Notification

×

Iklan


Pembelajaran Ipa Tentang Bentuk Permukaan Bumi Materi Kelas 5 Sd Dengan Menggunakan Media Pop Up Book

Minggu, 18 Juni 2023 | 10:27 WIB Last Updated 2023-06-18T03:29:00Z

Pendahuluan

          Proses belajar mengajar adalah proses menyampaikan komunikasi baik secara lisan maupun tulisan, dimana guru berperan sebgai pengantar dan siswa menjadi penerima pesan. Mata pelajaran yang diajarkan pada jenjang Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidaiyah salah satunya adalah mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Ilmu Pengetahuan Alam adalah ilmu yang mempunyai karakteristik khusus yaitu mempelajari fenomena alam yang faktual berupa kejadian nyata dan hubungan sebab akibat. IPA memgang peran penting dalam kehidupan manusia, karena kehidupan sangat bergantung dengan alam. Pendidikan ilmu pengetahuan alam adalah salah satu maat peljaran yang penting dalam pembentukkan karakter siswa yang berkualitas, karena ilmu pengetahuan merupakan sarana berpikir untuk mengkaji segala sesuatu yang terjadi dalam pengalaman hidup peserta didik. Salah satu hal yang diperhatikan dalam peningkatan hasil belajar ilmu pegetahuan alam adalah hasil belajar peserta didik di sekolah. Hasil belajar diraih dengan cara bagaimana cra guru mampu membangkitkan pembelajarn peserta didik yaitu dengan cara menggunakan media pop up book.

          Media Pop-Up Book merupakan sebuah alat peraga tiga dimensi yang dapat menstimulasi imajinasi anak serta menambah pengetahuan sehingga dapat mempermudah anak dalam mengetahui penggambaran bentuk suatu benda, memperkaya perbendaharaan kata serta meningkatkan pemahaman anak. Media Pop-Up Book termasuk jenis media 3D yang mampu memberikan efek menarik, karena setiap halamannya dibuka akan menampakkan sebuah gambar yang timbul dan materi yang terdapat di Pop-Up Book bisa disesuaikan dengan materi ajar yang ingin disampaikan. Berdasarkan penjelasan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media Pop-Up Book merupakan sebuah buku tiga yang memiliki unsur 3 dimensi yang dapat bergerak saat halaman dibuka, serta memberikan visualisasi maupun tampilan yang lebih menarik untuk meningkatkan pemahaman siswa terkait materi.

Media Pop Up Book memiliki berbagai manfaat yang sangat berguna, yaitu :

-          Mengajarkan kepada siswa untuk memiliki rasa dalam menghargai sebuah buku.

-          Memberikan kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi terkait isu yang disajikan dalam pop up book.

-          Meningkatkan kreativitas siswa.

-          Menumbuhkan imajinasi siswa.

-          Meningkatkan pengetahuan siswea maupun menmberikan deskripsi tentang suatu wujud benda.

-          Menumbuhkan rasa cinta anak untuk memmbaca

Media pop up book digunakan dalam pembelajarn juga memilki banyak kelebihan yaitu membagikan pengalaman kepada siswa melalui kegiatan dengan mengajak siswa untuk membuka atau melipat bagain isi yang disajikan dalam pop up book. Adapun beberapa kelebihan dari media pop up book adalah :

-          Buku pop up book dibuat dengan memeakai kertas tebal aagr tidak mudah rusak.

-          Tiap halaman memuat gambar yang menarik sehinggan membuat peserta didik antusias mengikuti kegiatan belajar.

-          Buku pop up book dapat digunakan secara mandiri ataupun berkelompok.

Pembelajaran dengan menggunakan media pop up book memiliki dampak bagi peserta didik yaitu bisa berinteraksi terhadap materi ataupun cerita yang terdapat di pop up book selain itu peserta didik menjadi aktif karena melakukan pengamaatn atau menyentuh secara langsung media pop up book tersebut.

