Notification

×

Iklan

Peringati Hari Santri Nasional, SMK VIP Ma'arif NU Kemiri Gelar Bakti Sosial

Minggu, 22 Oktober 2023 | 17:00 WIB Last Updated 2023-10-22T23:47:12Z
PITURUH, (pituruhnews.com) - Momentum peringatan hari santri bukan untuk pertama kalinya dilaksanakan. Hari santri pertama diresmikan pada 22 Oktober 2015 sesuai gagasan presiden Joko Widodo. 

Penetapan hari santri diambil dari momen resolusi jihad KH. Hasyim Asy’ari yang menjadi penggerak perlawanan rakyat melawan penjajah. Terkait pentingnya penetapan 22 oktober sebagai hari santri nasional itu tidak terlepas dengan adanya peranan para santri dalam melawan belanda saat agresi militer kedua. 

Sebagai bentuk peringatan terhadap momen tersebut, beberapa kalangan memperingatinya dengan beragam kegiatan salah satunya mengadakan kegiatan upacara.
Seperti SMK VIP Ma'arif NU Kemiri, dalam peringatan hari santri 22 Oktober 2023, mengadakan kegiatan bakti sosial dengan berkunjung ke beberapa masjid yang ada di lingkungan sekolah. Minggu, 22/10/2023 pagi.

Kepala Sekolah SMK VIP Ma'arif NU Kemiri, melalui Waka Kesiswaan Arsat Wiyanto, S.Pd, mengatakan bahwa dalam rangka wujud bersyukur bahwa keberadaan santri ini diakui pemerintah, sehingga pemerintah telah menetapkan hari santri sebagai Hari Santri Nasional pada setiap tanggal 22 Oktober.

''Dalam peringatan hari santri ini maka SMK VIP MA'ARIF NU 1 KEMIRI juga ikut berperan serta dalam rangka menyambut ataupun memperingati, yaitu dengan cara kita membuat tumpeng-an dari masing-masing siswa beserta para wali kelas masing-masing untuk mendampingi anak, dan anak-anak itu kita latih biar membaur dengan masyarakat,bakti sosial di masjid masjid. " ucapnya.

''Usai memotong tumpeng bersama/menggelar tumpeng-an di masjid tersebut dengan masyarakat.
Melalui kegiatan ini diharapkan dari pihak sekolah itu menanamkan bahwa santri itu mempunyai peran yang penting, jadi keberadaan santri sudah di akui, sekolah sebagai sekolah di bawah Yayasan pondok pesantren yang sebagian besar juga para santri ini mereka menjadi semangat bahwa santri itu juga ikut berperan khususnya ketika dulu merebut kemerdekaan, sehingga masih tetap tertanam bahwa santri sangat berperan penting dalam kehidupan berbangsa & bernegara.'' imbuhnya.
Ditambahkan, Ketua PK IPNU SMK VIP MA'ARIF NU 1 KEMIRI M.Muslikhul Ngibad mengatakan, bahwa dimana peringatan hari santri tahun ini kita sebagai santri turut serta merayakan hari santri nasional 2023, dengan melaksanakan bakti sosial bersih-bersih masjid yg ada disekitaran lingkungan sekolah. 

"Setelah itu pemotongan tumpeng dan doa bersama dengan masyarakat di masin-masing masjid tersebut. saya berharap kegiatan seperti ini dapat memberikan manfaat kepada masyarakat, menumbuhkan rasa peduli lingkungan serta bentuk rasa syukur atas apa yang diperjuangkan para ulama. " tandasnya.

Kontributor : Tomi

Iklan

×
Berita Terbaru Update