sekolah, tetapi hanya mata pelajaran yang menurut siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan atau memahami pelajaran tersebut. Setiap kelompok siswa setiap minggu harus sudah memilih akan mempelajari mata pelajaran apa saat bimbingan belajar.

Selama kegiatan Bimbingan Belajar Ceria tidak terdapat kendala yang berarti, hanya saja siswa bimbingan belajar yang kurang kondusif dalam pelaksanaan. Karena siswa/ siswi yang lumayan banyak sehingga mahasiswa KKN Tematik Universitas Muhammadiyah Purworejo kelompok 43 membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil, dengan satu tutor di setiap kelompoknya. Setiap turor akan membantu siswa/ siswi yang kesulitan dalam memahami mata pelajaran. Akhirnya siswa/ siswi selalu mengikuti arahan dan kegiatan rumah belajar berjalan dengan kondusif.

Kegiatan setiap di akhir bimbingan belajar, mahasiswa KKN Tematik Universitas Muhammadiyah Purworejo kelompok 43 memberikan kuis secara lisan kepada siswa/ siswi Bimbingan Belajar Ceria sebagai refleksi diri dan motivasi agar selalu giat dalam belajar. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat  membantu mengurangi kesulitan siswa dalam menghadapi kegiatan belajar di sekolah yang menuntut untuk memahami materi pelajaran. Selain itu juga dapat membantu meningkatkan kualitas belajar siswa/ siswi di Desa Brengkol yang menempuh pendidikan di jenjang sekolah dasar.

Kegiatan Branding Produk UMKM, Digitalisasi dan Publikasi Sosial Media adalah kegiatan sosial media, pembuatan label kemasaan, pembuatan banner dan pembuatan Google Maps untuk UMKM tersebut. Selanjutnya, pada Jumat, 06 Januari 2023 dilaksanakan pertemuan perdana antara pelaku UMKM Aneka Camilan Bu Paisih beserta Iman Furniture Maju Lancar dengan mahasiswa KKNT Universitas Muhammadiyah Purworejo. Pada hari itu mahasiswa memperkenalkan diri, mencari tahu pemasaran yang digunakan Ibu Paisih dan Pak Iman apakah sudah mengenal sistem pemasaran online serta mensurvey lokasi tempat tinggal dan produksi dari UMKM Bu Paisih dan Pak Iman.

Pelaku UMKM juga diinformasikan bahwa pada hari Selasa, 10 Januari 2023 Melakukan pertemuan dengan UMKM “Bu Paisih” untuk menawarkan pembuatan label produk kemasan dan banner. Pada hari Rabu, 11 Januari 2023Melihat aneka camilan UMKM “Bu Paisih” di Pasar Brengkol. Kemudian Kamis, 12 Januari 2023 membuatkan desain label kemasan UMKM “Bu Paisih”. Pada hari Rabu, 18 Januari 2023 Melakukan pertemuan dengan UMKM “Iman Furniture Maju Lancar” untuk menawarkan pembuatan banner dan pemasaran digital dan membuatkan foto produk UMKM “Iman Furniture Maju Lancar”. 

Pada hari Senin, 23 Januari 2023 membuatkan desain banner produk UMKM “Iman Furniture Maju Lancar” dan membuatkan desain banner produk UMKM “Bu Paisih.” Kemudian di hari Senin, 30 Januari 2023 kegiatan pemasangan lokasi (google maps) UMKM “Iman Furniture Maju Lancar” dan “Bu Paisih”. Pada hari Rabu, 1 Februari 2023 membuatkan foto produk UMKM “Bu Paisih” dan menyerahkan banner produk UMKM “Iman Furniture Maju Lancar” serta menyerahkan banner produk UMKM “Bu Paisih”.

Selama kegiatan Branding Produk UMKM, Digitalisasi UMKM dan Publikasi Sosial Media berlangsung tidak terdapat kendala yang berarti, hanya saja kebanyakan pelaku UMKM masih belum begitu mengenal teknologi digital. Solusi untuk mengatasi kendala di atas yaitu mahasiswa KKN Tematik kelompok 43 mengadakan panduan cara mengatur dan menggunakan sosial media yang baik sebagai alat pemasaran.

Manfaat diadakannya program digitalisasi UMKM untuk membantu konsumen saat menemukan lokasi produksi UMKM yang terdapat di Desa Brengkol. Dengan adanya digitalisasi UMKM tersebut produk yang ditawarkan UMKM akan lebih dikenal konsumen karena kemudahan dari label kemasan produk dan sistem pemasaran digital.

Penulis: Kelompok KKN 43

Sartono Bayu Aji

Miftachul Afiq Fauzi

Septiyana Dwi Rahayu

Hera Restuyana

Aisyah Anggraeni

Diyah Choirina

Karomatul Sa’bani

Sufi Cahyo Wulandari

Yudi Fianto

Iklan

×
Berita Terbaru Update