Notification

×

Iklan


SDN Girigondo ikuti Festival Belajar.Id Kabupaten Purworejo

Minggu, 26 November 2023 | 09:44 WIB Last Updated 2023-11-27T02:46:04Z

PURWOREJO, (pituruhnews.com) - SDN Girigondo Kecamatan Pituruh turut serta dalam Festival Belajar.Id yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Purworejo melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo. Acara ini berlangsung di Aula SMAN 7 Purworejo pada hari Sabtu, 25 November 2023

Pembukaan acara dilakukan oleh Plt Bupati Purworejo Yuli Hastuti, S.H. Beliau memberikan apresiasi atas prestasi Kabupaten Purworejo yang telah menyelenggarakan festival belajar.Id melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang dilaksanakan bersamaan dengan Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2023 yang bertemakan Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar. 


SDN Girigondo Kecamatan Pituruh merupakan salah satu sekolah terinovatif yang mewakili Wilcam bidik Kecamatan Pituruh. Kepala Sekolah SDN Girigondo Muhrodi, menjelaskan bahwa Festival Lokal belajar.id merupakan respons terhadap perkembangan zaman dengan memanfaatkan teknologi digital dalam dunia pendidikan, yang memungkinkan pembelajaran tanpa terbatas oleh ruang dan waktu. Dia juga mendorong guru-guru yang hadir untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman guna meningkatkan kualitas pendidikan.


"SDN Girigondo menjadi wakil karena ada satu Guru Penggerak dan satu Calan Guru Penggerak yang sudah memberikan dampak kepada sekolah lain untuk bergerak merayakan merdeka belajar oleh karena itu kami menjadi wakil pada Festival belajar.id dari wilcambidik Pituruh," tutur KS SDN Girigondo Muhrodi. 


Dia menekankan pentingnya beradaptasi dengan perubahan zaman dan teknologi, serta mengungkapkan bahwa prestasi ini adalah hasil kerjasama antara Pemerintah Kota Dumai dan pihak terkait. Dumai saat ini berada di peringkat teratas di Provinsi Riau dalam kompetisi belajar.id, dan Festival Lokal adalah bentuk apresiasi terhadap pencapaian ini.


Guru Penggerak dari SDN Girigondo Fatkhan Anis menjelaskan bahwa Festival belajar.id adalah acara yang bertujuan untuk memberdayakan pendidik dan peserta didik dalam komunitas belajar.id demi meningkatkan kualitas pembelajaran. Acara ini juga bertujuan untuk memperkenalkan Akun belajar.id kepada peserta didik.


"Acara ini sangat baik dilakukan dalam rangka memberikan motivasi kepada seluruh satuan pendidikan di Kabupaten Purworejo untuk mencapai digitalisasi pendidikan. Jika tidak beradaptasi dengan perubahan dan mengikuti perkembangan zaman, maka kita akan semakin tertinggal," tuturnya.


Akun belajar.id memungkinkan satuan pendidikan di seluruh Indonesia mengakses berbagai sumber pembelajaran dan aplikasi yang mendukung kegiatan belajar mengajar, baik di dalam kelas maupun secara online.


Festival ini juga melibatkan pameran praktik terbaik terkait Akun belajar.id dan Pameran P5 salah satu pemanfaatan dari akun belajar.Id dari berbagai satuan pendidikan di Kabupaten Purworejo. Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak terkait dalam bidang pendidikan.


"Ada beberapa kegiatan yang dilakukan, seperti pelatihan kepada guru dan kepala sekolah, pendampingan, mendorong bagaimana model-model pembelajaran agar dapat diterima oleh siswa. SDN Girigondo dalam festival sudah mengaktifkan semua Akun belajar.id, siswa sebanyak 111 akun dan guru sebanyak 8 akun dan sudah aktif Platform Merdeka Mengajar" Jelas Fatkhan.

Kontributor : Syukron

Iklan

×
Berita Terbaru Update