Notification

×

Iklan

MEDIA EDUTAINMENT YANG MEMBUAT PARA ANAK TERTARIK

Selasa, 20 Juni 2023 | 10:44 WIB Last Updated 2023-06-20T03:46:28Z

Pada pembelajaran Ipa di Sekolah Dasar itu sangat mengasyikan terutama pada hal ekperimen. Hal itu sangat diminati siswa dan menggungah rasa penasaran banyak siswa. Pada 15 Juni 2023 sampai 18 Juni 2023 mahasiswi UMP mengimplementasikan Media Edutainment yaitu Flashcard dan Papan Tic Tac Toe pada materi ipaTempat  pengimplementasian  produk media berada di Desa Pucungroto Kecamatan Kaligesing Purworejo. Pengimplementasian membutuhkan 4x pertemuan dengan model, metode dan media yang berbeda-beda serta pengevakuasian yang menarik siswa.  Model, metode, dan evaluasi pembelajaran sangat penting bagi siswa hal itu dapat berpengaruh pada hasil pembelajaran siswa tersebut. 

Pada pertemuan 1  membahas materi Transformasi Energi di Sekitar KitaMenggunakan metode Ekperimen dan model pembelajaran critical thinking. Pertama-tama dijelaskan terlebih dahulu apa yang akan di lakukan yaitu ekperimen kertas spiral yang bergerak, kotak  yang bersuara serta lari estafet dilanjutkan bermain game menggunakan flashcard yaitu “KARTU JODOH”. Pada pertemuan tersebut menimbulkan kesan positif yaitu si anak sangat tertarik dan aktif bertanya.

Pada pertemuan 2 membahas materi Energi yang Tersimpan. Disini mahasiswa mempraktikan dan anak-anak di perintah untuk menganalisis atau berfikir kritis hal apa yang sedang dilakukan mahasiswa dan keterkaitan hal tersebut dengan materi disini menggunakan metode demonstrasi.

Pada pertemuan 3 membahas materi Energi yang Bergerak. Pada pertemuan ini full dengan permainan yaitu “TIC TAC TOE” pada permainan pasti ada yang menang dan kalah yang kalah akan mendapatkan hukuman yaitu pertanyaan dan yang menang mendapatkan reward.

Pada pertemuan ke 4 yaitu evaluasi pembelajaran mengerjakan soal kemudian di diskusikan bersama-sama dari sini akan terlihat hasil 3 pertemuan yang lalu ternyata hasil evaluasi sangat baik dan memuaskan. Pendapat-pendaoat dari siswa mereka sangat suka jika setiap materi terdapat games karena akan membuat senang dan tidak membosankan.


ARDIA RAHMA PUTRI

NIM 202180128

PGSD

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO

Iklan

×
Berita Terbaru Update