Notification

×

Iklan


KUA Kecamatan Bruno Gelar Pelatihan Juru Sembelih Halal dan Sehat (Julehat)

Senin, 26 Juni 2023 | 20:32 WIB Last Updated 2023-06-26T13:45:40Z
BRUNO, (pituruhnews.com) -Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Bruno menyelenggarakan Pelatihan Juru Sembelih Halal dan Sehat (Julehat) di Aula Kecamatan Bruno Kabupaten Purworejo, Senin 26 Juni 2023. Nampak hadir Camat Bruno, Nur Huda, S.STP., M.IP., Komandan Koramil Bruno, Kepala KUA Kecamatan Bruno, Ketua MUI Bruno, Ketua MWC NU Bruno, Ketua Muslimat Bruno Ketua Fatayat Bruno dan lintas sektor lainnya. Kegiatan Julehat ini di ikuti oleh 80 peserta yakni, tiap desa mendelegasikan 3 orang peserta yang merupakan "algojo" pada tiap Hari Raya Idhul Adha pada masing-masing desa dan para pengusaha ayam potong di wilayah kecamatan Bruno. 

Panitia Penyelenggara, KH. Sugeng Nur Shodiq, dalam sambutannya mengucapkan selamat datang dan terimakasih setinggi-tingginya kepada semua pihak yang terkait, stakeholder. 

Giat Julehat ini diinisiasi oleh para Penyuluh dan merupakan program unggulan FK-PAI KUA Kec Bruno dibawah nahkoda Ibu Ika Damayanti, S.Ag, Penyuluh Agama Islam Fungsional selaku Koordinator FK-PAI KUA Kec Bruno.
Sementara itu Kepala KUA Kecamatan Bruno, H. Purwadi, S.Ag., menggarisbawahi bahwasannya Pelatihan ini penting, sebagaimana Firman Allah SWT *Fashalli li rabbika wanhar*, maka teknis penyembelihan Hewan Qurban harus benar-benar sesuai dengan kaidah Ilmu Fiqh  dan ketentuan-ketentuannya. "ucapnya. 

Selanjutnya, Camat Bruno, Nur Huda, S.STP., M.IP.
Sangat mengapresiasi terhadap rekan-rekan Penyuluh Agama atas terselenggaranyanya kegiatan Pelatihan Juru Sembelih Halal dan Sehat tingkat Kecamatan Bruno, Besar harapan, sangat bermanfaat bagi warga (umat) di kecamatan bruno, khususnya bagi para algojo pada Hari Raya Idhul Adha, para kyai dan modin : kaum. Kegiatan ini bagian dari ikhtiar merawat NKRI. Karena diselenggarkan oleh instansi pemerintah, yaitu KUA Kecamatan Bruno.

Pelatihan Julehat ini menghadirkan 3 Narasumber yang sangat kompeten sesuai bidangnya masing-masing, yakni KH. Sulthoni Ketua MUI Kec. Bruno, dalam paparannya menegaskan dan mengingatkan kepada pengusaha ayam potong yang semakin ramai. Tentunya dengan harapan setelah kegiatan ini, para pedagang ayam dan hewan potong lainnya ini dapat lebih memperhatikan kesempurnaan secara syar’i dalam segi penyembelihan, sehingga hewan yang dipotong menjadi halal dan baik.
Nurman Kepala BPP Peternakan Kec. Bruno, menyampaikan materi “Fiqih Penyembelihan Hewan Kurban dan Pengelolaan Daging yang Higienis & Berkualitas dalam Perspektif Ilmiah dan Syar’iyah” serta “Kewaspadaan terhadap Penyakit Mulut dan Kuku”. 

Terakhir, Robit Jazuli dkk Tim Julehat Kabupaten Purworejo, mengatakan, “Kita akan menyedekahkan ilmu Juleha dengan pelatihan-pelatihan. Kita akan gembleng pengetahuan fiqih qurbannya, teknik handling dan manajemen qurban. Kami sediakan orang-orang yang mumpuni untuk itu. 
Kami Juleha berdakwah dengan pelatihan Juru Sembelih Halal. Karena di masyarakat belum banyak yang konsen di bidang sembelihan halal. Dan kita mencoba istiqomah di bidang ini,” pungkasnya. 

Penulis : Aan M
Editor : Luthfi

Iklan

×
Berita Terbaru Update