Notification

×

Iklan


Komisi III DPRD Kabupaten Purworejo Bersama DINKUKMP Purworejo Meninjau Hasil Revitalisasi Pasar Pituruh

Kamis, 30 November 2023 | 19:38 WIB Last Updated 2023-11-30T12:40:17Z

PITURUH, (pituruhnews.com) - Proses proyek revitalisasi Pasar Pituruh selesai, Komisi III DPRD Kabupaten Purworejo yang dipimpin oleh Eko Januar Susanto SIP MAP bersama DINKUKMP Kabupaten Purworejo melakukan kunjungan ke pasar, Kamis, 30/11/2023 pagi.

Dalam proses revitalisasi ini melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (DinKUKMP) yang menyerap dana anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) senilai Rp9,68 miliar.


Revitalisasi pasar ini berada di bagian barat jalan Pituruh-Klepu dengan luas area pasar sekitar 3.693 meter persegi dan luas bangunan 1.969 meter persegi, yang manan dalam revitalisasi ini terdapat 76 kios yang dibangun.


Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Purworejo Eko Januar Susanto dalam kunjungannya mengatakan, "Kami meninjau pelaksanaan proyek pembangunan pasar Pituruh yang dilaksanakan pada tahun 2023ini. Alhamdulillah Hasil dari pengamatan dan tinjauan, hasil proyek cukup bagus dan sempurna''.


"Revitalisasi ini agar bisa memberikan pelayanan maksimal bagi pedagang dan pembeli di pasar, sehingga perekonomian di kecamatanb Pituruh bisa berputar lebih baik, tumbuh dan mensejahterakan masyarakat Pituruh."ucapnya.


Eko menambahkan bahwa untuk setelah pembangunan revitalisasi pasar Pituruh dibagian barat, dan lihat hasilnya yang cukup bagus. Untuk bagian timur akan direncanakan pembangunan yang sama.


"Semoga dengan adanya revitalisasi ini bisa menambahkan nilah perekonomian masyarakat Pituruh bisa terangkat. Saya berharap untuk pengelola agar bisa memberikan kenyamanan fasilitas, saran dan prasarana pasar untuk dapat memberikan pelayanan yang maksimal untuk pedagang dan warga masyarakat Pituruh. " ucapnya.


"Setelah kunjungan disini, selanjutnya kita juga akan ke pasar Kemiri untuk melihat perkembangan di Kemiri. Melalui program ini memang Komisi lll DPRD Kabupaten Purworejo fokus mendukung upaya pemerintah untuk Purworejo Berdaya Saing, Khususnya Daya Saing Ekonomi. Pesan untuk pedagang pembeli harus bisa merawat kebersihan pasarnya." imbuhnya.


Ari Wibowo Kabid Sarana dan Prasarana Dinkukmp Kabupaten Purworejo menambahkan bahwa kunjungan Komisi III DPRD Kabupaten Purworejo ke pasar Pituruh yang baru ini memastikan setelah dilakukan revitalisasi pasar yang baru ini apakah nantinya pendapatn di sektor pelayanan pasar ataupun parkirnya akan meningkat. 


"Komisi III DPRD Kabupaten Purworejo sudah meninjau di Pasar Pituruh ini bahwasannya ada tempat parkir yang luas, sehingga mengurangi kemacetan pada saat pasaran yang menjadi masalah utama. Dan bisa masuk dalam Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk sektor Parkirnya. " ucap Ari.


"Sebelum di revitalisasi ini pasar terlihat kumuh dan banyak kios yang tidak terpakai, diharapkan setelah adanya pembangunan pedagang lebih nyaman untuk bertransaksi, sehingga pendapatan daerah akan meningkat."ucapnya.


"Untuk peresmian sama dengan proyek-proyek pemerintah Kabupaten Purworejo lainnya, jadi kita nunggu proses pembangunan seluruh proyek di kabupaten Purworejo selesai. Dan peresmian akan dilaksanakan secara massal oleh PLT Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti, SH." tandasnya.


Kontributor : Luthfi

Iklan

×
Berita Terbaru Update