Notification

×

Iklan


Berikut Daftar Juara Lomba Mewarnai dan Kaligrafi HSN Kecamatan Purworejo 2023

Sabtu, 18 November 2023 | 14:17 WIB Last Updated 2023-11-18T07:17:50Z

Priiit... Priiit... Peluit banser terdengar saling bersahut nyaring di telinga, memberi tanda jalan bagi rombongan ibu-ibu menyebrang jalan. Kantor kecamatan pagi itu ramai melampaui biasanya mungkin seribuan orang masuk ke dalamnya. Benar, hari itu sedang terlaksana Lomba Mewarnai dan Kaligrafi serta Expo Bazar yang merupakan rangkaian agenda Perayaan Hari Santri Nasional Tahun 2023 oleh Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Purworejo Rabu, 15 November 2023.                                                                                                                                                                                                              


Ketua MWC NU Purworejo, H Muhammad Haekal menyebutkan dalam rangka merayakan HSN tahun 2023 telah menyiapkan serangkaian kegiatan mulai dari pembacaan sholawat nariyah, bakti sosial berupa distribusi air bersih kepada masyarakat terdampak kekeringan di area Kecamatan Purworejo, expo UMKM dan Lomba-lomba. 


Koordinator Pelaksana Lomba, Nurcholis menyebutkan bahwa perlombaan diikuti total 476 peserta terbagi pada 3 kategori, pertama mewarnai untuk siswa TK/RA; kedua mewarnai untuk siswa kelas 1-3 SD/MI; dan ketiga kaligrafi untuk kelas 4-6 SD/MI.  


“Animo masyarakat luar biasa banyak, kami dari hati yang terdalam meminta maaf karena setelah batas pendaftaran masih ada yang ingin ikut hingga mencapai angka 600, namun mempertimbangkan banyak hal dan batas waktu tersebut, jadi kami terima di angka 476 itu.” ungkap Nurcholis. 


Lebih lanjut, sosok yang juga Kepala MTs Ma'arif NU Cangkrep Kidul Purworejo ini menyebutkan tujuan kegiatan ini sebagai ajang silaturahmi dan pencarian bakat untuk anak/pelajar/santri di Kecamatan Purworejo serta upaya mengenalkan NU beserta badan otonomnya seperti Muslimat NU, Fatayat NU, GP Ansor, Banser, dll sejak dini baik sehingga dapat memupuk calon kader NU yang hebat dan berpegang teguh pada prinsip dasar  mabadi’ khaira ummah.


Hal senada diungkapkan oleh Camat Purworejo, Adi Pawoko SSTP MSi bahwa pencarian bakat melalui perlombaan sangatlah penting untuk mencetak generasi emas. Tanpa adanya event seperti ini pemerintah dan masyarakat tidak akan tahu potensi yang dimiliki generasi penerusnya. 


“ini baru pertama kalinya ya, jadi apresiasi pada panitia yang bergerak cepat untuk mempersiapkan acara. Event ini sangat bagus, semoga bisa menjadi agenda rutin tahunan dengan inspirasi dan kegiatan kreatif lainnya," tutup Adi.


H Nuryadin, menyebutkan bahwa talent scouting penting diadakan sedari awal yang mana potensi yang ada harus mampu dikelola untuk menjadi generasi juara tidak hanya di level kecamatan tapi lebih dari itu. Selain itu penting juga untuk menguatkan pendidikan karakter keagamaan, meski dengan cara yang sederhana yaitu mewarnai dan kaligrafi. 



“Coba bayangkan, pasti kan peserta ketika belajar pasti buka al-Qur’an, jadi bisa sekalian ngaji. Pendidikan karakter harus ditopang dengan pendidikan agama yang kuat, semoga dengan cara sederhana ini mampu tetap menjaga minat tinggi belajar agama.” tukas Addin. 


Siang itu mentari tidak seterik biasanya, di bawah langit yang membiru panitia berkumpul dan mensyukuri segala karunia yang telah diterima. Salah seorang berseloroh…


“Besok bikin event apa lagi ya…?”

 

Daftar juara:

kategori mewarnai TK-RA

Juara 1 Fadhillla Syifa Azzahra dari TK Kemala Bhayangkari;

Juara 2 Alifa Zhafira Salvina dari TK Tunas Rimba;

Juara 3 Amalin Azizah AM dari TK Batik Perbaik;

Harapan 1 Raden Galang Zaid A dari TK Masithoh 3 Sindurjan;

Harapan 2 Cahya Alfarezqi Dika dari TK Batik Perbaik;

Harapan 3 Ravindra dari TK Islam Darul Muttaqin.


Kategori Mewarnai SD/MI

Juara 1 Anezka Zhafira Putri A dari SDN Kliwonan;

Juara 2 Ameera Onelina Quinn dari SDN Sebomenggalan;

Juara 3 Syarifah Adiba Azzahra dari SDN Sidomulyo;

Harapan 1 Wening Anilakalinda  dari SDN Kliwonan;

Harapan 2 Almira Kana Maulida dari SDN Tirtodranan;

Harapan 3 Narindra Elian Damaris dari SDN Purworejo.z


Kategori Kaligrafi SD/MI

Juara 1 Syarifah dari SDN Ngupasan;

Juara 2 Isna Yami Zahra dari SDN Wonotulus;

Juara 3 Nayaka Mahendratama N dari SDN Brengkelan;

Harapan 1 Dewi Nayla Qurrota A  dari SDN 1 Mranti;

Harapan 2 Keysha Aulia Azzahra dari SDN Sebomenggalan;

Harapan 3 Adrian Rifqy Nugroho dari SDN 2 Cangkreplor.

Iklan

×
Berita Terbaru Update