Notification

×

Iklan


Kirab Pemilu 2024 Wahana Sosialisasi Pemilu 14 Februari 2024

Jumat, 10 November 2023 | 17:43 WIB Last Updated 2023-11-10T10:46:27Z
PITURUH, (pituruhnews.com) - Dihadiri oleh Anggota KPU Kabupaten Purworejo, Sekretaris KPU Kabupaten Purworejo, Forkompmincam Kecamatan Pituruh, Kapolsek Pituruh, Danramil Pituruh, Kepala KUA Pituruh, Pengurus Partai Politik tingkat Kecamatan Pituruh, Kepala Desa Pituruh beserta jajarannya, Panwaslucam dan PKD Kecamatan Pituruh, PPK dan Perwakilan PPS Kecamatan Bruno dan Kemiri serta masyarakat umum. PPK Kecamatan Pituruh beserta PPS se-Kecamatan Pituruh sukses menggelar Kirab Pemilu 2024 Dapil V (Pituruh - Kemiri - Bruno) di Alun-Alun Desa Pituruh (Kamis, 9/11/2023).

Acara Kirab Pemilu 2024 dimeriahkan oleh kesenian tradisional Cing Po Ling dari Desa Kesawen, Dolalak cilik dari SDN Pepe, dan Orgen Tunggal. Adapun rangkaian Kirab Pemilu 2024 meliputi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih kepada pengunjung dan pedagang yang hadir di Alun-Alun Desa Pituruh. Pengunjung yang hadir juga diberikan kupon undian untuk mendapatkan doorprize yang sudah disiapkan oleh panitia. Selain itu juga dilakukan sosialisasi pemilih pemula di SMK Patriot Pituruh serta layanan pengecekan DPT secara online bagi siswa- siswi yang sudah berusia 17 tahun pada 14 Februari 2024.
Acara dibuka mulai pukul 10.00 WIB sebagai pra acara penyambutan  rombongan kirab dari Kecamatan Kemiri yang telah menerima estafet kirab dari Kecamatan Bruno. Rangkaian Kirab Pemilu 2024 di Dapil V inj tersiri dari tiga sesi acara yaitu dimulai  pukul 08.00 WIb  di Kecamatan Bruno  untuk menerima serah terima langsung dari KPU Kabupaten Purworejo kemudian dikirab  menuju Kecamatan Kemiri. Selesai acara di Kemiri dilanjutkan Kirab ke Kecamatan Pituruh  menuju Alun-Alun Desa Pituruh sebagai sesi terakhir acara. Sambil menunggu rombongan kirab dari Kecamatan Kemiri, masyarakat yang hadir dihibur oleh orgen tunggal dan juga diberikan doorprize sesuai kupon yang telah dibagikan sebelumnya. 

Saat rombongan Kirab dari Kemiri tiba langsung disambut Cing Po Ling di Pertigaan Kecamatan Pituruh kemudian berjalan hingga Alun-Alun Desa Pituruh. Saat sesi acara berlangsung di tampilkan pula Dolalak Cilik dari SDN Pepe. Cing Po Ling dan Dolalak merupakan kesenian khas Purworejo sehingga selain sebagai hiburan juga sebagai wahana pelestarian kearifan lokal. Setelah prosesi acara dan serah terima selesai dilanjutkan konvoi dimulai dari alun-alun Desa Pituruh - Karanganyar - Ngandagan - Kesawen - Kalikotes - Prapag Kidul - Megulung Lor - Megulung Kidul - Dlisen Kulon - Blekatuk - Tersidi Lor - Dlisen Wetan - Tunjungtejo kembali ke alun-alun Desa Pituruh.

Sudaldi selaku Ketua PPK Kecamatan Pituruh menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta yang hadir dalam acara Kirab Pemilu 2024 ini. 
"Terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan dan motivasi untuk pelaksanaan Kirab 2024 ini".

Acara Kirab Pemilu 2024 merupakan agenda nasional dari penyelenggara pemilu dari tingkat pusat sampai tingkat daerah yang bertujuan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat tentang proses dan tahapan pemilu 2024 yang akan datang. 

"Dengan adanya Kirab Pemilu ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada masyarakat sehingga  masyarakat akan menyambut dengan antusias penuh kegembiraan menyambut pesta demokrasi  dengan datang ke TPS untuk memberikan hak pilihnya pada tanggal 14 Ferbuari 2024" tutupnya

Kirab pemilu ini juga bertujuan untuk menyatukan semua unsur dan elemen yang terlibat dalam pemilu 2024 demu terwujudnua pemilu yang tertib, dama, aman, dan lancar sesuai dengan asas LUBER dan JURDIL. Pemilu 2024 ini diikuti oleh 18 Partai Politik Nasional dan 6 partai lokal Aceh. Pemilu diselenggarakan untuk memilih anggota Presiden dan Wakil Presiden, anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota.

Kontributor : Bayun

Iklan

×
Berita Terbaru Update