Pembahasan

Media pop up book digunakan pada Unit Bentuk Permukaan Bumi Kelas 5 SD yang dilaksanakan pada tanggal 9 dan 16 juni 2023 di MI Imam Puro Sutoragan. Tetunya audiencenya anak kelas 5 yaitu yang beranggotakan 7 anak yaitu ( Ardan, Indana Zahrotul Aulia, Firda Dian Pangestu, Lailatul Mufidah, Muhammad Faqih Auladi, Ahmad Zidan, Abid Fadlulo). Sebelum melakukan pertemuan, tentunya membuat rencana kegiatan pembelajaran agar pembelajaranya berjalan dengan lancar dan terstruktur.  Dalam media pop up book tentang Bentuk Permukaan Bumi ini memiliki empat Sub Unit dan dibagi menjadi 4 pertemuan serta setiap Sub Unit disertakan dengan soal-soal latihan.

-          Pertemuan 1  : Materi Struktur Permukaan Bumi

Pada pertemuan 1 pada tanggal 9 juni 2023 tepatnya di MI Imam Puro Sutoragan pukul 08.00 WIB sampai selesai membahas materi struktur permukaan bumi dengan bantuan media pop up book. Peserta didik merasa senang apabila dalam pembelajarna dibantu dengan suatu media dan juga pembelajaran diimbangi dengan permainan maupun ice breaking. Pada materi struktur permukaan bumi terdiri dari :

a.       Kerak Bumi

Kerak bumi adalah lapisan terluar dari bumi. Susunannay terdiri dari lautan dan daratan.

b.      Mantel Bumi

Mantel bumi adalah selubung bumi atau lapsian yang berada di di bawah kerak bumi. Lapisan mantel bumi merupakan lapisan yang paling tebal dibandingkan dengan kerak bumi dan inti bumi.

c.       Inti Bumi luar

Inti bumi bagian luar merupakan lapisan yang berbentuk cairan. Ketebalannya kira-kira 2.000 KM

d.      Inti Bumi Dalam

Lapisan inti dalam bumi merupakan lapisan yang paling panas dan menjadi pusat grafitaasi bumi kita yang terbentuk dari besi, nikel dan zat lain.

Setelah peserta didik mendapat materi tersebut dengan bantuan pop up book. Peserta didik menjawab pertanyaan kemudian setelah selesai mempresentasikan jawabanya di depan kelas. Adapun soal-soal yang diberikan yaitu :

1)      Mengapa bum berlapis-lapis?

2)      Ada berapa struktur permukaan bumi?

3)      Di lapisan maanakah manusia tinggal?


Dari hasil pertemuan 1 banyak peserta didik yang menjawab dengan benar, mereka merasa senang menggunakan media pop up book tersebut. Peserta didik juga diberi kesempatan untuk melihat dan menggunakan media pop uo book secara langsung.

-          Pertemuan 2  : Materi Bentuk Permukaan Bumi

Pada pertemuan 2 pada tanggal 9 juni 2023 tepatnya di MI Imam Puro Sutoragan pukul 09.30 WIB sampai selesai membahas materi bentuk permukaan bumi yaitu tentang lapisan atmosfer bumi dengan bantuan media pop up book. Peserta didik merasa senang apabila dalam pembelajarna dibantu dengan suatu media dan juga pembelajaran diimbangi dengan permainan maupun ice breaking. Dalam materi kedua ini juga ditambahkan lagu tentang lapisan atmosfer yang terdiri dari 5 dan ciri-cirinya. Pada materi bentuk permukaan bumi terdiri dari :

Lapisan Atmosfer Bumi yaitu ada 5 yaitu :

a.       Troposfer

Sebagian besar cuaca dan pembentukan awan terjadi di sini, selain itu, penerbanagn juga dilakukan di lapisan ini.

b.      Mesosfer

Lapisan ini terkenal sebagai rumah bagi lapisan ozon bumi yang melindungi makhluk hidup di bumi dari radiasi sinar ultraviolet matahri yang berbahaya.

c.       Stratosfer

Lapisan yang melindungi bumi dari benda di luar angkasa yang ingin masuk. Sebagain besar meteor akan terbakar di sini.

d.      Termosfer

Di lapisan inilah cahaya warna-warni yang indah terbentuk. Disini juga tempat untuk memantulkan gelombang radio.

e.       Eksosfer

Lapisan tertinggi dan terluar pada atmosfer bumi. Tempat dimana sebagian besar satelit bumi mengorbit.

