Notification

×

Iklan

Cara Kerja Telinga Dan Proses Mendengar Suara

Senin, 19 Juni 2023 | 12:07 WIB Last Updated 2023-06-19T05:07:42Z

 

    Telinga merupakan salah satu panca indra yang sangat penting pada manusia. Telinga adalah indra pendengaran yang sangat penting bagi manusia untuk menangkap suara – suara disekitar. Ketika telinga berfungsi dengan baik maka banyak suara yang bisa kita dengar dan ternyata sebelum kita bisa mendengar, suara yang masuk melewati berbagai tahapan. Pada dasarnya keberadaan suara dilingkungan sekitar menghasilkan perubahan kecil pada tekanan udara yang kemudian ditangkap telinga dan dikirimkan sebagai informasi ke otak. Bagaimana cara kerja telinga ? . cara kerja telinga memiliki 3 bagian utama yaitu luar , tengah dan dalam.

1. Telinga bagian luar 
Cara kerja indra pendengar bagian luar adalah mengumpulkan suara sebanyak mungkin pada area terdekat. Telinga bagian luar bisa dilihat oleh mata atau dikenal dengan nama pinna. Suara eksternal yang masuk kemudian akan melewati saluran tipis yaitu saluran telinga.

2. Telinga bagian tengah 
    Cara kerja telinga bagian tengah adalah menguatkan suara masuk dalam bentuk membran tipis yang disebut gendang telinga atau membran timpani. Gendang telinga akan bergetar saat gelombang suara mendekatinya. Getaran ini akan menggerakkan tulang – tulang pendengaran dan mentransmisikan suara yang ditangkap lebih jauh kedalam telinga. Kemudian saluran tipis (eustachius) berlendir yang akan membantu menjaga tekanan agar tetap stabil didalam telinga. 

3. Telinga bagian dalam 
    Cara kerja telinga bagian dalam adalah memperkuat gelombang suara dan getaran memasuki koklea. Koklea adalah tabung kecil yang melengkung dan berisi cairan ditelinga bagian dalam. Nada yang tinggi maupun rendah akan mengaktifkan stereosilia, kemudian otak akan mengumpulkan informasi tentang nada dari posisi rambut yang diaktifkan. Setelah itu saraf pendengaran akan membawah informasi dari otak kekoklea, juga membantu kita untuk berkonsentrasi hanya pada satu suara diantara banyak suara yang masuk. Urutan proses pendengaran pada manusia yaitu perlu kita ketahui diantaranya yaitu

1. Gelombang suara masuk 
    Proses pendengaran bunyi pertama dimulai saat ada suara masuk. Saat suara yang pertama menangkap adalah bagian telinga luar atau pinna. Pinna berbentuk mirip corong dan dirancang untuk menangkap suara dengan baik. Suara mengenai pinna maka suara tersebut akan disaring dan gelombang diperkuat kemudian disalurkan ke saluran telinga.

2. Suara masuk melewati tengah telinga 
    Proses pendengaran berikutnya adalah suara yang masuk kebelakang kendang telinga akan melewati telinga tengah. bagian tengah telinga ini akan dikirim ketelinga bagian dalam. Suara yang dikirim akan melewati tiga tulang kecil ditengah telinga,  yang dikenal sebagai tulang pendengaran, kemudian ketiga tulang kecil ini akan bergetar sebagai respons dari gelombang tersebut. Jadi fungsi ketiga tulang ini akan memperkuat suara yang akan ditangkap.

3. Suara melewati rumah siput
    Proses pendengaran pada manusia selanjutnya adalah suara masuk melewati koklea. Koklea atau rumah siput memilki bagian dalam berisi organ corti. Ketika menangkap suara organ corti akan mengubahnya menjadi  energi listrik. Melalui rambut atau stereosilia. Stereolisia berfungsi untuk menerjemahkan getaran dari  gelombang suara manusia menjadi impuls listrik yang akan berjalan sepanjang serabut saraf menuju ke otak.

4. Suara di tangkap otak 
    Proses pendengaran yang terakhir adalah saat suara sudah ditangkap otak. Cara kerja telinga terakhir adalah mengubah suara menjadi sinyal listrik dikokle. Bagian otak yang dikirimkan informasi suara termasuk thalamus loburtemporal, dan korteks pendengaran bagian –bagian yang dikenal sebagai jalur pendengaran. 
    Demikian presentasi saya banyak kekurangan kesalahan dan kekhilafan saya minta maaf  yang sebesarnya – besarnya wallahumawafik illaahwamitorik, wassalamu’alaikum wr. Wb.  

Ditulis :
Kholifah Nur Azizah/Kelas 3B PGSD UMPWRJ

Iklan

×
Berita Terbaru Update