Notification

×

Iklan

Bagaimana Bentuk Permukaan Bumi Kita?

Minggu, 18 Juni 2023 | 09:22 WIB Last Updated 2023-06-18T02:53:51Z

Pernahkah kalian membayangkan seperti apa bentuk permukaan Bumi kita? Apakah permukaan Bumi berbentuk datar dan mulus? Apakah bentuk Bumi kita bergelombang?

Bumi kita memanglah bulat akan tetapi ada juga daerah yang menonjol, ada daerah yang cekung, ada yang terisi oleh air, dan ada juga yang kering. Selain itu, ada daerah yang penuh dengan tanaman dan ada juga yang gersang.

Nah di Bumi kita yang luas ini banyak bagian dari alam yang bisa kita amati. Bagian dari alam tersebut berupa daratan, lautan dan juga di udara. Dalam bahasa ilmiah, bagian Bumi bisa dibagi menjadi tiga, yaitu litosfer, hidrosfer, dan atmosfer.

 1. Litosfer (daratan)

Litosfer (daratan) yaitu lapisan bumi yang padat dan meliputi kerak bumi yang keras dan juga meliputi kerak bumi yang rapuh. Litosfer (daratan) dibagi menjadi 2 yaitu berupa dataran rendah dan dataran tinggi.

Dataran rendah yaitu suatu wilayah yang memiliki dataran luas dengan ketinggian 1-200 mdpl atau dibawah 200 mdpl. Contoh dataran rendah ini ditandai dengan adanya suhu agak panas, adanya persawahan, pedesaan dan juga perkotaan. Sedangkan dataran tinggi yaitu suatu wilayah yang memiliki dataran luas dengan ketinggian di atas 200 mdpl. Contoh dataran tinggi yaitu Gunung-gunung, bukit bukit tinggi, Dataran tinggi Dieng, dataran tinggi Malang, dll.

2. Hidrosfer

Hidrosfer adalah lapisan perairan yang menyelimuti permukaan Bumi. Meskipun sepertinya daerah dataran di Bumi sangat luas, ternyata pada kenyataannya daerah permukaan Bumi yang digenangi air lebih besar. Sekitar 71% dari permukaan Bumi tertutup air, baik air yang berupa lautan, danau, sungai maupun rawa-rawa.

3. Atmosfer

Selain bentuk permukaan Bumi berupa daratan (litosfer) dan lautan (hidrosfer), di Bumi juga ada yang namanya atmosfer. Atmosfer adalah udara yang menyelimuti permukaan Bumi. Di dalam atmosfer terdapat udara yang bisa dihirup/digunakan oleh makhluk hidup untuk bernapas. Dalam atmosfer terdapat lapisan-lapisan udara, yaitu:

Troposfer: Bagian paling bawah atmosfer Bumi, berkisar 0-10 km dari permukaan Bumi.

Stratosfer: Lapisan udara di antara 10-30 km di atas permukaan Bumi.

Mesosfer: Daerah atmosfer yang terletak antara 30-50 km di atas permukaan Bumi.

Termosfer: Daerah atmosfer yang terletak antara 50-400 km di atas permukaan Bumi.

Eksosfer: Daerah di luar atmosfer yang terletak lebih dari 400 km di atas permukaan Bumi.

Ada juga lapisan udara yang bernama ozon. Lapisan Ozon membantu mengurangi intensitas sinar ultraviolet (UV) dari cahaya Matahari yang masuk ke Bumi, Jika lapisan ini tidak ada, maka cahaya Matahari yang masuk ke Bumi dapat merusak kehidupan di muka Bumi.

Membahas tentang bumi juga terdapat sebuah peta. Peta adalah gambaran bentuk muka bumi di bidang datar, yang dibuat dengan proyeksi dan skala tertentu. Simbol-simbol peta terdiri dari: ibu kota provinsi, kota, danau, gunung, sungai, batas wilayah, jalan raya, bandara, pelabuhan laut, jalan kereta, dll.

Ditulis oleh : 
Vicky Ramadzan/PGSD_4B/NIM: 212180074

Mahasiswa UMP PGSD

Iklan

×
Berita Terbaru Update