Dalam pembelajaran kedua ini, kami menambahkan lagu tentang lapisan atmosfer bumi beserta ciri-cirinya agar peserta didik mudah menghafalkannya. Ternyata peserta didik sangat senang apabila pembelajaran sambil bernyanyi. Tentunya dalam pemberian soal pada pertemuan kedua ini yaitu dengan cara menuliskan kembali lapisan atmosfer beserta ciri-cirinya tanpa harus melihat buku. Mereka mengingatnya dengan lagu tersebut.

-          Pertemuan 3  : Materi Bentuk Permukaan Bumi Yaitu Hidrosfer Dan Litosfer

Pada pertemuan 3 pada tanggal 16 juni 2023 tepatnya di MI Imam Puro Sutoragan pukul 08.00 WIB sampai selesai membahas materi bentuk permukaan bumi yaitu Hidrosfer dan Litosfer dengan bantuan media pop up book. Peserta didik merasa senang apabila dalam pembelajarna dibantu dengan suatu media dan juga pembelajaran diimbangi dengan permainan maupun ice breaking. Pada materi bentuk permukaan bumi yaitu hidrosfer dan litosfer terdiri dari :

Ø  Hidrosfer

Hidrosfer atau biasa disebut perairan. Leboh dua per tiga permukaan bumi wilayah perairan dan satu per tiganya merupakan daratan. Wilayah perairan berupa lautan, sungai, danau, pantai

a)      Sungai

Sungai adalah aliran air yang besr di daratan. Sungai berbentuk secra alami. Sungai mengalir dari hulu ke hilir. Hulu adalah bagian yang tinggi dari sungai sedangkan hilir adalah bagian yang rendah dari sungai.

b)      Danau

Danau adalah genanagan air yang sangat lausa dan dikelililingi oleh daratan.

c)      Pantai

Pantai adalah perbatasan daratan dengan laut yang membentuk suatu garis pantai, terdiri dari pasir serta terdapat wilayah pesisir laut.

d)     Rawa

Genanagan air yang tidak dalam, biasanya berada di tepi pantai dan banyak di tumbuhi air. Contohnya yaitu Rawa Hutan Bakau

Ø  Litosfer

Litosfer atau biasa disebut daratan adalah permukaan bumi yang tidak digenangi air. Wilayah daratan terdiri dari pegunungan, perbukitan, dan lembah.

a)      Pegunungan

Pegunungan memiliki permukaan yang lebih tinggi dari pada daerah yang lain. Gunung terdiri daripuncak, lereng dan kaki gunung. Kumpulan dari banyak gunung disebut pegunungan. Ada dua jenis gunung yaitu gunung berapi dan gunung mati. Gunung berapi adalah gunung yang bisa meletus sewaktu waktu. Di dalam gunung berapi terdapat magma yang sangat panas.

b)      Perbukitan

Daratan tinggi yang permukaanya lebih dari dari pada gungung disebut bukit.

c)      Lembah

Lembah adalah dartan yang lebih rendah dari dataran rendah. Lembah terdapat di kanan dan kiri gunung. Biasanya di sekitar lembah mengalir sungai.

Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diberikan beberapa soal dan dapat menyebutkan contoh dari hidrosfer dan litosfer serta dapat mengaitkannya dalam kehiduapn sehari-hari. Adapaun beberepa soal yang diberikan yaitu :

1)      Sebutkan apa saja yang termasuk wilayah litosfer! Dan contohnya

2)      Sebutkan apa saja yang termasuk wilayah hidrosfer! Dan contohnya

3)      Sebutkan jenis-jenis gunung?

