Notification

×

Iklan

Dolalak Purworejo Sabet Juara 1 dalam Parade Budaya Perbatasan Kulonprogo

Senin, 21 Agustus 2023 | 08:44 WIB Last Updated 2023-08-21T02:19:01Z
PURWOREJO, (pituruhnews.com) - Dolalak Purworejo, sebuah bagian penting dari budaya Kabupaten Purworejo, kembali mendapat pengakuan dalam Parade Budaya Perbatasan di Kulonprogo. Grup Dolalak Arum Manis dari Desa Pacor, Kecamatan Kutoarjo, Kabupaten Purworejo, memukau penonton pada Sabtu, 19 Agustus 2023, dengan penampilan mereka di Lapangan Sibogor, Pripih, Hargo Mulyo, Kulon Progo.

Kompetisi antarwilayah perbatasan Jawa Tengah dan DIY ini diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Kulon Progo dengan dukungan dana keistimewaan dari DIY. Duta Seni Kab. Purworejo menyajikan kesenian Dolalak dengan menampilkan Gaya “Logungan” yang berbeda dari tahun sebelumnya yaitu “Kaligesingan”. memakai tali dadung putih sebagai simbol kesucian hati dan semangat untuk berbuat kebaikan.

Dolalak adalah simbol kerjasama, saling menghormati, dan persatuan dalam keberagaman. Prestasi mereka dalam Parade Budaya Perbatasan semakin mengukuhkan Dolalak Purworejo sebagai salah satu seni budaya terbaik di Indonesia.

Dalam gelaran ini, Duta Seni Kabupaten Purworejo juga mempertahankan gelar penyaji terbaik untuk kedua kalinya berturut-turut sejak tahun 2022, menunjukkan keunggulan seni budaya Purworejo di tingkat nasional.

Parade Budaya Perbatasan berlangsung dari tanggal 18 hingga 20 Agustus 2023, dengan pengumuman pemenang dan penutupan acara pada malam tanggal 20 Agustus 2023, setelah gelaran terakhir Festival Budaya Perbatasan Kulonprogo. [artikel punyapwrj.crew]

Iklan

×
Berita Terbaru Update