Notification

×

Iklan


MEDIA FLASH CARD TINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA

Kamis, 20 Juli 2023 | 14:34 WIB Last Updated 2024-02-12T07:40:18Z

Kemampuan membaca merupakan kemampuan yang pada umumnya diperoleh dari sekolah, kemampuan ini sangat penting dikembangkan karena membaca merupakan kegiatan yang bisa mengembangkan pengetahuan dan sebagai alat komunikasi manusia. Pada tingkat sekolah dasar terutama kelas rendah, kemampuan membaca dikategorikan sebagai membaca permulaan. Membaca permulaan dititik beratkan pada kesesuaian antara tulisan dan bunyi yang ada, kelancaran dan kejelasan suara, pemahaman isi atau makna. Persiapan membaca didukung dengan pengalaman keaksaraan seperti membaca buku atau sering menggunakan tulisan maupun simbol saat pembelajaran dan sebia mungkin harus sesuai dengan bahasa dan pengalaman anak. Persiapan tersebut juga berlaku pada proses pembelajaran di kelas 2 SD Negeri 1 Sipedang, karena masih ada beberapa siswa yang belum lancer membaca. Atas dasar itulah media flash card hadir untuk membantu kemampuan membaca terutama bagi peserta didik yang masih kesulitan membaca dengan lancar.

Media flash card adalah media pembelajaran dalam bentuk kartu bergambar dengan ukuran sekitar 8 x 12cm, 25x30 cm atau disesuaikan berdasarkan kelas yang dihadapi. Gambar yang ada pada media ini merupakan rangkaian pesan yang disajikan dengan keterangan (Indriana, 2011). Sedangkan Maghfiroh (2015) “menjelaskan media flash card adalah media kartu yang berisi gambar, tulisan yang mampu dibuat sebagai kartu permainan sehingga sangat memungkinkan siswa tertarik untuk memahami materi yang disampaikan. Definisi lain diungkap oleh Salmiati & Samsuri (2018) bahwa media flash card merupakan kartu yang berisikan gambar-gambar (benda, binatang, dan sebagainya) yang dapat digunakan untuk melatih anak mengeja dan memperkaya kosa kata. Jadi dapat disimpulkan media flash card adalah media yang berupa kartu yang berisi gambar yang bervariasi yang dipakai dalam proses pembelajaran agar terlihat menjadi lebih menarik yang dapat disesuaikan dengan karakteristik siswa. 

Kelebihan media flash card yaitu, yang pertama adalah mudah dibawa karena ukurannya yang tidak besar dan ringan. Yang kedua adalah praktis dalam membuat dan menggunakannya sehingga kapanpun peserta didik bisa belajar dengan baik menggunakan media ini. Ketiga, media flash card juga gampang diingat karena kartu ini bergambar dan menarik perhatian memuat huruf , angka atau symbol yang sederhana, sehingga merangsang otak untuk lebih lama untuk mengingat pesan yang ada. Media ini sangat menyenangkan untuk digunakan sebagai media pembelajaran, bahkan dapat digunakan dalam bentuk permainan, jadi media flash card dapat mendukung dan meningkatkan kemamapuan membaca siswa, terutama siswa sekolah dasar.

Oleh:

EMY SETYAWATI

Guru SD Negeri 1 Sipedang

Banjarnegara

 

Iklan

×
Berita Terbaru Update