4)      Buatlah denah dari rumah menuju kesekolah?

 

Dalam pertemuan ke tiga ini peserta didik masih semangat dalam mengikuti pembelejaran. Mereka juga memepresentasikan hasil jawabanya di depan kelas secara mandiri kemudaian peerta didik yang lain memebrikan kesempataan kepada yang lain untuk menanggapi hasil yang mereka kerjakan.

 

-          Pertemuan 4  : Materi Bentuk Permukaan Bumi Berubah

Pada pertemuan 4 pada tanggal 16 juni 2023 tepatnya di MI Imam Puro Sutoragan pukul 09.30 WIB sampai selesai membahas materi bentuk permukaan bumi berubah  dengan bantuan media pop up book. Peserta didik merasa senang apabila dalam pembelajarna dibantu dengan suatu media dan juga pembelajaran diimbangi dengan permainan maupun ice breaking. Pada materi bentuk permukaan bumi berubah terdiri dari :

Pada materi benruk permukaan bumi berbubah yaitu membahas tentang perubahan cuaca yaitu dengan siklus air. Tahapan siklus air itu ada 4, yaitu :

a)      Evaporasi

Evaporasi adalah proses dimana air yang ada di laut, rawa, sungai, panatai dll menguap karena adanya pemanasan dari sinar matahari. Air diubah menjadi uap air atau gas, sehingga bisa naik ke atmosfer

b)      Kondensasi

Kondensasi adalah proses dimana berubahnya uapa air di atmosfer menjadi partikel es yang sangat kecil di sushu yang rendah. Partikel es tersebut saling mendekat satu sma lain, sehingga akan menggumpal sebagai awan.

c)      Presipitasi

Presipitasi adalah proses ketika terlalau banyak air yang terkondensasi maka tetesan air di awan akan menajdi besar dan berat untuk menahan di udara sehingga jatuh sebagai hujan, salju atau hujan es.

d)     Transpirasi

Proses ini serupa dengan evaporasi hanya saja proses penguapan ini terjadi pada jaringan makhluk hidup yaitu tumbuh tumbuhan.

Dalam pertemuan ke 4 ini, peserta didik diberi soal untuk di jawab terkait siklus air. Dan juga pada pertemuan ke 4 ini ditambahkan lagu tentang proses siklus air dengan tujuan agar peserta didik lebih mudah menghafalkannya. Adapun soal yang diberikan yaitu dengan menuliskan kembali tahapan siklus air dan maju kedepan untuk mempresntasikan hasilnya dengan cara bernyanyi secara mandiri.

 

Simpulan

Media pop up book yaitu sejenis buku yang menagandung unsur 3 dimensi ketika halaman dibuka bagian dalamnya dapat mengahsilkan gerakan serta memberikan visualisais yang menarik untuk meningkatkan pemahaman anak terkait materi. Siswa akan mengalami sebuah pengalaman yang menarik seperti kegiatan menggeser, membuka sehingga menjadi kelebihan dari pop up book. Melalui kegiatan ini maka siswa akan lebih aktif, semanagt dan termotivasi dalam mengikuti pembelajaran. Pembelajaran yang dilakukan yaitu dengan empat kali pertemuan dengan sub unit yang berbeda. Unit  Hasil pembelajaran yang bagus menunjukkan bahwa penggunaaan media pop up book dapat digunakan sebagai mdia pembelajaran yang menarik pagi peserta didik.

 

Daftar Pustaka

Amalia Fitri Ghaniem, dkk. SD KELAS V. KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI. BADAN STANDAR, KURIKULUM, DAN ASESMEN PENDIDIKAN. BUKU GURU DAN BUKU SISWA KELAS V KURIKULUM MERDEKA


NAMA            : ELIS YOHANAH

NIM                : 212180060

KELAS           : PGSD-4B

PRODI            : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO

Iklan

×
Berita Terbaru Update