Notification

×

Iklan


Luncurkan Event Seni Bulan Penuh, Bupati Minta Seniman Bangkitkan Proses Kreatif

Minggu, 17 Desember 2023 | 10:23 WIB Last Updated 2023-12-20T05:42:00Z

PURWOREJO, (pituruhnews.com) - Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH membuka dan meluncurkan event seni Bulan Penuh, di area Art Center, Sabtu malam (16/12/2023). Acara yang diinisiasi dari berbagai komunitas dan difasilitasi oleh Dinporapar ini, telah menjadi wahana ekspresi baru bagi para seniman dan kreator seni Purworejo.  


Ratusan penonton hadir untuk menyaksikan pertunjukan, tidak hanya dari Purworejo tetapi juga daerah lain seperti Magelang dan Yogyakarta. Selain kenal karya, Bulan Penuh juga dirangkai dengan diskusi seputar seni pertunjukan sebagai subsektor ekonomi kreatif. 


Bupati menyampaikan apresiasi atas digelarnya Bulan Penuh. Ia berharap karya-karya seniman yang dikenalkan dapat diterima dengan baik oleh masyarakat dan mampu meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap karya seni.


"Untuk seluruh seniman dan pecinta seni, terus bangkitkan semangat dan proses kreatif, sehingga iklim berkesenian di Kabupaten Purworejo dapat lebih hidup. Mudah-mudahan seni budaya dapat tumbuh berkembang, sebagai penjaga ketahanan bangsa sekaligus menjadi salah satu penggerak roda ekonomi,” katanya.


Menurut Bupati, seni budaya merupakan sarana untuk membentuk jati diri dan karakter bangsa. Bangsa yang mempunyai karakter tidak akan mudah compang-camping dan terpecah belah. 


"Ekonomi boleh melambat, politik boleh jatuh-bangun, tetapi jati diri dan karakter bangsa yang tercermin dalam budaya tidak boleh luntur," tandasnya. 


Achmad Fajar Chalik salah satu inisiator sekaligus show director Bulan Penuh menerangkan bahwa seni pertunjukan di Kabupaten Purworejo, baik tradisi maupun kontemporer telah mendapatkan apresiasi dari masyarakat luas.  


"Bahkan telah banyak memiliki jangkauan ke kancah nasional hingga internasional, serta mengharumkan Purworejo. 

Hal itu memantik kepedulian dari berbagai komunitas lintas disiplin seni untuk turut menjaga keberlanjutannya, antara lain melalui event terprogram Bulan Penuh ini." jelasnya. 


Bulan Penuh edisi perdana menampilkan kenal karya dari 4 orang seniman. Masing-masing yakni seniman tari dan koreografer Wibi Supri Andoko dengan karya berjudul “Sih Dosakala”, seniman musik Dwi Suryanto SPd MPd dengan karya berjudul “Harmoni untuk Negeri”, seniman musik Gigih Tata Buana Surya dengan karya berjudul “Love and Humanity”, dan seniman teater Akhmad Syarofuddin yang menyuguhkan monolog “Hasta Brata” karya Chandra Harjito.


Iklan

×
Berita Terbaru Update